Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

By On Sunday, October 13th, 2019 Categories : Xiaomi

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A | Xiaomi selalu menghadirkan produk smartphone teranyar dari varian Redmi, yakni Xiaomi  Redmi 6. Xiaomi Redmi sendiri sudah masuk ke tanah air sejak bulan September 2018. Tak sedikit orang merasa penasaran dengan spesifikasi smartphone besutan Xiaomi ini.

Produk smatphone ini termasuk generasi penerus dari tipe Xiaomi Redmi 5A. Xiaomi sebenarnya meluncurkan 2 varian smartphone setelah Redmi 5, yaitu varian Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A.

Review Xiaomi Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6A

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 6A, berikut spesifikasi ponsel Xiaomi Redmi 6A, yang perlu kamu ketahui. Diantaranya :

Bagian Body Smartphone

Smartphone Xiaomi Redmi 6 ini berdimensi panjang 147,5 mm, ketebalan 8,3 mm dan lebar 71,5 mm. Dengan ukuran ketebalan tersebut, smartphone ini tergolong lebih tipis dikelasnya. Smartphone yang terbuat dari material plastik ini hanya memiliki berat 147,5 gram saja.

Tiap-tiap sudut smartphone dibuat melengkung, karenanya tak terasa tajam saat digenggam. Pada slot SIM Card-nya masih mengusung design hybrid, karenanya untuk slot yang kedua wajib memilih memakai kartu SIM atau micro SD.

System On Chip

Sektor tenaga yang mendukung kinerja smartphone ini dengan memanfaatkan Mediatek Helio A22 dengan kinerja sebesar 37% lebih baik dibandingkan Snapdragon 425, disokong pula oleh kecepatan prosessor dari Quad Core Cortecx A53 dengan besar sekitar 2.0 GHz. Hanya saja, meskipun dibilang lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 425, tapi performanya sedikit mengecewakan, terlebih lagi jika kamu tidak menutup beberapa aplikasi tertentu yang sebelumnya sudah dibuka, sehingga penggunaannya akan terasa lebih berat.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Pada sector GPU-nya sendiri memanfaatkan PowerVR GE-Class, bagi yang gemar main game sebenarnya masih cocok jika digunakan untuk game-game tingkat kelas menengah, namun jika bermain game sekelas HD sebaiknya jangan, sebab akan terasa ngelag.

Memori

Smartphone yang satu ini memiliki 2 pilihan RAM sebagai pendukung multitasking, yakni dengan kapasitas 3 GB dan 2GB. Untuk sektor penyimpanan RAM 2GB sendiri, memori internal yang dipakainya sebesar 16 GB, sedangkan pada RAM 3GB memori internalnya sebesar 32Gb. Namun meskipun penyimpanannya terasa minim, Kamu tak perlu khawatir sebab sector penyimpanan tersebut masih dapat ditambah oleh micro SD sehingga kapasitas maksimalnya mencapai 256GB.

Sektor Kamera

Dilihat dari sector kameranya sendiri, Xiaomi Redmi 6A pada bagian belakang telah dilengkapi oleh sensor 13MP dengan bukaan f/2.2, serta sudah mengusung teknoloogi phase detection autofocus yang bisa mengunci focus dengan lebih cepat. Adapun fitur-fitur pelengkap lainnya cukup banyak, yakni telah dilengkapi oleh Mode HDR, LED Flash, square, short video 10 detik, setting manual, dan panorama, karenanya kita bisa menyetting white balance, ISO, shutter speed, dan fokusnya.

Adapun untuk merekam video sendiri, bisa merekam hingga beresolusi full HD 1080p, pada frame rates 30 fps, yang telah dilengkapi oleh time lapse. Hanya saja, meskipun stabilization-nya memiliki pengaturan namun tak ada pengaruhnya bagi perekaman video. Pada kamera selfie, smartphone Xiaomi Redmi 6A memanfaatkan sensor kamera sebesar 5MP pada bukaan f/2.2 serta bisa merekam video dengan kualitas yang sama seperti pada kamera belakang, dengan resolusi mencapai 1080p full HD pada frame rates 30 fps.

Baterai

Untuk sector baterainya sendiri. Xiaomi Redmi 6A ditanamkan baterai yang tergolong kecil, yakni hanya memakai baterai Li-Ion berkapasitas 3000 mAh. Namun masih tetap tergolong bagus bagi pemakaian sehari-hari, sebab sudah dites dapat bertahan selama lebih dari 5 jam untuk pemakaian skala menengah.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A | https://www.discoazul.com

Sebelum kamu membeli smartphone Xiaomi Redmi 6A, maka kamu harus tahu beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 6A terlebih dulu. Namun sebelumnya, mari kita bahas kelebihan Xiaomi Redmi 6A di bawah ini!

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5

Kelebihan Xiaomi Redmi 6A

Beberapa kelebihan dari Xiaomi Redmi 6A yang perlu kamu tau sedulur semua, diantaranya yaitu:

1. Kamera Berkualitas Dengan Berbagai Macam Fitur

Untuk kameranya sendiri, Xiaomi Redmi 6A telah dibekali oleh lensa sebesar 13 MP, yang bukaannya f/2.2 di bagian belakang, dilengkapi pula oleh fitur flash dan autofocus. Untuk pengambilan gambar outdoor atau indoor sendri tergolong sudah cukup memuaskan. Sama halnya saat foto diambil dengan kondisi yang minim cahaya, sehingga hasilnya tak terlalu mengecewakan walaupun masih terdapat sedikit noise, apabila diamati dengan seksama.

2. Desain Modern dan Ringkas

Xiaomi Redmi 6A

Full Screen Design memang telah menjadi tren smartphone belum lama ini. Full Screen telah dimiliki oleh para generasi terdahulu Xiaomi Redmi 6, yakni Xiaomi Redmi 5. Jika dilihat secara umum, Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 5 memiliki desain yang mirip, hanya saja perbedaannya dilihat dari peletakan kamera ganda dan grill speaker-nya.

3. Memilih Chipset Hemat Daya dan Andal

Meskipun harganya murah, tentu tak menjadikan smartphone yang satu ini mempunyai chipset yang tak memadai. Xiaomi Redmi 6A memiliki chipset Mediatek, yakni Mediatek MT6762 Helio P22 Octa-core 2,0 GHz. Sokongan prosessor ini tentu saja menawarkan performa kerja yang handal dan lebih irit daya.

4. Ruang Penyimpanan Cukup Lega

Kelebihan Xiaomi Redmi 6A yang selanjutnya adalah adanya peletakan ruang penyimpanan yang lumayan lega. Internal yang terdapat dalam Redmi 6A adalah berkapasitas sebesar minimal 16 GB. Dalam versi lainnya, Xiaomi Redmi 6A juga terdapat memori internal dengan kapasitas 32 GB.

Selain itu, Redmi 6A juga menghadirkan pilihan RAM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu lur. Varian RAM dari Xiaomi Redmi 6A tersebut masing-masing berkapasitas 2GB dan 3GB. Jika dibandingkan dengan era masa kini, RAM tersebut masih cukup powerful untuk segala kebutuhan multitasking.

Terkait:  Harga Xiaomi Redmi Note 8 Terbaru

Pada penyimpanan tambahannya, Xiaomi menghadirkan memori eksternal pada Redmi 6A dengan kapasitas hingga 256 GB. Mau buat nyimpan apa hayo?

Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Untuk kekurangan Xiaomi Redmi 6A sendiri, juga ada beberapa diantaranya adalah :

1. Tak Memiliki Perlindungan Layar Gorilla Glass

Xiaomi Redmi 6A telah dilengkapi oleh layer IPS LCD yang berukuran 5,45 inchi beresolusi 720 x 1440 p tanpa dukungan gorilla glass. Karenanya kamu harus berhati-hati saat menggunakannya. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab kamu dapat memakai pelindung layer berupa tempered glass supaya lebih aman terhadap goresan dan benturan.

2. Kapasitas Baterai Masih Kurang

Pada smartphone terbaru 2018, Xiaomi Redmi 6 disokong oleh kapasitas baterai yang kurang besar, hanya 3.000 mAh saja. Sayangnya kapasitas baterai pada Redmi 6A justru lebih kecil jika dibandingkan pendahulunya, yaitu berkapasitas 3.300 mAH untuk Redmi 5.

3. Belum Mendukung Sensor Fingerprint

Yang menjadi kekurangan dari Xiaomi Redmi 6A selanjutnya yakni belum disertai adanya fitur fingerprint. Sebuah sensor sidik jari yang sangat dibutuhkan adanya di era masa kini.

4. Belum Mendukung USB Tipe-C

Kekurangan Redmi 6A yang satu ini sedikit membuat pengguna ribet, dikarenakan masih menggunakan USB tipe biasa yang banyak juga digunakan pada smartphone tipe lama. Ketika digunakan untuk mengisi daya baterai, harus menancapkan kabelnya dengan pas dan tidak boleh terbalik. Berbeda dengan kabel USB Type-C. Sayangnya, Redmi 6A ini belum didukung adanya USB Type-C.

5. Belum Mendukung NFC

Yang menjadi kekurangan dari Xiaomi Redmi 6A terakhir adalah belum disertai dengan fitur NFC yang mana sudah banyak digunakan oleh smartphone di masa kini.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 6A. dengan demikian, Kamu bisa memutuskan apakah ingin membeli smartphone ini ataukah tidak. Untuk kesimpulannya, silahkan kamu simpulkan sendiri ya lur. 😀 Pasti kamu punya simpulan terbaik!

Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A | Mita Mellinda | 4.5