Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

By On Tuesday, October 8th, 2019 Categories : Nokia

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6 masih menjadi topik yang tengah banyak dicari akhir-akhir ini. Untuk itu kami akan mencoba mengulas sedikit tentang apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari produk Microsoft satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

Sebagaimana diketahui bahwa Nokia 6 ini masih menjadi produk lama yang diminati oleh berbagai kalangan. Semenjak peluncurannya pada Januari 2017 lalu, satu produk smartphone dari Microsoft ini mengundang banyak minat jutaan pasang mata yang mengetahuinya. Melalui fitur dan spesifikasi yang dipunyai, Microsoft tengah capai penjualan yang tak dapat diperkirakan sebelumnya.

Lalu, apakah kamu menyukai Nokia 6 lur? Jika kamu menyukainya, atau bahkan mungkin sudah memilikinya. Ada baiknya kamu mengetahui juga kemampuan dari Nokia 6 bisa apa saja. Yuk kita cek dulu spesifikasi singkatnya dibawah ini.

Spesifikasi Nokia 6

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

Rilis : Januari 2017
Ukuran Layar: 5.5 inci
Tipe Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm)
CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 505
OS: Android 7.1.1 (Nougat), upgradable to Android 9.0 (Pie)
Internal: 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM (Arte Black)
Eksternal: microSD, up to 256 GB
Kamera Utama: 16 MP, f/2.0, 1.0µm, PDAF
Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, 1/4″, 1.12µm, AF
Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Meskipun Nokia 6 ini merupakan ponsel android lawas, akan tetapi tetap saja menjadi unggul untuk ponsel sejenisnya lur. Dan, jika dibandingkan dengan smartphone terbaru yang banyak rilis belakangan ini pun Nokia 6 tidak beda jauh spek dan fiturnya. Hanya terdapat beberapa kekurangan saja serta tetap banyak kelebihannya.

Terkait:  Harga Nokia 6.1 Plus Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

Bagi kamu yang meminati Nokia 6 dan ingin memilikinya, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Nokia 6 dibawah ini.

Kelebihan Nokia 6

Beberapa kelebihan dari Nokia 6 akan kami paparkan dibawah ini. Berikut berbagai keunggulan yang ada pada Nokia 6 diantaranya:

1. Desain Kece

Siapa yang tidak menyukai akan desain istimewa pada sebuah handphone? Ya, benar saja Microsoft mendesain khusus Nokia 6 sedemikian kecenya sehingga mengundang banyak minat untuk produknya. Nokia 6 memakai bahan aluminium bermutu tinggi. Sementara kaca LCD 2.5D yang melengkung pada bagian depan pun berikan kesan premium untuk ponsel ini.

2. Hybrid Dual SIM yang Praktis

Sama halnya dengan ponsel Oppo F3 Plus, salah satu yang juga menjadi kelebihan dari Nokia 6 adalah menggunakan hybrid dual SIM. Dimana maksud dari Hybrid Dual SIM merupakan satu slot untuk semua (sim 1 sim 2 dan ekternal memori card). Sebagai informasi, spek hybrid dual SIM ini juga sudah banyak dipakai untuk smartphone baru tahun ini.

3. Proteksi Layar Anti Goresan Gorilla

 

Bagi kamu yang khawatir akan goresan yang menimpa layar ponselmu, sekarang sudah tak perlu lagi risau. Karna untuk Nokia 6 sudah disertai dengan proteksi layar yang disebut dengan Corning Gorilla Glass 3. Memang kualitasnya tidak sebagus Gorilla Glass 6 milik Asus Zenfone Max Pro M2 dan Xiaomi Mi 9 Pro, Namun sudah sangat bagus untuk kelas ponsel lawas seperti Nokia 6.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

6. Kualitas Layar Sangat Baik

Untuk sekelas ponsel lawas Nokia 6, menggunakan layar bertipe IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna menjadi keunggulan tersendiri untuknya. Terlebih, resolusinya berukuran 1080 x 1920 pixels dan memiliki rasio 16:9. Semakin lengkap juga dengan adanya tingkat kerapatan layar hingga ~403 ppi density.

7. Otak Canggih

Kelebihan Nokia 6 lainnya mengarah pada ‘otak’ yang dipakainya. Didalam jeroan Nokia 6, terselip CPU Octa-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-A53. Lengkap dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (28 nm). Pendukungnya, ada pengolah grafis Adreno 505 yang akan bekerja sama untuk proses produksi meracik dapur pacu yang keren dimasanya.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus

8. Ruang Penyimpanan Lega

Nokia 6 dibawai dengan kapasitas memori internal hingga 64GB. Kenapa disebut hingga 64GB? Karena Nokia 6 mempunyai 2 versi pembenaman memori internal untuk konsumennya. Internal memory pertama berkapasitas 32GB dan disertai dengan 3GB RAM. Selanjutnya, ada memory internal paling besar berkapasitas 64GB dan disertai dengan RAM 4GB. Hal demikian tentu sudah sangat keren untuk kelas ponsel lawas.

Tak hanya itu, Nokia 6 juga dilengkapi dengan slot memori eksternal yang mampu menampung hingga 256 GB. Tentu, jika kamu tak puas dengan internalnya maka kamu bisa menambahnya sendiri dengan membeli memori eksternal hingga 256GB saja.

9. Kamera Mantap

Jepretan Kamera Nokia 6

Sudah sangat istimewa untuk ponsel lawas penggunaan kamera hingga 16MP yang didapati pada Nokia 6. Pelengkap fitur kamera belakangnya ada Dual-LED dual-tone flash, panorama, serta sudah mendukung HDR. Videonya? Bisa diatur hingga format 1080p@30fps.

Kamera depannya pun tak kalah menariknya dari kamera belakang, Terdapat kamera selfie dibagian depan bodi dengan resolusi 8 MP dan aperture f/2.0. Jika digunakan untuk video kamera depannya bisa diatur hingga 1080p@30fps. Secara overall kamera yang dipunyai Nokia 6 sudah terbilang sangat keren jika dibanding dengan ponsel lawas sekelasnya.

Kamera Nokia 6

10. Fingerprint Ready!

Jangan salah jika ponsel Nokia 6 ini menjadi inspirasi oleh smartphone terbaru yang belakangan ini banyak rilis. Pembenaman fitur fingerprint atau sidik jari yang ada pada bagian depan body Nokia 6 ini pun sudah banyak menginspirasi smartphone baru sebut saja Galaxy M30S dan Realme Q. Fitur fingerprint ini bisa digunakan untuk membuka dan mengunci ponsel Nokia 6 dengan sidik jari pemiliknya.

Kelebihan Nokia 6 Lainnya:

  • Mendukung fitur NFC
  • Terdapat FM Radio
  • Kualitas audio memakai Dolby Atmos
  • Baterai Tahan Lama

Kekurangan Nokia 6

Sama halnya dengan ponsel android lainnya, Nokia 6 juga masih memiliki kekurangan yang signifikan. Berikut beberapa kekurangan Nokia 6 yang harus kamu tau:

Terkait:  Harga Nokia 6 Terbaru

1. Baterai Tanam Kapasitas Kecil Belum Fast Charging

Yang menjadi kelemahan dari Nokia 6 adalah adanya baterai kecil yang hanya menampung kapasitas 3000 mAh saja lur. Selain itu, baterai tersebut berjenis baterai tanam yang tidak dapat dilepas dan pasang dengan mudah. Jika disesuaikan dengan era sekarang ini, ponsel Nokia 6 yang belum didukung fast charging ini juga tetap menjadi kelemahan tersendiri.

2. Belum Pakai USB Tipe-C

Nokia 6 masih lemah dengan adanya microUSB 2.0, USB On-The-Go. Jika dibandingkan dengan ponsel anyar yang sudah memakai USB Tipe-C, sudah sangat jelas Nokia 6 tidak ada apa-apanya. 🙁

3. Masih Pakai Single Camera

Adanya satu kamera depan dan satu kamera belakang juga menjadi kekurangan untuk Nokia 6 lur. Kenapa? Ini mengacu pada ponsel anyar belakangan ini yang sudah banyak memakai banyak kamera dari mulai dual camera hingga triple camera. Jika dibanding dengan ponsel anyar seperti Galaxy M10S, tentu Nokia 6 tidak ada apa-apanya.

4. Masih Pakai OS versi Lama

Sungguh disayangkan Nokia 6 masih memakai sistem operasi Android 7.1.1 (Nougat). Meskipun sistem operasinya bisa diupgrade ke versi terbaru yakni Android 9.0 (Pie), ini menjadi kelemahan tersendiri bagi Nokia 6. Hal yang paling menyebalkan adalah menguras banyak waktu untuk menunggu upgrade android versi terbaru. Pengalaman kami untuk upgrade versi android adalah menunggu waktu hingga semalaman.

Berapa Harga Nokia 6?

Apakah kamu tau berapa harga yang ditawarkan untuk Nokia 6? Semenjak perilisannya yakni tahun 2017 lalu, Microsoft membanderol harga yang cukup terjangkau untuk Nokia 6 nya lho.

Harga Nokia 6 : Rp. 1.999.000

Harga tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dan belum diketahui penyebabnya atas dasar apa penurunan harga nokia 6 ini.

Cukup sekian untuk ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia 6 yang dapat kami sajikan untuk kamu sedulur semuanya. Jika terdapat kemenarikan informasi, silahkan bagikan dengan teman-teman kamu yang belum punya nokia 6 ya.

Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6 | kangreview | 4.5