Home » Google » Cara Share Link Google Drive

Cara Share Link Google Drive

Bagaimana cara share link Google Drive? Ya, mungkin kita sering kali mengirim file lewat bluetooh ataupun menggunakan ShareIt, agar penerima bisa mendapatkan file yang bisa dikatakan cukup penting, namun tidak ada salahnya Kalian juga memakai Google Drive untuk membagikan data-data yang diperlukan.

Jika Kalian seorang mahasiswa di salah satu Kampus atau karyawan tentu ada saja keperluan mengelola file lalu membagikannya ke orang lain.

Google Drive sama seperti Dropbox yang berguna untuk menampung file secara online kemudian bisa dibagikan secara private atau publik. Hanya perbedaannya, Dropbox tidak bisa digunakan untuk membackup chat whatsapp.

Namun kebanyakan orang lebih memilih Google Drive karena menyediakan kapasitas ruang yang cukup besar, sebesar 15 Gigabyte.

Namun kali ini Kami hanya akan membagikan cara share link Google Drive baik secara privat maupun publik.

Cara Share Link Google Drive

Cara Share Link Google Drive

Share Link Google Drive

Di sini Kami akan fokus membagikan cara share link private di Google Drive beserta cara share link publik. Adapun perbedaannya ialah private yang memerlukan email orang atau teman yang dimaksudkan.

Jadi ketika Kalian membagikan link ke orang tersebut dapat di setting apakah hanya dapat melihat file atau datanya saja, ataukah dapat sekaligus mengelola GDrive.

Sementara Publik sendiri adalah link file pada google drive Kalian akan dapat dilihat secara massal oleh orang, asalkan orang atau publik tahu link-nya.

1. Share Link Google Drive dengan File Private

Dalam tahapan ini penting sekali, sebab melibatkan orang atau pengguna secara internal yang memang tak akan dapat diakses orang lain.

Share link dengan cara private ini umumnya akan dipakai untuk saling berbagi atau bertukar mengelola data-data penting untuk urusan pekerjaan, ataupun untuk melihat cadangan Chat Whatsapp di Google Drive milik sendiri. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama buka GDrive Kalian atau buka di https://www.google.com/drive/ atau bisa juga lewat drive.google.com sebenarnya sama saja.
  • Sesudah dashboard Google Drive terbuka, Kalian cukup memilih folder atau file sebab dasarnya berbeda namun sama saja. File/Folder lalu klik kanan dan bagikan.
  • Dalam kolom tersebut, Kalian dapat membagikan link folder/file menggunakan alamat gmail pengguna yang bersangkutan, dan apa peranan orang tersebut.
  • Jadi, menambahkan email tersebut tanpa batasan. Kalian bisa mengatur orang yang dibagikan link apakah menjadi Hanya Dapat Melihat atau Editor dari file tersebut. Jika sudah, cukup pilih “Kirim”. Selanjutnya, akan muncul notifikasi di ujung kiri bawah.
  • Pastikan Kalian telah mengkonfirmasikan ke pengguna atau teman Kalian.
  • Saat orang tersebut atau alamat gmail tujuan sudah membukanya, ada file atau folder tersebut dapat dilihat private. Adapun untuk membedakannya biasanya ada icon users di bagian atas.

2. Share Link Google Drive dengan File Publik

Kalian akan membagikan link dengan cara publik, cukup dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini :

  • Ini merupaan cara tercepat membagikan link di dalam Google Drive, Kalian dapat memilih opsi “Dapatkan Link yang Dapat Dibagikan”.
  • Selanjutnya otomatis akan aktif, sehingga folder atau file tersebut bisa dilihat orang lain atau publik tanpa perlu login ke akun Gmail terlebih dahulu. Dengan catatan mereka bisa mengetahui link, dapat membuka atau melihat file.
  • Tampilan setelan untuk berbagi, Kalian juga dapat mengatur file dan melihat orang-orang yang memiliki akses untuk melihat link file tersebut.
  • Saat Kalian memilih opsi “Orang tertentu bisa mengakses” ada beberapa opsi hak akses.
  • Silahkan Kalian copy link dan bagikan kepada orang atau teman yang dikehendaki. Link juga dapat dikirim via media sosial, baik itu Twitter, Facebook, WhatsApp, maupun yang lainnya.

Demikian ulasan mengenai cara share link Google Drive yang bisa Kalian coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *