Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Sejak kemunculannya pertama kali di dunia, secara perlahan WhatsApp menyaingi popularitas BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia hingga di dunia. Hal ini dikarenakan selain aksesnya terbilang cukup stabil, ada banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp untuk mempermudah sekaligus meningkatkan kenyamanan penggunanya. Salah satunya ialah Kalian bisa menggunakan cara share lokasi lewat WhatsApp.

Sedangkan di tahun 2019 sendiri, layanan BBM resmi sudah ditutup EMTEK akibat mengalami kerugian. Akan tetapi, pengguna WhatsApp aktif justru kian banyak sampai penggunanya di atas 1 miliar.

Hal ini tentu membuat WhatsApp semakin menarik lebih banyak pengguna. Terlebih lagi WhatsApp sendiri bisa melakukan chat lebih cepat antar penggunanya sekaligus menawarkan berbagai macam fitur menarik, diantaranya fitur Call dan Video Call.

Namun semenjak diakuisisi Facebook, kini WhatsApp tetlah mengalami perkembangan fitur dan teknologi lebih pesat.

Sebab saat ini para penggunanya sudah bisa melakukan share lokasi di aplikasi WhatsApp secara langsung, dan juga menjadi sebuah cara untuk mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp.

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp
Share Lokasi Lewat WhatsApp

Jika Kalian ingin melakukan share lokasi di WhatsApp, bisa mengikuti tutorial di bawah ini :

1. Cara Membagikan Lokasi Secara Live

Langkah-langkah yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama, Kalian bisa buka WhatsApp di perangkat Smartphone.
  • Lalu, Kalian bisa mencari sekaligus melakukan chat bersama pengguna lain.
  • Jika sudah masuk ke obrolan orang yang dituju. Kalian bisa memilih tombol attachment yang berbentuk Paper Clip pada bagian bawah.
  • Langkah berikutnya, akan ditampilkan menu lain. Kalian bisa pilih menu “Location” yang berikon Peta.
  • Setelah itu, Kalian akan diarahkan langsung ke halaman yang ada di WhatsApp.
  • Kalian bisa memilih opsi “Share Live Location” secara langsung.
  • Sesudah dipilih, Kalian bisa memilih durasi waktu untuk menampilkan lokasi di WhatsApp secara Live, seperti 15 menit, 60 menit/1 jam hingga 8 jam lamanya.
  • Lalu pada bagian bawah menu pemilihan durasi tempat/lokasi, Kalian bisa menambahkan komentar sebagai keterangan tambahan.
  • Sesudah komentar diisi dan durasi dipilih, maka Kalian bisa menekan tombol Send berikon panah ke bagian kanan pada lingkaran hijau.
  • Kemudian”Live Location” ini akan disematkan di halaman chat bersama pengguna lainnya.
Terkait:  Cara Mengirim Pesan Kosong di WhatsApp

Sebagai tambahan, ketika pengguna WhatsApp lain memilih opsi Live Location, maka dirinya terlihat bergerak di gambar peta oleh akun atau pengguna WhatsApp lain, dengan demikian Kalian pun bisa mengetahui lokasi seseorang secara langsung.

2. Cara Membagikan Lokasi Secara Statis

Berikut ada beberapa tutorial cara share lokasi lewat WhatsApp secara statis di bawah ini :

  • Sesudah Kalian membuka aplikasi WA dalam perangkat smartphone, Kalian bisa langsung chat dengan para pengguna WA lainnya
  • Jika halaman chat sudah terbuka, Kalian bisa menekan “Attachment” yang berikon Paper Clip pada bagian bawah.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu, Kalian bisa memilih opsi Location yang berlambang peta.
  • Selanjutnya Kalian akan dihadapkan ke dalam halaman bagi lokasi lewat WhatsApp. Selain itu bisa memilih opsi “Send yout current location.”.
  • Kemudian langkah terakhir, akan disematkan lokasi statis di halaman obrolan antara Kalian dengan pengguna WhatsApp lainnya.

Tidak hanya melakukan Send your current location, Kalian sebenarnya juga dapat menambahkan gambar lokasi peta menyesuaikan nama tempat/lokasi yang dituju.

Jika lokasi yang kamu bagikan ternyata salah, kamu bisa menarik pesan whatsapp yang berupa lokasi yang kamu bagikan, dan kemudian mengirim lokasi yang tepat, agar temanmu tidak salah tujuan.

Nantinya, pengguna lain akan menerima notifikasi whatsapp, dan jika lokasi statis tersebut dibuka pengguna lain, selanjutnya secara otomatis langsung diarahkan kepada Google Maps.

Dengan demikian pengguna lain bisa mengetahui arah mulai dari titik lokasi awal sampai lokasi statis Kalian.

Bagaimana, cara share lokasi lewat WhatsApp sangat mudah kan? Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Kalian ya lurs.

Similar Posts