Home » Mendapatkan » Cara Perpanjang Paspor Online

Cara Perpanjang Paspor Online

Bagaimana cara perpanjang paspor online? Ya, jika Kalian sudah memiliki paspor untuk dokumen bepergian ke mancanegara atau luar negeri, tentu saja Kalian masih mempunyai kewajiban lain untuk menambah masa aktif paspor yang telah berakhir.

Dengan begitu, Kalian dapat memakai paspor tersebut kembali saat harus berlibur atau bepergian ke luarĀ  negeri. Namun kini untuk perpanjangan paspor sendiri Kalian bisa melakukannya secara online.

Paspor adalah dokumen terpenting sebagai persyaratan yang wajib dibawa saat perjalanan ke luar negara, sama seperti ketika berangkat haji dan umroh. Biasanya masa berlaku untuk paspor WNI paling maksimal selama 5 tahun.

Ketentuan Perpanjangan Paspor Online

Ada beberapa ketentuan untuk perpanjangan paspor online, diantaranya :

  • Untuk perpanjangan paspor online, kalian harus tetap mengambil nomor antrian online langsung di WhatsApp Gateway Service atau aplikasi paspor online.
  • WhatsApp Gateway Service sendiri tidak menerima kerusakan atau kehilangan paspor. Jadi Kalian harus memakai nomor antrian dalam aplikasi paspor online.
  • Untuk mengurus perpanjangan paspor tersebut sebenarnya sama seperti pembuatan paspor yang baru, hanya ada perbedaan pada persyaratannya saja.

Untuk persyaratan perpanjangan paspor online, Kalian harus membawa serta e-KTP, Kartu Keluarga, Ijazah atau Akta Kelahiran dan Surat nikah.

Selanjutnya fotokopi semua persyaratan di atas memakai kertas A4 tidak terkecuali untuk e-KTP. Selain itu, bawa paspor lama dan fotokopiannya.

Cara Perpanjang Paspor Online

Cara Perpanjang Paspor Online

Perpanjang Paspor Online

Untuk cara perpanjangan paspor secara online sendiri hampir sama dengan cara daftar paspor online, berikut tahapan-tahapan yang harus Kalian lalui :

1. Masuk ke Situs Resmi Imigrasi

Pertama-tama langsung masuk ke situs web resmi imigrasi, di antrian.imigrasi.go.id

2. Isi Formulir

Kemudian isi formulir yang telah disediakan. Kalian bisa memasuki laman layaran paspor online kemudian pilih menu pra permohonan personal.

Selanjutnya isi data-data yang diperlukan dengan benar. Kemudian isi nomor paspor yang lamamu, selanjutnya pilih saja kantor imigrasi terdekat sesuai domisili. Setelah itu klik lanjut.

3. Lakukan Pembayaran

Melakukan verifikasi lalu lakukan pembayaran. Melakukan pembayaran serta konfirmasi permohonan dan melalui ATM, setelah itu lakukan pembayaran caranya dengan menginputkan kode pembayaran Kalian.

Selain menggunakan ATM, kalian juga bisa memanfaatkan layanan Internet Banking, Mobile Banking, ataupun SMS Banking untuk melakukan pembayaran, namun pastikan kalian sudah mengerti cara-cara nya ya.

Setelah itu, lakukan verifikasi setelah pembayaran dengan memasuki situs resmi imigrasi.

4. Pilih Jadwal untuk Mendatangi Kantor Imigrasi

Kalian bisa memilihkan waktu dan jadwal yang tepat mendatangi kantor imigrasi, kemudian Kalian akan langsung menerima tanda bukti penerimaan pra permohonan. Lalu cetak bukti tersebut agar dibawa langsung ke kantor imigrasi.

5. Mendatagi Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Bawalah persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, termasuk tanda bukti pembayaran yang sudah dicetak. Kalian harus tetap mengantri untu melakukan verifikasi berkas, pengambilan biometrik, wawancara, beserta foto diri.

Biasanya pengambilan paspor lama yang sudah diperpanjang, sama seperti pengambilan paspor yang baru yaitu selama 3-4 harian.

Cara Perpanjang Paspor Online yang Sudah Lama Mati

Bagaimana perpanjangan paspor yang telah lama mati? Sebenarnya paspor yang sudah lama mati dapat perpanjang lagi tanpa perlu membuat paspor baru. Persyaratan memperpanjang paspor mati sama seperti paspor yang masa berlakunya baru habis.

Adapun persyaratan untuk memperpanjang paspor yang sudah lama mati ialah dengan menyertakan fotokopi e-KTP, akte nikah, fotokopi KK, paspor lama, materai 6000 dan buku nikah.

Dokumen persyaratan di atas harus dibawa bersama dokumen aslinya. Sebab ketidaklengkapan dokumen justru dapat menghambat perpanjangan paspor, maka untuk memperoleh paspor dengan cepat Kalian harus mengikuti semua persyaratan dan ketentuan cara perpanjang paspor online dengan benar seperti di atas!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *