Home » Instagram » Cara Menonaktifkan Akun IG

Cara Menonaktifkan Akun IG

Sebelum membahas tentang cara menonaktifkan akun IG, siapa di sini yang belum tahu aplikasi Instagram? Jika ada, maka akan dijelaskan dulu ya. Jadi, Instagram merupakan salah satu media sosial untuk berbagi foto dan video. Semakin canggihnya smartphone, semakin banyak pula pengguna instagram.

Instagram saat ini sudah menjelma menjadi salah satu media sosial yang disukai masyarakat. Mulai dari anak-anak sampai orang tua hampir semua mempunyai akun instagram. Instagram memiliki fitur-fitur menarik seperti IGTV, Story Instagram, filter kamera dan lain sebagainya.

Pengenalan Aplikasi Instagram

Saat kamu hendak mengupload foto atau video, pada kamera Instagram memiliki berbagai macam filter yang sangat menarik. Selain itu, kamu juga bisa membuat caption yang menarik di fotomu, kamu juga bisa melakukan tag atau menandai pengguna lain di instagrammu.

Berbicara tentang akun instagram, kamu juga bisa kok menonaktifkan akun instagrammu. Mungkin karena ada beberapa hal yang mengharuskan kamu menonaktifkan akun IG mu. Tapi, apakah kamu tahu cara menonaktifkan akun IG? Stay terus ya di pembahasan kali ini.

Perbedaan dari Menghapus dan Menonaktifkan Instagram

Lalu, antara menonaktifkan dan menghapus Instagram apakah beda? Ya, jelas itu berbeda. Jika kamu memonaktifkan akun Instagrammu, maka itu bersifat sementara dan bisa kamu gunakan lagi. Tapi jika kamu memilih untuk menghapus Instagrammu, hal tersebut bersifat permanen. Kedua hal tersebut merupakan perbedaan yang sangat jelas.

Pihak Instagram tidak ada batasan sampai kapan kamu boleh menonaktifkan akunmu. Kamu boleh menonaktifkannya sampai kapan saja tanpa rasa khawatir. Informasi-informasi tentang kamu tetap ada disana sampai kamu membukanya kembali. Lalu bagaimana dengan pengikut instagrammu? Apakah mereka juga hilang?

Jelas tidak, pengikutmu tidak akan bisa berhenti mengikutimu karena akun instagrammu tidak akan ditemukan oleh mereka selama kamu menonaktifkannya. Kamu jga tidak bisa mengikuti atau berhenti mengikuti pengguna lain saat kamu sedang masa menonaktifkan instagrammu.

Kamu juga tidak bisa menikmati fitur-fitur instagram seperti membalas pesan Instagram dengan pengguna lain. Meskipun begitu, semua akan pulih seperti semula saat kamu sudah mengaktifkan akunmu kembali. Begitu bagusnya Instagram kenapa masih ada saja penggunanya yang berniat untuk menonaktifkan akunnya?

Mungkin karena ada beberapa alasan seperti ingin melakukan detoksifikasi digital besar, atau ingin lebih melindungi privasi dari media sosial atau mereka juga ingin beristirahat sebentar dari instagram dan media sosial lainnya. Bahkan tidak semua artis juga memiliki akun instagram.

Ada beberapa aktor Korea yang memang sengaja tidak menggunakan Instagram entah karena mereka ingin lebih melindungi privasi atau karena mereka tidak terlalu mahir dengan digital.

Para artis juga terkadang merasa tidak nyaman saat mereka dihujat oleh para netizen, sehingga mereka sampai menonaktifkan akun instagramnya. Lalu, bagaimana sih cara menonaktifkan akun IG? Yuk langsung saja kita bahas bersama di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Akun IG

Cara Menonaktifkan Akun IG

Menonaktifkan Akun IG

Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang dipakai banyak orang. Hal ini dikarenakan siapa saja bebas mengakses bahkan menonaktifkannya sesuai keinginan para penggunanya.

Apabila kamu ingin mematikan akunnya secara permanen maupun sementara, maka kalian bisa mengikuti pembahasan ini hingga akhir.

Kami akan membantu kalian untuk menonaktifkan akun Instagram sementara atau permanen yang bisa dilakukan seperti berikut :

1. Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara via Web Browser

  • Gunakan aplikasi web browser yang terpasang pada HP kamu.
  • Kunjungi website resmi Instagram via https://www.instagram.com/.
  • Tekan tombol Deactivate Instagram Account.
  • Untuk menikmati layanannya, maka kamu bisa masuk ke dalam akun Instagram terlebih dahulu.
  • Apabila kamu sudah masuk, maka kalian bakal diarahkan langsung ke halaman khusus untuk menonaktifkan akun Instagram.
  • Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapat peringatan berupa pesan pendek yang menjelaskan soal apa saja untuk dimatikan dari akunnya.
  • Tekan tombol Why are you disabling your account? yang menampilkan 10 pilihan berbeda.
  • Apabila telah selesai, maka masukkan ulang password kalian.
  • Tekan tombol Temporarily Disabled Account.
  • Kalian bakal diarahkan lagi ke halaman masuk akun Instagram dan tunggu hingga akunnya dinonaktifkan.

2. Cara Menonaktifkan Akun IG Permanen Lewat Web Browser

  • Login pada akun Instagram kalian yang ingin dihapus secara permanen.
  • Cari menu Delete Instagram Account.
  • Pilihlah salah satu pertanyaan dari opsi Why are you deleting your account? seperti khawatir sistem keamanan lemah maupun privasi akunmu terancam.
  • Baca lagi konsekuensi yang bakal terjadi bila akun kalian dihapus permanen oleh pihak Instagram.
  • Apabila alasannya sudah ditentukan, maka kamu bisa memasukkan ulang password akunnya dan tekan tombol Permanently Delete My Account.
  • Kalian bakal diarahkan lagi ke halaman login Instagram.

3. Cara Menonaktifkan Akun IG via Aplikasi Resmi

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Apabila kamu sudah masuk ke dalam akun, maka tekan profilmu yang menampilkan foto profil di pojok kanan bawah.
  • Tekan tombol Option atau Pilihan pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting yang berada di barisan terbawah.
  • Tekan tombol Help, serta Help Center.
  • Kalian bakal diarahkan ke halaman Instagram.com dan pilih opsi Mengelola Akun Anda.
  • Tekan menu Hapus Akun Anda pada halaman selanjutnya.
  • Tentukan pertanyaan yang ingin diajukan, ikuti langkah yang disediakan.

Apakah Semua Foto dan Video Tersedia Setelah Akun IG Dinonaktifkan?

Secara umum bahwa siapa saja yang menghapus akun Instagram sementara tidak perlu khawatir terhadap foto dan video unggahannya. Pasalnya, semuanya tetap tersimpan dan bisa dilihat setelah akunnya diaktifkan lagi. Kondisi ini berbeda dengan kalian yang menonaktifkan akun Instagram secara permanen karena semua unggahan bakal terhapus, sedangkan followers pun bakal hilang keseluruhan.