Home » Aktivasi » Cara Registrasi Kartu Smartfren GSM

Cara Registrasi Kartu Smartfren GSM

Bagaimana cara registrasi kartu Smartfren GSM? PT. Smartfren Telecom sebagai salah satu jasa layanan operator seluler yang mengusung teknologi 4G LTE, mengajak pengguna kartu pra-bayar yang baru untuk meregistrasikan kartunya terlebih dahulu sesuai aturan yang sudah berlaku.

Hal ini juga sebagai upaya untuk ikut serta mendukung program pemerintah, terutama lewat Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) RI.

Apabila Kalian tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang ditentukan, tentu saja pihak pemerintah akan otomatis menonaktifkan kartu kalian.

Sama seperti cara Registrasi Kartu Tri baru, ataupun Registrasi Kartu Indosat baru, yang mana proses registrasi bisa dilakukan menggunakan SMS lewat situs resmi, hingga bantuan operator yang ada di galeri provider.

Cara Registrasi Kartu Smartfren GSM

Cara Registrasi Kartu Smartfren GSM

Registrasi Kartu Smartfren GSM

Berdasarkan peraturan Menkominfo No.12 Tahun 2016 yang mewajibkan pengguna operator seluler untuk mendaftarkan kartu prabayarnya melalui nomor KK (Kartu Keluarga dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Dimana baik nomor KK maupun Nomor KTP sendiri terdiri dari 16 digit. NIK biasanya selalu tercatat dalam Kartu Keluarga ataupun e-KTP. Berikut ulasan cara pendaftaran kartu Smartfren GSM, diantaranya :

1. Registrasi Kartu Smartfren GSM Lewat SMS

Kamu bisa melakukan registrasi kartu ke 4444 dengan metode SMS, caranya sebenarnya cukup mudah, Kalian cukup memasukkan nomor KK dan NIK. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi SMS atau Message di ponsel Kalian.
  • Lalu ketikkan SMS melalui format ketik : NIK#NomorKK# lalu kirimkan ke nomor 4444.
  • Lalu tunggu sampai beberapa saat, Kalian pun akan mendapatkan pesan balasan dari nomor 4444 berisi tentang konfirmasi registrasi.

Sebagai catatan, apabila SMS Kalian dikonfirmasikan tidak valid, Kalian harus mengecek format SMS pendaftaran baru tersebut beserta data nomor KK dan NIK yang diisikan. Jadi pastikan semuanya sudah benar, selanjutnya lakukan SMS pendaftaran baru kembali.

Namun jika format SMS beserta data nomor KK dan NIK yang diisikan tersebut sudah benar tapi masih tetap tidak valid. Lalu sesudah dilakukan sebanyak 5 kali tapi SMS validasi masih gagal seperti saat Registrasi kartu XL yang gagal, maka Kalian tetap bisa melanjutkan proses aktivasi sesuai petunjuk dan format yang dikirimkan lewat SMS.

2. Registrasi Kartu Smartfren GSM Lewat Website

Cara registrasi kartu Smartfren GSM lainnya bisa dengan menggunakan situs resmi Smartfren itu sendiri. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama Kalian bisa buka situs resmi Smartfren, di link : https://my.smarfren.com/prepaid_reg.php
  • Sesudah membuka situs tersebut, isi nomor operator Smartfren Kalian beserta NIK, lalu unggah foto e-KTP.
  • Lalu pilih opsi “Verifikasi” yang akan Kalian gunakan. Ada 3 pilihan jenis verifikasi, diantaranya Kode Aktivasi, SMS dan PUK. Di sini kita bisa pilih Verifikasi SMS, Apabila Kalian memilih verifikasi menggunakan SMS maka muncul tampilan Pop Up konfirmasi, lalu tab Yes.
  • Jika sudah, Kalian akan menerima pesan dari nomor 4444 berisi tentang kode verifikasi. Selanjutnya ketikkan segera kode verifikasi yang Kalian dapatkan.
  • Lalu ketikkan nomor Kartu Keluarga, nomor Hp lainnya, dan alamat email.
  • Setelah itu, tab di centang setuju tepatnya pada ketentuan dan persyaratan lalu “Lanjut”.
  • Selesai, kini nomor kartu Smartfren GSM Kalian sudah sukses diregistrasi.

3. Registrasi Kartu Smartfren GSM Lewat Gerai Smartfren

Cara registrasi Smartfren GSM termasuk cara yang mudah tanpa harus membuka web resmi Smartfren atau SMS, namun Kalian harus langsung mendatangi gerai Smartfren dengan membawa serta kartu Smartfren Kalian yang akan didaftarkan. Selain itu, bawa semua persayratan seperti KTP dan KK. Caranya sebagai berikut :

  • Datang ke gerai Smartfren terdekat dari lokasi rumah Kalian.
  • Bawa KTP dan KK.
  • Jika sudah, minta admin di gerai Smartfren untuk mendaftarkan nomor Smartfren Kalian.
  • Lalu tunggu sampai proses pendaftaran selesai.
  • Selanjutnya kartu GSM Smartfren Kalian pun sudah bisa digunakan.

Demikianlah ulasan 3 cara registrasi kartu Smartfren GSM yang bisa Kalian coba. Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu yang belum mengerti panduannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *