Home » Android » Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Apakah kamu saat ini sedang mencari cara menghidupkan HP tanpa tombol power yang paling mudah?

Yang namanya HP pasti suatu saat juga akan rusak. Entah itu rusak karena sudah tua atau karena kamu tidak merawatnya dengan baik. Biasanya yang sering dijumpai adalah kerusakan pada tombol powernya.

Lalu untuk menghidupkan HP pakai apa dong? Tenang saja, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

Tombol Power HP

Berbicara tentang tombol power, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tombol power HP rusak. Misalnya karena jalur tombol power tidak terhubung.

Kenapa jalurnya bisa terputus? Itu ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Jika HPmu terkena minyak atau air, biasanya akan muncul adanya kerak sehingga mengakibatkan jalur tidak terhubung sempurna.

Atau karena switch pada tombel power sudah aus, dengan begitu tembaga yang ada di dalam switch tidak bisa lagi menyalurkan listrik.

Alasan rusaknya tombol power yang kedua adalah adanya arus pendek. Tanda kalau Hpmu mengalami korsleting atau arus pendek adalah, HP akan menyala sendiri dan mati sendiri.

IC Power

Dengan begitu, tombol power tidak akan ada fungsinya lagi. Selanjutnya karena IC power mati atau rusak. Kalian tahu IC power itu apa? IC power adalah suatu komponen pada HP yang berfungsi untuk mengatur sumber power dari HP. Bisa dibilang kalau tombol power HP ibarat tangan dari IC power.

Jadi, antara tombol power dengan IC power, keduanya saling bekerja sama. Saat kita menekan tombol power, itu berarti tanda sinyal kepada IC power, lalu IC power pun akan menghidupkan jalur listriknya.

Nah IC power ini merupakan komponen vital pada sebuah HP. Jadi kamu perlu hati-hati saat menggunakannya.

Jika IC power rusak maka Hpmu tidak bisa menyala karena tidak ada lagi yang mengatur power kelistrikan pada Hpmu.

Jika kalian mengalami beberapa kerusakan seperti yang di atas, maka jangan takut atau bingung lagi gimana caranya biar HP bisa hidup. Jadi tetap disimak terus ya artikel ini, nanti akan dibahas cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

System Open Source

Dengan rusaknya tombol power, bukan berarti kamu harus langsung membawanya ke counter service. Hal ini tidak akan ada masalah, apalagi jika Hpmu merupakan HP jenis android. Karena android memiliki operating system yang open source.

Itu artinya, ada banyak pengembangan yang telah dilakukan secara individual berdasarkan pengalaman masing-masing.

Jadi banyak-banyaklah membaca karena kita tidak perlu beli buku kok, kamu bisa melihatnya di internet. Sudah ada banyak informasi yang bermunculan.

Tidak perlu pergi membeli buku, dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Sebab kamu hanya tinggal duduk manis di kursi sambil ngopi dan juga membaca informasi-informasi yang ada di internet. Ya sudah yuk langsung kita bahas saja cara menghidupkan HP tanpa tombol power, simak baik-baik ya!

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Masihkah kamu bertanya apakah bisa menghidupkan HP tanpa tombol power? Bagaimana caranya? Ada beberapa metode mudah yang dapat dipakai, diantaranya:

Menggunakan Ejector SIM Card

Pada metode pertama, kita bisa pakai ejector SIM Card dan atau sejenisnya untuk menghidupkan HP tanpa menekan tombol power. Biasanya, Tray SIM atau wadah SIM Card tersebut akan membuat HP menjadi aktif saat dikeluarkan. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Simak dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambil dan siapkan Ejector SIM Card HP dan atau benda sejenisnya.
  • Tancapkan bagian lancip diujungnya ke lubang disamping HP untuk mengeluarkan Tray SIM Card.
  • Lalu, keluarkan saja Tray SIM HP kamu.
  • Setelah Tray SIM sukses dikeluarkan, biasanya HP akan langsung hidup dan aktif tanpa memencet tombol power.
  • Jika HP sudah hidup, pasang lagi Tray SIM untuk mulai menggunakannya.

Menggunakan Power Bank atau Charger

Metode kedua, kita bisa pakai bantuan power bank atau charger untuk menghidup HP tanpa tekan tombol power. Hanya saja, cara ini dapat berguna ketika tiba-tiba tombol power mengalami masalah mendadak. Dengan catatan, HP kamu masih kondisi aktif/hidup. Caranya:

  • Ambil dan siapkan Power Bank atau Charger ponselmu.
  • Sambungkan HP ke charger atau power bank.
  • Selanjutnya, layar HP akan menyala aktif.
  • Setelahnya kamu bisa langsung melepas lagi chargernya.

Catatan: Cara ini hanya bisa dipakai saat kondisi HP masih dalam keadaan aktif/menyala/hidup.

Menggunakan Tombol Volume

Pernahkah kamu terfikir akan kegunaan lain dari tombol volume di smartphone kamu? Nah, perlu kamu tahu nih bangs bahwa selain berguna untuk mengatur suara tombol volume juga bisa berguna untuk menghidupkan HP tanpa tombol power lho.

Dengan demikian, tentu saja tombol volume akan sangat berguna saat terjadi kerusakan pada tombol power HP kamu. So, bagaimana cara menghidupkan HP dengan menekan tombol volume?

  • Saat kondisi HP masih keadaan hidup dan aktif, download & install dulu aplikasi Power Button to Volume Button di Google Play.
  • Setelah aplikasi terinstal, langsung saja buka aplikasinya.
  • Atur dan aktifkan pengaturan Enable/Disable Volume Power sesuai kebutuhan.
  • Selesai.

Sekarang, kamu sudah bisa menyalakan HP dengan menekan tombol volume up atau down. Sementara untuk mematikan HP kamu hanya perlu membuka panel notifikasi kemudian pilih Turn off screen.

Menggunakan Fitur Sensor Android

Berbagai macam sensor android seperti fingerprint (sidik jari), face unlock, dan sejenisnya akan sangat berguna saat tombol power HP kamu mengalami masalah secara mendadak.

Biasanya, sensor-sensor tersebut dapat membuat layar menjadi aktif dan menyala. Sehingga bisa juga dipakai untuk menghidupkan HP tanpa menekan tombol power.

Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Metode selanjutnya, kita bisa pakai fitur bawaan ponsel yang sering disebut dengan double tap to wake. Fitur ini akan sangat membantu dalam menghidupkan HP tanpa tombol power.

Oya, fitur double tap to wake hanya ada di smartphone keluaran terbaru mulai dari 2017 keatas ya. Jadi jika ponsel kamu masih tipe lama, maka harus melakukan root terlebih dahulu untuk memakai fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur double tap to wake untuk menghidupkan HP tanpa tombol power:

  • Buka dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Scroll kebawah, cari dan temukan Tentang Ponsel.
  • Ketuk 7 kali pada Build Number (Nomor Bentukan).
  • Setelahnya, kembali ke menu Pengaturan.
  • Cari dan temukan fitur double tap to wake, setelah ketemu maka langsung saja aktifkan fitur tersebut.

Aplikasi Pengganti Tombol Power

Selain menggunakan aplikasi Power Button to Volume Button untuk menghidupkan HP tanpa tombol power, ternyata masih ada banyak aplikasi pengganti tombol power lho. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Power Button to Volume Button
  • Gravity Screen (Berfungsi untuk mengaktifkan HP dengan menggerakkan HP saja)
  • Double Tap Screen (Berfungsi untuk Double Tap to Wake di HP)
  • Auto Screen On Off (Berfungsi untuk menyalakan atau mematikan HP dengan menggunakan sensor jarak)

Atau, kamu juga bisa mencari-cari aplikasi pengganti tombol power terkait di Google Play Store langsung.

Hubungkan ke PC/Laptop

Metode selanjutnya untuk menghidupkan HP tanpa tombol power adalah dengan menghubungkannya ke PC/Laptop.

Cara melakukannya sama saja seperti saat kita menghubungkan HP ke PC menggunakan kabel data USB. Di beberapa smartphone, akan langsung hidup dan aktif saat kita menyambungkannya ke PC/Laptop.

Tapi jika HP kamu belum mendukung, coba dulu install driver untuk merk smartphone kamu.

Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power dalam Keadaan Mati

Lalu, apakah memang bisa menghidupkan HP tanpa tombol power jika smartphone dalam keadaan mati atau nonaktif? Tentu saja bisa, caranya yaitu dengan bantuan PC/Laptop yang sudah terinstal software Minimal ADB and Fastboot.

Sebelumnya, kamu harus setting smartphone kamu dan aktifkan USB debugging yang ada di opsi Debeloper options. Caranya:

  • Siapkan PC/Laptop kamu.
  • Download dan install software Minimal ADB and Fastboot disini.
  • Ambil ponsel atau smartphone kamu.
  • Dalam keadaan mati/nonaktif, masuklah ke mode bootloader/fastboot. Caranya, tahan tombol volume down dan sambungkan HP Android dengan PC menggunakan kabel USB hingga muncul gambar fastboot.
  • Buka software Minimal ADB and Fastboot yang memiliki tampilan seperti Command Prompt.
  • Untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung kamu tinggal masukkan perintah adb devices kemudian tekan Enter pada keyboard.
  • Untuk mulai melakukan restart perangkat, kamu tinggal masukkan perintah fastboot reboot dan tekan tombol Enter. Maka secara otomatis, HP kamu akan melakukan restart dan masuk ke tampilan awal.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa diulas mengenai beragam cara menghidupkan HP tanpa tombol power dengan beberapa metode pilihan mudah rekomendasi dari kami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu dimanapun berada ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *