Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth
Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Bagaimana sih cara mengirim SHAREit lewat bluetooth yang benar? Smartphone android yang kita punya memang memiliki kapasitas yang berbeda-beda, tergantung jenis dan tipenya.

Tapi sebagian besar dari Hp android memiliki memori penyimpanan yang sanggup menampung file dalam jumlah banyak. File yang biasanya selalu ada di android, yaitu seperti file berupa foto, video, atau musik.

Sebelum membahas tentang cara mengirim shareit lewat bluetooth, simak penjelasan di bawah ini dulu ya. Saat kita ingin mendengarkan musik, biasanya kita bisa memindahkan file lagu kedalam android.

Apalagi dijaman berkembangnya elektronik ini, untuk mendengarkan lagu juga ada aplikasi streaming khusus musik tanpa mengunduh lagu.

Terkadang untuk menonton film atau drama korea, biasanya kita mengunduhnya dulu dan disimpan di android agar bisa ditonton kapanpun dan dimanapun. Jika kita mengirim file dari komputer ke Hp android, biasanya kita menggunakan kabel data. Sedangkan untuk mengirim file ke sesama Hp kita bisa menggunakan bluetooth.

Kekurangan Bluetooth dalam Pengiriman File

Meskipun begitu, bluetooth memiliki kekurangan untuk mengirim file. Misalnya dalam hal jaraknya, bluetooth memiliki jarak jangkauan yang tidak terlalu jauh. Yaitu hanya mampu mencakup jarak sekitar 10 meter saja. Selain itu, bluetooth juga memiliki kecepatan mengirim yang cenderung lambat. Untuk mengirim sebuah lagu yang hanya sebesar 5 MB saja harus memakan waktu satu menit.

Karena itulah, bluetooth semakin kesini semakin jarang digunakan. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengirim file lewat jaringan wifi. Namun untuk mengirim file menggunakan wifi di android, kamu juga membutuhkan sebuah bantuan aplikasi. Aplikasi tersebut biasa dinamakan dengan Shareit. Aplikasi ini sempat populer untuk mengirim berbagai file ke sesama android.

Terkait:  Cara Bagi Link Grup WhatsApp Terbaru 2023 yang Benar dan Tepat!

Karena kinerjanya dalam mengirim file lebih cepat dibandingkan dengan bluetooth, maka kini shareit menjadi aplikasi yang telah digunakan oleh lima ratus juta pengguna dengan review yang sangat baik. Namun sebelum kamu mengetahui cara mengirim shareit lewat bluetooth, saya akan jelaskan sedikit tentang cara kerja shareit.

Cara Kerja Shareit

Sama seperti bluetooth saat hendak mengirim file, Hp yang akan dituju juga harus sama-sama mengaktifkan bluetoothnya. Begitu juga dengan shareit, ini merupakan salah satu hal yang harus kamu ingat. Bahwa shareit hanya bisa digunakan jika kedua pihak ponsel sama-sama memiliki aplikasi shareit.

Jika temanmu tidak memiliki aplikasi shareit, maka otomastis perangkat ponsel milik temanmu tidak akan ditemukan oleh shareit milikmu dan pengiriman juga tidak dapat berlangsung. Entah kamu menunggu sampai tahun depan pun, jika temanmu tidak memiliki aplikasi shareit ya tidak akan bisa melakukan pengiriman file. Jadi sebelum mengirim file dengan shareit, pastikan temanmu juga sudah memiliki shareit di ponselnya, ya!

Lebih disarankan lagi, dari pada harus menguras kuota untuk mengunduh shareit lewat Play Store, kamu bisa loh mengirim shareit lewat bluetoothmu. Gimana caranya sih? Yuk langsung kita bahas tentang cara mengirim shareit lewat bluetooth, disimak baik-baik dengan cermat, ya!

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth
Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth

Bluetooth adalah fitur berbagi yang pasti ada dalam semua gadget. Seiring berjalan waktu bahwa layanan ini jarang digunakan lantaran sudah hadir aplikasi berbagi yang mudah dan praktis, yakni SHAREit.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa Axis ke Telkomsel Update Desember 2023

Namun, siapapun yang belum punya aplikasinya justru bisa dapat dengan mudah melalui Bluetooth. Cara kirimnya juga sama seperti mengirimkan file apapun seperti biasa. Beberapa hal yang sudah kami rangkum untuk kalian perhatikan antara lain :

1. Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth via Aplikasi Langsung

  • Unduh aplikasi SHAREit via Google Play Store.
  • Tekan Install.
  • Apabila sudah terpasang, pilih menu Undang atau Invite di pojok kanan atas.
  • Pilih Bluetooth untuk mengirimkannya dan pastikan sudah aktif.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses scanning berlangsung untuk membaca Bluetooth dari ponsel penerima.
  • Tekan OK.
  • Aplikasi SHAREit akan terkirim kepada HP penerima secara otomatis.

2. Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth via Aplikasi Ketiga

  • Unduh aplikasi APK Extractor via Google Play Store.
  • Tekan Install.
  • Buka aplikasinya dan tunggu sampai semua file terbaca.
  • Tekan kotak pencarian dan masukkan kata kunci SHAREit.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasinya ditemukan.
  • Hasil Extract bakal tersimpan pada penyimpanan ponsel bernama Extracted APK.
  • Aplikasi SHAREit bisa ditemukan di dalam folder tersebut dan bisa dikirim via Bluetooth.

3. Cara Mengirim SHAREit Lewat Bluetooth dan Hotspot

  • Aktifkan Hotspot dan Bluetooth terlebih dahulu.
  • Apabila kamu adalah penerima, aktifkan Wi-Fi untuk dihubungkan ke Hotspot pengirim.
  • Unduh aplikasi SHAREit via Google Play Store.
  • Tekan Install.
  • Buka aplikasinya dan pilih menu Undang atau Invite di pojok kanan atas.
  • Pilih Hotspot.
  • Untuk penerima data bisa menulis alamat URL seperti beberapa angka yang muncul pada SHAREit pengirim.
  • Tulis pada aplikasi web browser pada HP kalian.
  • Aplikasi web browser secara otomaris bakal mengunduh SHAREit dan tidak dikenakan kuota data sama sekali.

Apakah Bluetooth dan SHAREit Punya Kualitas yang Sama?

Seperti kalian tahu bahwa SHAREit dan Bluetooth adalah layanan sistem kirim dan terima data yang banyak dipakai pengguna gadget, terutama android. Hal ini dikarenakan keduanya punya keterkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Meski begitu, Bluetooth masih dianggap punya peran lebih besar daripada SHAREit.

Terkait:  Biaya Kirim Paket J&T

Hal ini dikarenakan SHAREit tidak akan berfungsi optimal bila Bluetooth dari HP pengirim maupun penerima tidak diaktifkan. Selain itu, Bluetooth juga sudah terpasang pada semua smartphone dan bisa digunakan dengan bebas. Kondisi ini berbeda dengan SHAREit yang perlu diunduh via Google Play Store terlebih dahulu dengan jumlah memori dan kapasitas ruang yang terbilang standar.

Related posts

Leave a Reply