Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop
Menghubungkan HP ke Laptop

Gadget sudah menjadi kebutuhan semi primer bagi masyarakat dunia pada era global seperti sekarang, terutama HP dan laptop. Kamu harus tahu bahwa keduanya bisa disambungkan dengan mengikuti pembahasan soal cara menghubungkan HP ke laptop yang sudah kami ulas.

Hal ini dikarenakan sebuah smartphone tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, khususnya pembacaan maupun penghapusan data tanpa bantuan laptop sebagai perangkat tambahannya.

Read More

Seperti kalian tahu bahwa satu sama lain punya keterkaitan terhadap pemakaian internet atau kebutuhan lain sesuai kegiatan pemiliknya.

Anda juga bisa menjalankan kinerja HP lewat laptop, serta sebaliknya. Tak bisa dipungkiri bahwa sambungan antar kedua perangkat tersebut akan membantu kalian dalam melihat semua berkas maupun data yang sulit dibuka satu per satu dari ponsel. Tujuannya agar kamu dapat memilihnya dengan cepat untuk dihapus atau dipisah bila dirasa perlu.

Canggihnya Hp dijaman sekarang, membuat penggunanya bisa melakukan apa saja hanya dengan menggunakan Hp.

Meskipun begitu, secanggih-canggihnya Hp pasti ada batasnya. Misalnya dalam membuat laporan di word.

Kita memang bisa membuatnya di Hp, tapi tentu kita juga membutuhkan Laptop untuk mengeditnya dan menyempurnakannya.

Lalu bagaimana supaya file atau foto atau video dari Hp bisa pindah ke Laptop? Nanti kita bahas bersama ya tentang cara menghubungkan Hp ke Laptop.

Cara menghubungkan Hp ke Laptop ini pun sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa memilih menggunakan kabel data atau kabel USB.

Selain untuk memindahkan file, kamu juga bisa menyambungkan internet dari HP mu ke Laptop. Istilah menyambungkan internet dari Hp ke laptop ini biasa disebut dengan tethering.

Pengertian USB

Berbicara tentang USB, kalian sudah pada tahu belum USB itu apa? Bisa disimpulkan, pasti sudah banyak diantara kalian yang tahu dan sering menggunakan kabel USB.

Terkait:  Cara Menggunakan Qibla Finder

Tapi tetap akan diulas sekilas pada penjelasan tentang USB, sebelum kita menginjak ke pembahasan inti tentang cara menghubungkan Hp ke Laptop.

USB merupakan sebuah perangkat konektor yang berfungsi untuk menghubungkan komputer atau Laptop dengan perangkat lainnya.

Sama dengan Hp dan kabel datanya, antara laptop dan USB tidak bisa dipisahkan. Karena setiap kita membeli laptop, pasti sudah dilengkapi juga dengan USB.

Ada beberapa orang yang bertanya, kabel data dengan kabel USB sama tidak ya? Siapa nih yang masih belum tahu? Atau jangan-jangan kamu yang membaca ini juga belum tahu? Langsung saja dijelaskan ya.

Perbedaan Kabel Data dan Kabel Charger

Jadi kabel USB itu ada dua macam, yaitu kabel charger dan kabel data. Untuk kabel charge, bisa dilihat dari namanya bahwa kabel ini berfungsi untuk mengisi baterai pada alat-alat elektronik seperti laptop, Hp, senter, kipas USB, dan lainnya.

Yang perlu kamu tahu bahwa kabel charge hanya bisa digunakan untuk mengisi daya baterai saja. Kabel tersebut tidak bisa digunakan untuk mentransfer data.

Sedangkan untuk kabel data, bisa dilihat dari namanya juga bahwa kabel data ini berfungsi untuk mentransfer data. Kamu bisa mentransfer data dari flashdisk atau USB ke Hp atau PC, begitu juga sebaliknya.

Biasanya kabel data ini bisa kamu dapatkan saat membeli Hp. Jadi antara Hp dan kabel data tidak bisa dipisahkan.

Untuk kabel data, bisa juga digunakan untuk sambungan kabel charge dan bisa untuk transfer data.

Dari pembahasan diatas, bisa dibilang bahwa USB dengan kabel data adalah perangkat yang sama. Jadi kamu bisa menggunakan kabel data atau USB untuk menghubungkan Hp ke laptop. Bagaimana caranya? Yuk langsung aja saya jelaskan tentang cara menghubungkan Hp ke Laptop berikut!

Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop
Menghubungkan HP ke Laptop

Ada banyak cara untuk dapat menghubungkan HP ke Laptop baik menggunakan windows maupun macOS. Berikut kami berikan beberapa metode pilihan terbaik yang bisa dicoba praktekkan.

Terkait:  Cara Membersihkan Layar Laptop (7 Langkah) Benar dan Efektif

Untuk menghubungkan HP ke laptop biasanya tidak membutuhkan waktu banyak. Meski begitu, siapa saja boleh menggunakan software bawaan notebook maupun aplikasi unduhan yang dipasang lewat HP maupun laptopnya masing-masing.

Kamu bisa mengikuti dan menyimak pembahasan selanjutnya supaya tahu apa saja yang dapat dilakukan agar kedua perangkat canggih tersebut mampu terhubung dan membaca semua datanya seperti berikut :

Menghubungkan HP ke Laptop Windows

Pertama, terkhusus bagi pengguna laptop windows kamu bisa menghubungkan HP android yang kamu miliki ke Laptop dengan beberapa cara berikut:

1. Menggunakan Kabel Data USB

Yang paling utama dan termudah yakni kamu hanya membutuhkan sebuah kabel data USB untuk langsung terhubung ke laptop dan membuka dan transfer semua file. Caranya, tertuang dalam langkah-langkah berikut.

  • Langkah awal, tentunya kamu harus mempersiapkan kabel data USB terlebih dahulu beserta laptop dengan keadaan standby atau hidup dan siap digunakan.
  • Lanjut, colokkan (masukkan) ujung sisi dengan ukuran agar besar ke dalam lubang USB di laptop kamu.
  • Sementara itu tancapkan sisi lain kabel data USB ke lubang ponsel android kamu.
  • Kamu harus membuka kunci layar ponselmu agar semua file di ponsel androidmu dapat ditampilkan ke laptop secara otomatis.
  • Jika tidak muncul secara otomatis, kamu harus melakukan setting manual. Caranya, geser kebawah panel notifikasi lalu pilih pengisian daya. Lalu pilih …

2. Menggunakan Bluetooth

  • Tekan tombol Show Hidden Icons di bagian bawah kanan dari laptop kamu.
  • Pilih menu Bluetooth Devices.
  • Tekan opsi Add a Bluetooth Device.
  • Aktifkan Bluetooth dari HP kamu. Cari nama perangkat yang terhubung sesuai nama Bluetooth laptopnya.
  • Pada notebook biasanya muncul pemberitahuan seperti Add a Device.
  • Tekan OK dari HP kamu.
Terkait:  Cara Cepat Belajar Mobil

3. Menggunakan Tethering

  • Sambungkan HP ke laptop atau notebook dengan kabel USB.
  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP kamu.
  • Pilih sub menu Wireless and Networks.
  • Tekan tombol Tethering.

4. Menggunakan Software Vysor

  • Masuk ke web browser (Opera Mini, Google Chrome, dll) dari laptop kamu.
  • Pasang Extension Vysor dari aplikasi Screen Mirroring Vysor yang dipasang dari ponsel.
  • Jalankan aplikasinya lewat HP dan laptop pada waktu yang sama.
  • Sambungkan HP ke laptop dengan kabel USB.
  • Apabila sudah terhubung, maka aplikasinya bisa mendeteksi layar ponsel dari laptop.

5. Menggunakan BBQScreen Remote

  • Unduh aplikasi BBQScreen Remote dari HP atau laptop.
  • Masukkan IP configuration laptop dengan menekan ipconfig-a pada Command Prompt saat kedua perangkat tersambung.
  • Buka aplikasinya dari HP dan tekan tombol On.
  • Periksa sambungan kedua perangkat saat pairing tengah berjalan.

6. Menggunakan Screen Mirror

  • Unduh aplikasi Screen Mirror.
  • Buka layanan Tethering dari HP kamu.
  • Sambungkan langsung dengan laptop via WiFi Tethering.
  • Kunjungi website Screen Mirror dari laptop.
  • Scan QR Code yang muncul dari websitenya dengan aplikasi Screen Mirror dari HP kalian.
  • Tunggu beberapa saat sampai loading berakhir.

Apakah Prosedur Ini Aman dan Terpercaya?

Kalian harus tahu bahwa cara menghubungkan HP ke laptop yang kami bahas memakai beberapa aplikasi resmi. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dan semua data yang tersimpan pada laptop sudah terjamin aman, serta terbaca secara keseluruhan.

Related posts

Leave a Reply