Home » Grab » Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Apakah kamu seorang driver / pengemudi yang baru bergabung bersama Grab? Jika kamu baru bergabung menjadi mitra Grab, tentunya kamu harus mengetahui cara menggunakan aplikasi Grab Driver.

Grab Driver adalah sebuah aplikasi yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi. Jadi, pihak Grab memisahkan aplikasi untuk pengguna/konsumen dengan aplikasi untuk pengemudi.

Semua pengemudi wajib memiliki aplikasi Grab Driver karena seluruh proses transaksi, pesanan, serta pendapatan dari promo grab dan pembayaran menggunakan OVO, akan masuk kedalam aplikasi tersebut.

Jadi, setiap pengemudi harus mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi Grab Driver agar proses pesanan bisa terus berjalan lancar. Nah, berikut ini ulasan mengenai panduan lengkap pengoperasian dan penggunaan aplikasi Grab Driver dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Cara untuk dapat menggunakan aplikasi Grab Driver sebenarnya tak sulit untuk dioperasikan, kamu hanya perlu mengunduh dan install aplikasinya lalu simak dan ikuti langkah-langkah penggunaan dibawah ini.

  1. Unduh / install aplikasi Grab Driver di Google Play Store / App Store
  2. Setelah proses install selesai, buka aplikasi Grab. Saat pertama kali membuka, akan ada beberapa tampilan pengaturan mengenai perijinan aplikasi. Kamu harus memilih ‘izinkan’ untuk semua pengaturan yang diminta aplikasi Grab Driver.
  3. Masuk / log in melalui email yang sudah kamu daftarkan di kantor Grab.
  4. Aktifkan aplikasi Grab Driver dengan cara tekan tombol power pada bagian tengah atas aplikasi Grab Driver sampai berwarna hijau. Lalu, tekan tombol di pojok kanan atas aplikasi hingga berwarna hijau juga.

Menggunakan Aplikasi Grab Driver untuk Pengemudi GrabCar

Menjadi pengemudi GrabCar akan memiliki peluang untuk mendapatkan bonus penghasilan. Kamu juga bisa bebas memilih waktu kerja.

Selain itu, pengemudi juga mendapatkan jaminan asuransi all-risk serta asuransi kecelakaan. Berikut ini cara menggunakan aplikasi Grab Driver untuk pengemudi GrabCar:

  1. Aktifkan layanan GrabCar pada aplikasi Grab Driver.
  2. Terima pesanan yang masuk ke aplikasi Grab Driver. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mendapatkan informasi penumpang yang akan dijemput mulai dari identitas penumpang, lokasi penjemputan serta lokasi tujuan. Kamu juga bisa menghubungi penumpang apabila membutuhkan informasi lainnya.
  3. Gunakan GPS sebagai navigasi untuk memberikan informasi lengkap dimana penumpang harus dijemput.
  4. Saat penurunan penumpang di lokasi tujuan klik “Drop Off” dan transaksi pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai.

Menggunakan Aplikasi Grab Driver untuk Pengemudi GrabBike, GrabExpress, dan GrabFood

Seperti halnya pengemudi GrabCar, pengemudi GrabBike juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan hingga belasan juta per bulan dan juga asuransi kecelakaan hingga maksimal Rp 55 juta. Kamu juga bisa bebas memilih waktu kerja.

Pengemudi GrabBike bisa memilih untuk mengantar penumpang atau paket/dokumen karena layanan GrabExpress / Grab SameDay disatukan dengan layanan GrabBike. Untuk layanan GrabFood, pengemudi membelikan makanan atau minuman yang sudah dipesan oleh pelanggan kemudian diantarkan kepada pelanggan tersebut.

Cara Penggunaan Aplikasi Grab Driver untuk Driver GrabBike dan GrabExpress

Yuk, simak cara menggunakan aplikasi Grab Driver untuk pengemudi GrabBike dan GrabExpress:

  1. Aktifkan layanan GrabBike pada aplikasi Grab Driver (layanan GrabExpress disatukan dengan layanan GrabBike).
  2. Terima pesanan yang masuk ke aplikasi Grab Driver. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mendapatkan secara detail informasi penumpang maupun barang kiriman, lokasi penjemputan atau pengambilan barang serta lokasi tujuan. Kamu juga bisa menghubungi penumpang atau pengirim barang apabila membutuhkan informasi lainnya.
  3. Gunakan GPS sebagai navigasi untuk memberikan informasi lengkap dimana penumpang atau pengirim barang harus dijemput.
  4. Saat penurunan penumpang atau pemberian barang di lokasi tujuan, pelanggan bisa melakukan transaksi pembayaran secara tunai maupun non tunai.

Cara Penggunaan Aplikasi Grab Driver untuk Driver GrabFood

Berikut ini cara penggunaan aplikasi Grab Driver untuk pengemudi GrabFood:

  1. Aktifkan layanan GrabFood pada aplikasi Grab Driver.
  2. Terima pesanan GrabFood yang masuk ke aplikasi Grab Driver.
  3. Tekan tombol ‘saya sudah di restoran’, ketika sudah sampai di restoran / merchant.
  4. Tekan tombol ‘pesanan sudah dilakukan’, ketika makanan/minuman sudah dipesan.
  5. Siapkan struk belanja dan tekan tombol ‘ambil foto’ untuk mengambil foto struk. Hal ini dilakukan agar customer/pembeli mengetahui rincian harga makanan/minuman yang dibeli.
  6. Kirim foto struk tersebut kepada pembeli.
  7. Tekan tombol ‘pesanan sudah diambil’ lalu kemudian tombol ‘pesanan sudah diantar’, ketika makanan sudah diberikan kepada pembeli.
  8. Pembeli bisa melakukan transaksi pembayaran secara tunai maupun non tunai.

Demikian ulasan mengenai cara menggunakan aplikasi Grab Driver. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa selalu berdoa sebelum berangkat kerja agar dimudahkan segala urusan.

Jika ada kesulitan atau tambahan, jangan ragu untuk berkomentar ya. Serta, jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu.