Home » Printer » Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Ingin tahu, bagaimana cara reset printer Epson L120? Namun sebelumnya, mari kita bahas penyebab error pada printer Epson L120 terlebih dahulu. Salah satu masalah yang biasanya terjadi pada printer Epson ialah lampu indiator yang berkedip atau blinking.

Hal ini tentu sudah tak asing lagi bagi pengguna printer Epson. Indikator berkedip yang terjadi pada printer merupakan kode atau pesan untuk memberitahukan kepada para pengguna atau user printer jika printer tersebut mengalami error atau masalah.

Sebelum Kalian memperbaiki error yang terjadi pada printer ini, terutama printer Epson L120, maka Kalian harus mengeteahui penyebab error printer Epson Kalian terlebih dahulu.

Error yang terjadi pada Epson sendiri biasanya terdiri dari berbagai macam jenis, yaitu error karena tinta habis, error harus di reset serta, general atau fatal error.

Dimana ketiga macam error di atas dapat dibedakan berdasarkan pesan yang ada dalam lampu indikator.

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Reset Printer Epson L120

Reset Epson L120 digolongkan ke dalam 2 jenis, diantaranya reset manual serta reset memakai program resetter. Untuk reset secara manual biasanya dapat dipakai saat printer Kalian mengalami error akibat tintanya habis.

Sementara untuk reset menggunakan reseter digunakan saat printer Epson L120 Kalian mengalami terjadinya blinking pada lampu indikator kertas dan tinta secara bergantian.

Dari kedua cara diatas, mungkin melakukan reset adalah hal yang paling benar. Sama seperti ketika lupa pola hp samsung, lupa pola hp Oppo, atau bahkan lupa pola hp vivo. Namun, untuk reset yang digunakan dalam printer ini jelas berbeda. Adapun caranya adalah

Reset Printer Epson L120 Secara Manual

Untuk melakukan reset akibat ink level sebenarnya caranya sangat gampang, Kalian bisa me-resetnya secara manual. Keadaan tersebut umumnya ditandai oleh nyalanya lampu indikator pada tinta dan printer tak dapat melakukan proses pencetakan. Adapun cara mengatasinya ialah sebagai berikut :

  • Nyalakan printer
  • Lalu tekan Resume selama 5-10 detik lalu lepaskan.
  • Sesudah tombol dilepas di tahap 2 umumnya indikator pada tinta printer yang menyala langsung hilang, selanjutnya printer pun siap dipakai.
  • Selanjutnya sesudah tahap 2 jika lampu indikator pada tinta tetap menyala, sebaiknya coba tekan kembali selama lima detik lalu lepas, dan tekan lagi selama 3 detik. Kemudian lepaskan sesudah itu tekan kembali 1 detik. Adapun interval dari satu tekanan ke tekanan selanjutnya hasu cepat.
  • Sesudah tahap ini printer biasanya sudah dapat digunakan lagi.

Reset Printer Epson L120 Menggunakan Software

Jika terjadinya blinking akibat waste ink pad telah mencapai maksimal, maka penyelesaiannya ialah dengan memakai bantuan dari tools adjusment khusus sesuai model printernya, yaitu resetter Epson L120.

Untuk kondisi seperti ini, umumnya akan muncul indikator lampu kertas dan tinta menyala secara bergantian dari printer dinyalakan pertama kali.

Di samping itu, umumnya muncul pesan di perangkat PC yang terkoneksi ke dalam printer, seperti service required.

Adapun cara reset printer Epson L120, dengan mengikuti beberapa poin di bawah ini :

  • Pertama-tama download Adjustment programnya terlebih dahulu disini.
  • Jika sudah diunduh, Kalian bisa langsung mengekstraknya.
  • Lalu klik 2 kali pada AdjProg_L120.exe, selanjutnya akan terlihat programnya dan pilih saja opsi Particular Adjusment mode.
  • Selanjutnya akan muncul opsi berikutnya. Sebab di sini, Kalian hanya akan melakukan reset saja, sehingga Kalian bisa langsung pilih waste ink pad counter.
  • Di dalam opsi waste ink pad counter, biasanya akan terdapat 2 pilihan, yakni check dan initialized. Adapun pilihan cek ialah untuk melakukan pengecekan nilai counter waste ink pad-nya. Sementara pilihan initialize ialah melakukan reset nilai waste ink pad counter sampai ke nol.
  • Sebelum Kalian memilih menu check atau initialize, centang terlebih dahulu main pad counter-nya.
  • Jika tersedia pesan pop up Kalian bisa klik OK. Lalu matikan printer-nya.
  • Lalu hidupkan lagi printer dan Kalian bisa pastikan kondisi blinking apakah masih ada atau sudah hilang.
  • Apabila blinking-nya akibat blinking pada waste ink full dengan lampu indikator kertas dan tinda berkedip dengan bergantian, sehingga pada cara ini seharusnya perangkat printer Kalian normal kembali.

Itulah tutorial cara reset printer Epson L120 yang bisa dicoba sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya lur.