Home » Telkomsel » Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Bagaimana cara menonaktifkan kartu Telkomsel? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita tahu bahwa berdasarkan peraturan kemenkominfo tentang pengaktifan kartu perdana, kepemilikan nomor kartu telkomsel saat ini jumlahnya dibatasi, untuk per NIK/KTP sendiri hanya diperbolehkan mempunyai maksimal 3 kartu saja.

Karena peraturan inilah, tidak sedikit dari para pengguna Telkomsel, baik pengguna Simpati, Loop atau AS merasa kecewa karena jumlah kartu harus dibatasi.

Lalu, Bagaimana Solusinya?

Telkomsel yang saat ini sebagai provider layanan kartu seluler terkemuka sudah menawarkan fitur unreg, sehingga memudahkan para penggunanya untuk mengganti nomor baru Telkomsel walaupun sudah mempunyai 3 kartu Telkomsel sebelumnya.

Namun tentu saja, cara kerja dari fitur tersebut berguna untuk menonaktifkan nomor Telkomsel yang lama agar NIK-nya dapat dipakai untuk melakukan aktivasi nomor yang baru.

Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Sebenarnya ada 2 cara yang bisa Kamu lakukan untuk menonaktifkan kartu provider Telkomsel, baik untuk kartu Simpati, Loop atau As, baik itu yang sudah masuk masa tenggang, ataupun masih memiliki masa aktif tambahan. Semuanya sama, yakni bisa melalui SMS ataupun Dial. Berikut ulasannya:

Cara Unreg Kartu As, Simpati, dan Loop Melalui SMS

Jika Kamu ingin menonaktifkan kartu provider Telkomsel melalui SMS, berikut formatnya :

  • Pertama-tama, ketik format : UNREG#NIK
    Contoh format : UNREG#3201678799093405
  • Lalu kirim format tersebut ke nomor 4444

Perhatikan cara di atas, penggunaan huruf kecil ataupun huruf kapital tidak berpengaruh, dan pastikan pada akhir format tak perlu diberi tanda pagar (#).

Perlu diperhatikan juga lur, kartu yang di UNREG disini harus sudah melalui aktivasi sim card ya lur, kalau belum gak usah melakukan unreg atau registrasi ulang kartu sim card.

Cara Unreg Kartu As, Loop, dan Simpati Melalui Dial

Adapun cara unreg kartu As, loop dan Simpati melalui dial up, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Ketik dial ke nomor : *444#
  • Kemudian pilih opsi : 3 (Unreg)
  • Selanjutnya masukkan NIK yang awalnya Kamu gunakan saat meregistrasi kartu Telkomsel tersebut.

Setelah berhasil, kamu tinggal melakukan registrasi ulang kartu telkomsel yang baru, agar bisa digunakan seperti biasa.

Mendatangi Grapari Telkomsel Terdekat

Cara yang ketiga ini, bisa Kamu lakukan apabila terjadi kondisi tertentu yang mengharuskanmu untuk menonaktifkan kartu Telkomsel ke layanan Telkomselnya secara langsung.

  • Pergi ke kantor Grapari Telkomsel terdekat
  • Bawa eKTP/resi beserta Kartu Keluarga
  • Setelah itu, langsung tanyakan dan konsultasikan kendala Kalian pada Customer Service Telkomsel.
  • Tunggu sampai proses unreg selesai.

Setelah Kamu memilih salah satu cara di atas, pemberitahuan nonaktif kartu Telkomsel akan langsung dikirimkan lewat SMS dari 4444. Jadi silahkan cek di inbox pesan di layar ponselmu untuk mengetahuinya.

Bagaimana Jika Gagal Nonaktif Kartu Telkomsel?

Jika ternyata registrasi kartu gagal, ada beberapa kendala yang mungkin akan Kalian alami, dan berikut cara mengatasinya :

1. Karena Salah Memasukkan Nomor NIK

Meskipun Kamu sudah mengikuti instruksi di atas tapi masih saja gagal, jangan panik dulu. Pastikan kalau NIK yang Kamu masukkan sudah sesuai nomor NIK sebelumnya saat digunakan untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel tersebut.

Sebab biasanya penyebab kegagalan saat unreg kartu Telkomsel ialah karena NIK-nya tidak sesuai dengan yang dipakai saat registrasi dulu.

2. Gangguan Server

Jika nomor NIK yang sudah Kamu masukkan sudah sesuai tapi masih saja gagal unreg, kemungkinan kedua yaitu servernya sedang mengalami gangguan. Kendala ini bisa saja Kamu alami mengingat server sedang mengalami kelebihan trafik atau beban.

Solusinya, Kamu bisa mencobanya kembali esok hari, atau bisa juga mencobanya lagi setiap 2 jam sekali jika benar-benar urgent ingin menonaktifkan kartu Telkomsel yang lama.

Jika ternyata masih ada kendala saat unreg, maka Kamu bisa mendatangi grapari Telkomsel seperti yang sudah dijelaskan pada poin ketiga di atas. Namun biasanya, cara menonaktifkan kartu Telkomsel baik dengan cara dial ataupun SMS juga sudah ampuh untuk membuat kartu lamamu nonaktif.