Home » Android » Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

HP dengan sistem android yang sekarang sering dicari oleh banyak orang. Bahkan, hampir semua masyarakat mengggunakan Hp android. Sebelum membahas tentang cara menghapus riwayat pencarian di google hp android, kalian perlu bertanya dulu apa itu hp android. Android merupakan sistem operasi berbasis Linux.

Android dirancang untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone atau komputer tablet. Sisten operasi android resmi diluncurkan pada tahun 2007. Ponsel berbasis android pertama kali diluncurkan sekitar bulan Oktober 2008. Bisa dibilang android ini merupakan sistem yang modern.

Selain layar dirilis, Google juga meluncurkan TV Android untuk televisi, Android Auto untuk mobil dan Android Wear untuk jam tangan. Tidak hanya ponsel, sistem android ini juga diluncurkan untuk laptop, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

Android yang mendukung banyak aplikasi pengumpul yang bisa melengkapi Aplikasi fungsional. Pada Oktober 2013, ada sekitar lebih dari satu juta aplikasi yang disediakan oleh Android, dan ada 50 miliar aplikasi yang diunduh dari Google Play. Android juga bekerja sama dengan Google.

Sesuai, saat kamu membeli ponsel berbasis android, Google akan tersedia tanpa diunduh. Kamu bisa menggunakan pencarian sesukamu. Pada sistem android, untuk mengunduh riwayat pencarian, kamu perlu tau bagaimana cara menelusuri publikasi pencarian di google hp android. Nanti akan kita bahas lebih dalam.

Google telah melaporkan bahwa ada lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, dan pada bulan Juni 2013, pengguna meningkat sebanyak 583 juta. Namu data ini belum tentu pas, karena ada sebagian yang menonaktifkan safe search, ataupun mode penyamaran.

Android bukan hanya sistem yang banyak digunakan di Indonesia, tetapi juga banyak digunakan di dunia. Banyak perangkat yang ingin memiliki sistem ini.

Karena android adalah sistem operasi yang memiliki biaya yang cukup rendah, dapat dikustominasi, serta ringat jika digunakan untuk perangkat teknologi tinggi. Pada bulan November 2013, Android mampu memguasai pasar smartphone global dengan produk terlarisnya yaitu Samsung.

Lalu pada Bukan Juli 2013, ada yang kurang lebih 11.868 perangkat android yang berbeda-beda dengan berbagai macam versi. Dari sini kita tahu bahwa android ini sangat cepat perkembangannya. Lewat berhasil yang berhasil oleh android, buat para perusahaan teknologi saling berlomba untuk membuat Android target ligitasi paten.

Sampai pada bulan Mei 2013, perangkat android yang telah diselamatkan diseluruh dunia totalnya mencapai 900 juta perangkat, dan sebanyak 48 miliar aplikasi terpasang dari Google Play.

Di Google Play, pengguna perangkat dapat mengunduh aplikasi, menjelajah, dan mengakses aplikasi. Seperti yang kita ketahui, Layanan Google Play ini merupakan hasil dari Google sebagai bentuk kerjasama dengan android.

Seperti yang sudah dibilang tadi, Google akan tersedia secara otomatis jika Anda menggunakan ponsel dengan sistem Android. Jadi kamu tidak perlu susah-susah mendownloadnya.

Kamu bisa dengan mudah melakukan pencarian lewat Google. Bagaimana juga dengan mudahnya menghapus riwayat pencarian di google, bagaimana caranya? Langsung disimak saja bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di google hp android berikut!

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

Meskipun menggunakan smartphone android, cara menghapus riwayat pencarian (History) di Google bisa dilakukan dengan beberapa metode pilihan yang mudah untuk diikuti. Ada dua metode dan terpecah dalam beberapa tahapan, yaitu:

Menghapus Riwayat Pencarian di Google Lewat Browser

Metode pertama, kita bisa menghapus riwayat pencarian di Google melalui aplikasi browser Google Chrome untuk android. Adapun tahapan untuk melakukannya bisa pakai dua cara, meliputi:

1. Hapus History Aktivitas Saya

Cara pertama, kita bisa kunjungi link aktivitas saya dimana ini nantinya akan memunculkan semua aktivitas kita saat browsing menggunakan Google Chrome. Untuk lebih jelasnya, simak panduan langkah-langkah berikut.

  • Buka dan jalankan aplikasi browser Google Chrome di ponsel android kamu.
  • Ketikkan dan kunjungi https://myactivity.google.com/myactivity.
  • Jika belum masuk, Login atau Masuk dengan akun Google milikmu.
  • Setelah login/masuk, tekan icon opsi menu (gambar garis strip tiga) di pojok kiri atas.
  • Pilih dan tekan Hapus aktivitas menurut. Pilih jangka waktu riwayat pencarian yang diinginkan, mulai dari Sejam terakhir, Sehari terakhir, Sepanjang waktu, atau Rentang tertentu.
  • Konfirmasi, tekan Oke. Maka riwayat pencarian (history browsing) kamu akan terhapus sesuai dari waktu yang diinginkan.

Terakhir, kamu tinggal me-refresh browser mu setelah melakukan penghapusan riwayat pencarian, agar browser kembali segar dan bersih dari history pencarian.

2. Hapus History Google Chrome

Bisa juga, menghilangkan semua aktivitas browsing (pencarian kata kunci) dengan cara menghapus history Google Chrome. Ini sangat cocok untuk meninggalkan jejak browsing kamu. Langsung saja caranya bisa simak dibawah ini.

  • Buka dan jalankan aplikasi browser Google Chrome di ponsel android kamu.
  • Tekan icon titik tiga vertikal di pojok kanan atas untuk memunculkan perintah Menu.
  • Pilih dan tekan Histori atau History.
  • Setelahnya akan langsung dimunculkan beragam aktivitas browsing yang pernah kamu lakukan.
  • Untuk menghapusnya, tekan Clear browsing data.
  • Pada bagian Time range, pilih jangka waktu riwayat browsing yang ingin dihapus.
  • Setelahnya langsung tekan tombol Clear data.

Menghapus Riwayat Pencarian di Google Lewat Aplikasi Google

Metode lain, cara menghapus riwayat pencarian di Google bisa juga dilakukan melalui aplikasi Google now. Caranya pun terbagi jadi dua bagian, yaitu:

1. Hapus Histori Aktivitas Saya

Pertama, menghapus histori aktivitas pencarian yang pernah kita lakukan. Caranya:

  • Buka dan jalankan aplikasi Google di ponsel android kamu.
  • Tekan opsi menu Lainnya (icon titik tiga).
  • Pilih dan tekan Aktivitas Penelusuran.
  • Selanjutnya tekan icon tempat sampah (Hapus).
  • Akan langsung muncul keterangan Penghapusan selesai, dan segala riwayat penelusuran beserta histori pencarian dan kunjungan ke situs-situs akan hilang.

2. Hapus Histori Lokasi Saya

Kedua, kita juga bisa menghapus histori pencarian lokasi (Google Maps) yang pernah dikunjungi. Caranya:

  • Buka dan jalankan aplikasi Google di ponsel android kamu.
  • Tekan opsi menu Lainnya (icon titik tiga).
  • Pilih dan tekan Aktivitas Penelusuran.
  • Tap icon garis strip tiga di pojok kiri atas untuk memunculkan menu baru, pilih Aktivitas Google Lainnya.
  • Scroll kebawah, lihat bagian Histori Lokasi¬†langsung klik Kelola aktivitas.
  • Setelah dialihkan ke aplikasi Maps, Tekan tombol OK.
  • Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih Hapus Hari, lalu muncul konfirmasi. Lanjut tekan HAPUS.
  • Terakhir, tekan SELESAI.

Hanya itu saja yang bisa diulas mengenai beragam cara menghapus riwayat pencarian di google hp android menggunakan metode pilihan paling mudah. Jika kesulitan, bisa tanyakan di form komentar dibawah dan tunggulah team kami akan segera mungkin membantu kamu bangs.