Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5

By On Thursday, October 10th, 2019 Categories : Sony

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 menjadi topik bahasan yang akan kami ulas khusus untuk anda yang tengah cari info mengenai Xperia 5. Setelah sekian lama vakum didunia smartphone, akhirnya Sony kembali eksis dan ikut bersaing dalam pasar gadget. Melalui produknya, Xperia 5 sepertinya Sony mulai percaya diri untuk dapat bisa bersanding dengan para pesaingnya.

Masih terbilang baru, Sony berhasil luncurkan Xperia 5 pada bulan lalu tepatnya September 2019 dengan membawa fitur, spesifikasi, dan teknologi yang istimewa. Dengan ini tentu akan semakin menambah daya tarik bagi para pengguna gadget terutama pecinta Sony yang sudah lama menantikan produknya itu.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5

Sony Xperia 5 Putih | Sonymobile.com

Sony Xperia 5 masih membawa jaringan 4G dengan pembaruan kecepatan yang luar biasa. Speed jaringan 4G nya bisa sampai 150 Mbps lur. Dengan speed tersebut, apa kamu yakin tidak ingin melirik Xperia 5? Memang sih, dari segi jaringan yang digunakannya, Xperia 5 ini masih kalah saing dengan Vivo NEX 3 yang jaringannya sudah capai 5G. Menurut kami sih, tetap lebih unggul Xperia. 😀 Bagaimana menurutmu lur?

Apakah kamu ingin membeli Sony Xperia 5?

Jika dalam benakmu terbesit pikiran untuk dapat memiliki gadget Sony Xperia 5, maka sungguh menjadi pemikiran yang sama kami pikirkan. 😀 Untuk itu, sebelum kamu membeli ada baiknya kamu cek dulu deh tentang apa saja kelebihan dan kekurangan Sony Xperia 5 agar tidak terjadi penyesalan dibelakang nanti.

Namun, sebelum mengulas lebih dalam mengenai berbagai keunggulan dan kelemahan Sony Xperia 5 mari terlebih dahulu kita simak spesifikasi singkat Sony Xperia 5 membawa apa saja sih.

Spesifikasi Sony Xperia 5

Rilis : September 2019
Ukuran Layar: 6.1 inci
Tipe Layar: OLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPU: Adreno 640
OS: Android 9.0 (Pie)
Internal: 128GB 6GB RAM
Eksternal: microSD, up to 1 TB (uses shared SIM slot) – dual SIM model only
Kamera Utama: Triple Camera

  • 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1/2.6″, 1.4µm, predictive Dual Pixel PDAF, 5-axis OIS
  • 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, predictive PDAF, 2x optical zoom, 5-axis OIS
  • 12 MP, f/2.4, 16mm (ultrawide), 1/3.4″, 1.0µm
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus

Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, 24mm (wide), 1/4″, 1.12µm
Baterai: Non-removable Li-Ion 3140 mAh battery

Melihat sekilas spesifikasi yang dibawai Sony Xperia 5 tampak bahwa smartphone milik SOny satu ini memiliki banyak kelebihan ya lur. Tapi, apa benar begitu adanya? Yuk mari kita ulas lebih dalam perihal apa saja kelebihan dan kekurangan Xperia 5 yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 | GSMArena.com

Sudahkah kamu tau apa saja yang menjadi keutamaan dari Sony Xperia 5 ini? Jika belum tau, berikut akan kami ulas mengenai berbagai kelebihan beserta kelemahan dan kekurangan yang dipunyai Xperia 5. Untuk itu, informasi tentang keunggulan dan kelemahan Sony Xperia 5 berikut akan dapat menjadi acuan dan referensi kamu sebelum membeli produknya.

Kelebihan Sony Xperia 5

Semenjak hadirnya Sony Xperia 5 ke pasaran, membawa banyak kelebihan tersendiri yang menjadikan produk milik Sony ini lebih unggul dari pesaingnya. Berikut adalah kelebihan dari Sony Xperia 5:

1. Desain Premium Berkelas

Sungguh amat menarik akan desain bodi yang dihadirkan pada Sony Xperia 5 ini, yang sekaligus jadi kelebihan untuknya. Adalah adanya pembawaan bodi berbahan kaca pada bagian depan dan belakang yang menjadikannya terkesan mewah dan berkelas. Serta penambahan aluminum di bagian frame menambah suasana premium yang begitu luar biasa.

Dan masih menjadi ciri khas Sony adalah adanya bodi tipis berdimensi 158 x 68 x 8.2 mm serta memiliki bobot 164 gram. Menambah suasana betah untuk menggenggamnya dalam waktu yang lama.

2. Display Keren

Kelebihan Sony Xperia 5 selanjutnya adalah terletak pada bagian layar. Dimana layar yang dipakainya yakni OLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. Meski layar OLED sering dipakai untuk TV, keunggulannya masih sama dengan layar AMOLED yang tengah banyak dipakai pada smartphone terbaru.

Resolusi layar 1080 x 2520 pixels dengan rasio 21:9 ratio menambah kualitas kejernihan gambar. Terlebih kerapatan layarnya 449 ppi density.

3. Proteksi Layar Sangat Memadahi

Sony Xperia 5 sangat ampuh dalam menahan rasa sakit karna goresan yang menimpa layarnya. Sony telah membenamkan banyak proteksi layar, salah satunya ialah Corning Gorilla Glass 6 yang menjadi proteksi layar gorilla tertinggi saat ini. Selain itu, didukung pula dengan X-Reality Engine, Triluminos display, HDR BT.2020, dan DCI-P3 100%.

4. Dapur Pacu Super Mantap

Selanjutnya yang menjadi kelebihan Sony Xperia 5 adalah adanya urusan dapur pacu yang sangat membuat kita tertarik untuk segera memilikinya. Di jeroan Xperia 5 terdapat sebuah ‘otak’ Octa-core yang mampu menghasilkan kecepatan 1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485. Sementara chipset yang dipakainya adalah Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm). Semakin mantap lagi dengan tambahan pengolah grafis GPU Adreno 640.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus

Mereka semua bakalan bersatu dan bekerja sama hingga menghasilkan performa yang terbilang lebih dari bagus. Dan untuk sistem operasi yang dipakai oleh Xperia 5 ini sudah yang paling baru yakni Android 9.0 atau sering disebut dengan Android Pie.

5. Terdapat Banyak Kamera

Yang paling menarik dari Xperia 5 adalah adanya pembenaman 4 buah kamera pada bodinya. 3 buah kamera pada bagian belakang dan 1 buah kamera untuk selfie. Ini sudah pasti dapat menjadi kelebihan Sony Xperia 5 yang sangat diminati oleh banyak kalangan.

Kamera utamanya memakai triple camera (tiga buah kamera yang bekerja sama) masing-masing memiliki resolusi 12 MP, 12 MP, dan 12 MP. Dimana ketiga kamera tersebut adalah gabungan dari kamera wide, kamera telephoto, dan kamera ultrawide. Semakin lengkap lagi dengan tambahan fitur pada kamera utama diantaranya LED flash, panorama, HDR, serta eye tracking. Untuk urusan video, kamu bisa mengaturnya dari 2160p@24/30fps HDR hingga ukuran 1080p@30fps (5-axis gyro-EIS).

Untuk bagian eksis, Xperia 5 membawa single selfie camera (kamera depan) yang beresolusi 8 MP. Dimana kamera ini hanya memiliki fitur HDR yang sangat mumpuni dalam bidang foto blur background. Bisa juga kamu pakai untuk urusan live instagram dan vlogging untuk Youtube karena video kamera depannya bisa diatur hingga ukuran 1080p@30fps (5-axis gyro-EIS). Sehingga, akan menghasilkan video dengan kualitas tinggi dan pastinya sangat enak untuk ditonton.

6. Ruang Penyimpanan Lega

Bagi kamu yang mengkhawatirkan ruang penyimpanan cepat habis karena resolusi kamera tinggi, tak perlu khawatir dengan Xperia 5 ini lur. Sony sudah menyiapkan ruang memori internal berkapasitas 128 GB dengan dukungan RAM yang berkapasitas 6 GB. Nah, bagi kamu yang suka foto-foto dan bikin video dengan internal 128GB kamu pastinya tidak perlu khawatir akan cepat kehabisan memori.

Selain itu, jika masih belum puas dengan adanya memori internal yang super lega, kamu juga masih diberikan ruang penyimpanan tambahan. Sony menyediakan slot memori eksternal yang bisa menampung hingga 1 TB. Sehingga secara langsung ruang penyimpanan ini sekaligus dapat menjadi kelebihan Sony Xperia 5.

7. Mendukung Fast Charging

Yang juga menjadi daya penarik dari Sony Xperia 5 adalah adanya fitur fast battery charging hingga 18W (USB Power Delivery 2.0). Apa artinya? USB Power Delivery adalah sebuah teknologi pengisian baterai yang mampu memberikan output sebesar 100W. Bisa dibayangkan dong seberapa cepatnya pengisian baterai pada Sony Xperia 5 ini lur?

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus

8. Tahan Air dan Debu

Salah satu kelebihan Sony Xperia 5 satu ini menjadi ciri khas Sony dimana hampir semua produk terbarunya selalu tahan akan air dan debu. Nah, pada smartphone Sony terbaru satu ini pun demikian. Kemana pun kamu pergi, air dan debu tidak akan punya peluang menang melawan desain Xperia 5 yang berperingkat IP65/681. Jadi, tetap dapat bertahan dalam air dan debu yang selalu datang kapan saja.

Kelebihan Sony Xperia 5 Lainnya:

  • Terdapat fitur fingerprint yang terletak pada bagian samping bodi
  • Sudah memakai USB Type-C 3.1
  • Mendukung NFC
  • Kualitas audio super mantap dengan Dolby Atmos sound

Kekurangan Sony Xperia 5

Dari sekian banyaknya kelebihan yang dimiliki Xperia 5, ternyata masih juga terdapat banyak kekurangannya lur. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Sony Xperia 5, diantaranya:

1. Baterai Tanam Kapasitas Kecil

Sungguh disayangkan bahwa Sony Xperia 5 ini masih menggunakan baterai dengan kapasitas yang kecil. Xperia 5 memakai baterai Li-Ion dengan kapasitas 3140 mAh, secara tidak langsung kalah telak dengan penggunaan baterai pada Asus Zenfone Max Pro M2.

Disisi lain, baterai Sony Xperia 5 ini pun tidak dapat dilepas. Ini juga sekaligus menjadi kekurangan untuk Sony Xperia 5. Karena kita akan kerepotan untuk mengisi daya baterai jika lubang chargernya rusak.

2. Belum Ada Radio

Kekurangan Sony Xperia 5 selanjutnya adalah belum adanya fitur FM Radio yang dapat mengusir kebosanan saat mendengar musik. Memang, radio di era masa kini sudah tertinggal jauh keeksistensiannya. Namun, masih powerful untuk mendukung fitur smartphone.

3. Ukuran Layar Terlalu Besar

Salah satu kekurangan Sony Xperia 5 yang satu ini mungkin tak jadi masalah untuk sebagian orang, Namun sangat menjadi kelemahan menurut kami. Dengan adanya layar berukuran 6.1 inci yang dipakai Xperia 5, tentu menjadikan kita kerepotan untuk membawanya kemanapun. Karena, selain memakan tempat untuk menyimpannya, juga kita memerlukan sedikit wadah tambahan untuk membawanya.

Berapa Harga Sony Xperia 5?

Bagi kamu yang hendak membeli Sony Xperia 5, sudahkah kamu tau berapa harga xperia 5 ini lur? Jika kita lihat dari spek yang dibawanya, pastilah kita akan menafsirkan bahwa harga sony xperia 5 ini sangat mahal bukan? Oke, langsung saja berikut harga xperia 5 terbaru.

Harga Sony Xperia 5 : Rp. 12.100.000,00

Mungkin cukup sekian saja yang bisa kita sampaikan mengenai ulasan kelebihan dan kekurangan Sony Xperia 5 yang sekaligus bisa kamu jadikan acuan sebelum membeli produk dari Sony ini. Selebihnya, kamu bisa membagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang ingin memiliki Sony Xperia 5. Sebelum mereka terkagum-kagum akan spek dan harganya. 😀

Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 | kangreview | 4.5