Home » Youtube » Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Dijaman teknologi yang serba canggih ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Karena dengan menggunakan internet ini pun, diakui bisa menunjang segala aspek yang ada. Nah, untuk membahas cara menghasilkan uang dari youtube, tentu kamu tidak asing lagi tentang apa itu youtube, kan?

Apa Itu Youtube?

Youtube dimiliki oleh google dan biasanya digunakan untuk berbagi video gratis. Para pembuat video di youtube dinamakan Youtubers. Biasanya saat kita melihat video di youtube, pasti selalu bermunculan iklan. Ya, iklan itu lah yang digunakan youtube untuk membayar youtubers di seluruh dunia.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, youtube merupakan milik perusahaan periklanan terbesar di dunia, yaitu google. Jadi jika ada yang ingin menggunakan iklan melalui google, maka harus membayat iklan melalui google adword, dan iklan tersebut nanti akan ditayangkan di youtube.

Maka jumlah bayaran yang dibayarkan youtube oleh para youtubers ini, disesuaikan dengan jumlah ikan yang ditayangkan pada video milik youtubers tersebut.

Jika kamu ingin menjadi seorang youtubers, tentu kamu juga harus tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube. Baca sampai akhir ya, nanti akan kita bahas bersama terkait hal tersebut.

Profesi Youtubers

Saat ini menjadi seorang youtubers merupakan impian banyak orang. Karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dibandingkan dengan pendapatannya. Selain itu, menjadi seorang youtubers sangat berbeda dengan pegawai kantoran. Mereka memiliki jam kerja yang fleksibel.

Hal ini juga memancing para artis untuk berlomba-lomba menjadi seorang youtubers. Jika seorang artis, sepertinya mereka lebih gampang untuk mempromosikan channel youtube mereka. Hanya itungan beberapa hari atau beberapa minggu saja mereka sudah punya banyak subscriber.

Berbeda dengan orang biasa, mereka harus benar-benar berpikir tentang ide apa yang akan dituang pada konten channel youtube mereka.

Mungkin saat awal channel dibuat, memang subscriber tidak bisa cepat bertambah. Tapi kamu juga tidak boleh mudah menyerah, ya!

Apalagi dijaman ini, banyak yang suka melakukan sensasi semata-mata hanya ingin viral. Seperti yang kita lihat pada channel youtube para artis, memang tidak semua, tapi ada beberapa yang menggunakan kontennya untuk mencari sensasi agar subscriber cepat meningkat.

Jika dibandingkan channel-channel youtubers orang biasa, mereka banyak yang menampilkan konten yang berkualitas.

Seperti tentang berbagi ilmu, berbagi tempat-tempat traveling, dan juga review makanan. Tentu itu akan jauh lebih bermanfaat, bila dibandingkan sensasi saja.

Menjadi seorang youtubers juga tidak harus orang-orang tertentu. Entah kamu seorang siswa, mahasiswa, artis, bahkan sampai pengangguran sekalipun jika kamu memiliki gadget maka kamu juga pasti bisa menjadi youtubers.

Menjalankan profesi ini juga, tempatnya pun bisa dimana saja. Entah dikamar, di kelas, di kantor, atau di tempat-tempat wisata, semua bisa asalakan tidak menganggu orang sekitar.

Yuk sekarang langsung aja kita bahas bersama tentang cara menghasilkan uang dari youtube. Disimak baik-baik ya, siapa tahu diantara kalian bisa menjadi youtubers yang terkenal!

Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Menghasilkan Uang dari Youtube

Ada banyak cara untuk dapat menghasilkan uang dari Youtube, dimana panduan lengkapnya tertuang dalam paragraf yang akan kami sajikan berikut ini.

Memilih Topik Video yang Paling Menarik

Tentu saja langkah awal sebelum menginjak lebih jauh menjadi konten kreator, adalah harus mengetahui terlebih dahulu apa saja video yang akan dibuat nantinya.

Terpenting lagi, harus menentukan sebuah topik video dimana ini yang akan menentukan nasib channel Youtube yang akan dibuat olehmu.

Jika channel video mu berhasil diciptakan dengan satu topik bahasan khusus, disitulah uang akan senantiasa mengikutimu. Tentunya dengan melalui proses yang lebih berat dan susah.

Nah, kami mempunyai beberapa rekomendasi topik video yang cocok untuk kamu dalam menentukan pembuatan konten video. Adapun beberapa topik video yang dapat dipilih yaitu:

1. Gameplay Video

Topik video rekomendasi yang pertama bisa kamu pilih yaitu gameplay. Dalam hal ini, kiblat channel Youtube gaming adalah si manca (milyhya).

Siapa yang tak kenal manca? Tentu salah satu dari kalian sudah kenal dong sama Youtuber gaming yang telah sukses dengan ribuan video gameplay yang telah dibuat olehnya.

Disini, kamu bisa mulai terapkan sedikit tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Langkah awalnya kamu bisa Amati video-video game yang telah ada dan ramai di Youtube. Jadikan pengamatanmu sebuah inspirasi yang akan membawamu menciptakan sebuah video yang fresh.

Tiru, sedikit saja beberapa bagian video. Dalam artian, kamu bisa meniru konsep video yang dibuat olehnya. Kamu juga bisa meniru efek-efek video yang diberikan untuk setiap videonya.

Modifikasi, kamu harus bisa merombak total videomu agar tidak sama persis dengan video kiblat kamu. Buatlah video yang benar-benar beda dari yang lain dan belum pernah ada sebelumnya.

2. Review Gadget & Teknologi

Topik video rekomendasi kedua yang bisa dipilih yakni Teknologi. Dalam hal ini, kamu bisa meniru konsep dari channel Youtube GadgetIn. Lakukan konsep ATM diatas untuk menciptakan sebuah video berkategori Teknologi.

Kamu bisa membuat video tentang review handphone, gadget, laptop, dan apa saja yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya, harus tau update teknologi terbaru ya. Atau, bisa juga menciptakan video khusus tentang tutorial berkaitan dengan teknologi.

3. Vlog & Tips Kecantikan

Topik video rekomendasi ketiga yang dapat kamu pilih adalah perihal Beauty. Ini cocok buat kamu kaum hawa (wanita) yang juga suka mempercantik diri. Kamu bisa membagikan apa saja yang kamu ketahui untuk percantik diri. Bisa mengenai tutorial makeup, review produk kecantikan, atau apa saja yang berhubungan dengan tata rias.

4. Video Kulineran

Topik video rekomendasi ke empat yang dapat kamu pilih yaitu Kuliner. Dalam hal ini, kamu bisa menjadikan channel Ria SW atau Tanboy Kun sebagai kiblat videomu. Lakukan tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk menghasilkan karya video yang original dan keren.

Kamu bisa membuat video tentang review jajanan kekinian, review tempat makan yang unik, review makanan yang sedang viral, atau bisa juga mencicipi makanan yang sedikit ‘berbeda’ dari yang lain.

5. Entertainment

Topik rekomendasi kelima yang dapat kamu pilih berkategori Entertainment. Topik ini sangat meluas, karena berhubungan dengan hiburan. Kamu tentu sudah tau dong topik hiburan akan membahas apa saja nantinya?

Kamu bisa menciptakan video persoalan gosip artis, cover lagu, dance cover, web series, video reaction, prank, dan banyak semacamnya.

Riset dan Tentukan Keyword Video

Tahap lanjut, setelah kamu mengetahui dan menentukan topik apa yang akan dibuat untuk video kamu nantinya. Sekarang kamu juga harus melakukan riset kata kunci. Agar proses pembuatan videomu nanti tidak akan sia-sia.

Sebelum membuat video yang bagus, kamu harus tau dulu apa itu riset kata kunci. Riset Keyword atau bisa dibilang riset kata kunci berarti sebuah langkah yang dilakukan untuk mencari apa saja topik dengan kata kunci yang tengah ramai saat itu atau selamanya.

Alasan riset keyword sesungguhnya adalah agar benar-benar bisa membuat konten yang benar-benar dicari oleh banyak orang.

Untuk meriset kata kunci, kamu bisa memperhatikan Google Trends, informasi apa saja yang tengah trend sekarang dan dimasa mendatang. Atau bisa juga memanfaatkan prediksi pencarian YouTube.

Tips lainnya, kamu bisa memanfaatkan website YouTube Keyword Tool untuk meriset kata kunci. Terdapat banyak sekali situs riset keyword Youtube yang telah banyak digunakan. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetik kata kunci “YouTube Keyword Tool” dan mulai menggunakannya untuk riset kata kunci.

Mulailah Buat Video Pertama

Setelah riset kata kunci telah dilakukan, kamu bisa mulai membuat sebuah video yang bagus. Dalam hal ini, kamu juga bisa memulainya dari mana saja. Bisa memanfaatkan peralatan yang telah ada, membuat video pakai kamera ponsel dulu misalnya. Atau bisa juga langsung membuat video dengan profesional (jika punya modal untuk kamera DSLR).

Namun, kami menyarankan untuk mulailah dengan kesederhanaan. Manfaatkan saja kamera ponsel untuk menciptakan sebuah video. Lakukan proses editing dengan sebaik mungkin, berikan efek-efek yang membuat video semakin menarik untuk ditonton. Baru, setelah sukses kamu bisa melangkah ke jenjang profesional dengan modal yang telah didapat.

Tentukan Brand & Buat Channel Youtube

Setelah video berhasil dibuat, mulailah membuat sebuah channel. Kamu bisa mulai dengan membuat channel di Youtube dengan menggunakan nama channel yang mudah diingat. Tips khusus, jangan membuat channel dengan nama yang panjang sehingga susah untuk diingat.

Setelah channel berhasil dibuat, kamu bisa mulai mengupload video pertamamu. Tunggu proses upload hingga selesai, kemudian buat settingan video mu menjadi publik agar dapat ditonton oleh banyak orang.

Promosikan Video & Hasilkan Banyak Visitor

Selanjutnya, jangan hanya berdiam diri setelah upload video. Masih ada tahapan proses promosi video agar channel Youtube kamu dapat berkembang dengan cepat. Dalam hal ini kamu bisa mempromosikan videomu ke:

1. Sosial Media

Manfaatkan sosial media untuk membuat video Youtube kamu viral. Jika videomu berhasil viral, maka otomatis channel Youtube kamu semakin terkenal dikalangan banyak orang.

2. Blog/Web Pribadi

Bagi yang telah mempunyai blog pribadi, juga dapat memanfaatkan blog kamu untuk promosi video Youtube kamu. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan postingan artikel dengan menyematkan kode video disana agar konten Youtube kamu semakin bertambah views-nya.

3. Web Video Sharing

Tips khusus mempromosikan video Youtube kamu selanjutnya yakni dengan memanfaatkan web video sharing. Kamu bisa mulai menggunakan situs-situs besar untuk share video seperti Pinterest, dan semacamnya.

Ajak Kerja Sama Brand Ternama (Opsional)

Bagi yang telah mempunyai modal yang cukup, kamu juga bisa memulai mengembangkan channel Youtube dengan brand ternama. Lakukan kontrak kerja sama dengan brand ternama untuk mulai meramaikan video Youtube kamu.

Jikalau bisa, kamu harus mencapai titik viral. Dimana videomu akan terkenal dikalangan netizen, dengan begitu bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan ratusan ribu bahkan jutaan subscriber yang akan dengan senang hati menanti video terbaru darimu.

Monetisasi Channel Youtube (Uangkan)

Setelah kamu berhasil meramaikan channel Youtube yang telah dibuat, maka kamu bisa mulai untuk mendapatkan uang dari Youtube. Daftarkan channel Youtube kamu ke Google Adsense untuk mulai dapat uang di Youtube. Jika bingung, kamu bisa mencari informasi seputar Adsense for Youtube di website-website yang mengulas topik tersebut.

Untuk mendaftarkan channel Youtube ke Google Adsense tentunya ada beberapa persyaratan khusus yang harus kamu capai sebelumnya. Yang terbaru, yakni kamu harus dapat mencapai 4000 jam tayang dan 1000 subscriber dalam waktu 1 tahun.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami ulas dan sajikan untukmu mengenai beragam cara menghasilkan uang dari Youtube dengan panduan paling mudah dan lengkap.

Jika mungkin ada sesuatu yang ingin ditanyakan, kamu bisa tinggalkan komentarmu lewat form komentar dibawah. Terakhir, jangan lupa share/bagikan ulasan ini ke teman-teman kamu ya bangs. Agar mereka juga terinspirasi dan dapat menjadi seorang Youtuber terkenal.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *