Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

By On Saturday, November 2nd, 2019 Categories : Realme

Kelebihan dan Kekurangan Realme C1 | Realme merupakan salah satu produsen smartphone yang terus berupaya untuk mendapatkan pelanggan setianya karena setiap produk yang di tawarkan tidak luput dari sebuah terobosan-terobosan yang bisa membuat pecinta gadget tidak bisa untuk tidak melirik gadget keluaran dari realme ini.

Sejarah awalnya bahwa realme pertama kali mucul di tiongkok pada tahun 2010 yang kala itu di namakan Oppe real. Hal tersebut sangatlah wajar karena pada waktu itu realme masih sub-brand dari brand Oppo electronics corporation sampai pada tahun 2018 realme benar-benar memisahkan diri dan menjadi brand yang cukup di perhitungkan di dunia gadget.

Ketika kemunculannya di Indonesia, Realme membuka 3 varian yang siap untuk di luncurkan yaitu realme c1, realme 2 dan realme 2 pro dengan ciri khasnya adalah harga yang terjangkau namun sudah di bekali dengan spesifikasi yang tinggi.

Ternyata dengan strategi seperti itu di kuartal II pada tahun 2019 penjualan realme meningkat pesat sampai mencapai 848 % dan di nobatkan sebagai brand pendatang baru yang paling berkembang di dunia.

Bisa di bayangkan, hanya butuh 1 tahun saja untuk bersaing dengan brand lainnya dan masuk ke dalam daftar 10 terbaik merek smartphone glonal.

Review Spesifikasi Realme C1

Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

Berbicara mengenai ponsel keluaran pertama yang di luncurkan di Indonesia yaitu realme c1, kali ini akan di bahas mengenai spesifikasi juga kelebihan dan kekurangannya sehingga kamu bisa mengetahui tentang produk yang satu ini.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Pro

Platform

Chipset yang di sematkan pada realme c1 adalah qualcomm snapdragon 450 dengan RAM yang cukup baik yaitu 2 GB. Selain itu untuk CPU menggunakan octa-core 1.8 GHz cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Untuk penyimpanan yang biasa di gunakan untuk menyimpan data dan untuk kebutuhan instalasi aplikasi, realme c1 sudah memiliki memori internal sebesar 16 GB, namun jika masih membutuhkan memori tambahan maka penggunaan memori eksternal sudah di persiapkan dan bisa menyimpan hingga 256 GB.

System operasi walaupun termasuk ke dalam ponsel low-end, namun untuk performa tidaklah terlalu mengecewakan mengingat system operasi yang di sematkan merupakan yang terbaru yaitu android oreo atau android versi 8.1.

Bodi

Dari segi dmensi untuk ponsel ini yaitu 156,2 x 75,6 x 8,2 mm dengan berat yang cukup ringan hanya 168 gram. Layar tentu saja menjadi faktor unggulan karena layar yang lebar yaitu 6.2 inci dengan teknologi IPS LCD yang memiliki resolusi sebesar 1520 x 720 piksel dan rasionya adalah 19: 9.

Untuk proteksi terhadap layar sudah dilengkapi dengan corning gorilla glass 3. Selain itu untuk kapastas baterai sudah cukup baik karena kapasitasnya yang besar yaitu 4230 mAh. Dari pilihan warna ada dua varian saja yaitu blue navi dan black mirror.

Kamera

Walaupun termasuk ke dalam ponsel low-end, namun jangan salah untuk urusan pengambilan gambar ketika menggunakan kamera karena bagian belakang sudah menggunakan dual kamera yaitu 13 MP dan 2 MP dengan dukungan resolusi video sebesar 1080 piksel. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi sebesar 13 MP, cukup untuk melakukan selfie dan hal lainnya.

Konektivitas

Sudah tidak aneh lagi ketika ponsel jaman sekarang menggunakan dual SIM, karena realme c1 juga bisa menggunakan dual SIM dan kamu tidak perlu bingung untuk beraktivitas karena dengan dual SIM tersebut pekerjaan bisa di bagi dengan baik.

Jaringan untuk melakukan semua aktivitas pun sudah di dukung dengan GSM, HSPA dan LTE. Untuk hal-hal lainnya seperti Bluetooth menggunakan versi 4.2 dan ada teknologi GPS yang siap membantu kamu ketika sedang di butuhkan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme Q

Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

Kelebihan dan Kekurangan Realme C1 yang Harus Diketahui

Setelah mengetahui beberapa spesifikasinya, di bawah ini akan di jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan realme c1.

Kelebihan Realme C1

Untuk kelebihannya, Realme C1 memang sangat unggul dalam beberapa sektor yang bisa diandalkan. Berikut keunggulan Realme C1.

1. Ketahanan Baterai Cukup Kuat

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, tentunya bisa di andalkan terutama ketika akan bepergian ke luar kota dan bagi anak muda tentunya hal ini sangatlah di untungkan apalagi sedang memainkan game yang biasanya bermain game di ponsel akan menguras baterai cukup besar.

Berdasarkan pengamatan dari salah satu pengamat ponsel, ternyata Realme C1 dapat bertahan hingga 36 jam dan juga termasuk di dalamnya beraktivitas bermain game.

2. Performa Baik Di Kelasnya

Realme c1 merupakan ponsel yang sangat terjangkau berada di angka 1 jutaan saja, akan tetapi untuk urusan performa bisa di andalkan mengingat para pesaingnya memiliki performa jauh di bawah realme c1.

3. Kamera Belakang yang Bagus Di Kelasnya

Untuk kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan di tambah 2 MP sangat bagus ketika melihat hasilnya karena fungsi dari kamera yang satunya adalah untuk membuat dept effects dalam menghasilkan foto bokeh.

4. Layar Diproteksi Corning Gorilla Glass 3

Bagi kamu yang tak suka dengan layar smartphone yang mudah tergores, maka tak perlu lagi mengkhawatirkan adanya Realme C1. Karena Realme C1 sudah dilindungi dengan adanya proteksi layar berjenis Corning Gorilla Glass 3 yang mana kemampuannya sudah tidak dapat diragukan lagi.

5. Ruang Penyimpanan Cukup Lega

Kelebihan lain dari Realme C1 adalah adanya memori internal dan eksternal yang sangat lega. Bagaimana tidak? memori internal yang dibawa Realme C1 ini berkapasitas 16 GB. Untuk kebutuhan penyimpanan data pribadimu, akan sangat cukup. Akan tetapi, jika dibanding dengan Realme 2 Pro dan Realme 3 Pro masih kalah keberadaan memori internalnya.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2

Menariknya, bagi kamu yang suka kapasitas besar pun Realme telah memberikan ruang penyimpanan eksternal microSD yang mampu menampung data hingga 256 GB.

Kekurangan Realme C1

Selain banyak akan kelebihan, Realme C1 juga masih meninggalkan beberapa kelemahan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Speaker yang Kurang Baik

Jika di lihat dari segi spesifikasi memang sangatlah baik di kelasnya, namun untuk suara yang di hasilkan terasa kurang baik dan tidak keras seperti pada brand yang lain. Namun hal tersebut masih di bilang wajar dan tetap di terima oleh para pecinta gadget.

2. Tidak Memiliki Sensor Sidik Jari (Fingerprint)

Mungkin hal ini bagi seagian orang tidak terlalu mempedulikannya, namun bagi sebagian orang lain lagi yang membutuhkan privasi lebih justru akan sangat membantu dalam menjaga semua data pada ponsel tersebut. Walaupun begitu, tetap untuk fitur keamanan lainnya yaitu sensor wajah sudah di sematkan pada ponsel realme c1.

3. Kamera Depan Masih Beresolusi Kecil

Jika dibanding dengan ponsel terbaru saat ini, keberadaan kamera depan yang dimiliki Realme C1 tertinggal jauh. Karena Realme C1 masih memakai kamera selfie yang resolusinya hanya 5 MP saja. Tentu saja jika dipakai untuk keperluan selfie dan video akan sangat rendah kualitas gambarnya.

4. Belum Fast Charging

Sungguh disayangkan bahwa Realme C1 dalam ketahanan baterainya belum didukung dengan fitur fast charging. Memang tidak teramat penting, namun bersiaplah untuk menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapati baterai penuh saat pengisian. 😀

5. Masih Pakai USB Biasa, Belum Mendukung NFC

Sungguh teramat disayangkan bahwa Realme C1 masih memakai microUSB 2.0 biasa yang keberadaannya sudah tertinggal dengan adanya USB Type-C yang ada sekarang ini. Pun demikian masih tidak mendukung fitur NFC yang sudah banyak dimiliki ponsel terbaru lainnya. Mungkin, faktor usia menjadi salah satu penyebabnya.

Itulah beberapa kelebihan dan keurangan realme c1, semoga bermanfaat bagi kamu yang mencari tahu tentang profil ponsel ini, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yaitu kelebihan dan kekurangan realme 2. Juga disarankan agar kamu membagikan artikel ini dengan teman-temanmu.

Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Realme C1 | Mita Mellinda | 4.5