Cara Transfer ATM BRI

Cara Transfer ATM BRI

Cara transfer ATM BRI sebenarnya sangat mudah dilakukan, apalagi jika Kalian mengikuti panduan yang akan Kami bagikan di sini.

Apalagi kita bisa menjumpai ATM BRI yang banyak bertebaran, hingga ke pelosok daerah. Sebut saja di pusat-pusat perbelanjaan, minimarket, bandara, stasiun, sampai di jalan-jalan pedesaaan.

Ada sebanyak 23.000 unit gerai mesin ATM di seluruh Indonesia. Hanya saja, ada sebagian pengguna atau nasabah bank BRI bisa memakai mesin ATM BRI.

Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sebenarnya sudah diperkenalkan ke masyarakat Indonesia sendiri dari tahun 1987. Adapun fungsi dari ATM sendiri, biasa digunakan untuk mengecek saldo di ATM, Cek Mutasi BRI, ataupun Mengambil uang lewat ATM. Namun, tidak sedikit orang yang mengetahui cara transfer ATM BRI.

Lalu, Bagaimana Cara Transfer ATM BRI?

Bagi Kalian yang baru kali pertama memakai mesin ATM, bisa saja kebingungan memakai ATM BRI untuk transfer uang. Walaupun kini kebutuhan untuk melakukan transer sendiri sangat tinggi. Nah, jika Kalian penasaran langsung saja ikuti cara transfer ATM BRI berikut ini!

Cara Transfer ATM BRI

Cara Transfer ATM BRI
Transfer via ATM BRI

Cara Transfer di ATM BRI

Langsung saja ikuti tutorial cara transfer di ATM Bank BRI berikut ini :

  • Masukkan kartu ATM Bank BRI, dan pastikan posisinya sudah benar. Jika salah, kartu ATM Kalian tak akan terbaca. Posisikan kartu ATM BRI Kalian sesuai dengan petunjuk yang ada di gambar mesin ATM.
  • Kemudian pilih layanan bahasa Indonesia, lalu “Lanjutkan” atau pilih “BENAR”.
  • Setelah itu, di layar mesin ATM, Kalian bisa masukkan nomor PIN ATM.
  • Selanjutnya, Kalian bisa pilih opsi “Transaksi Lain”.
  • Sesudah itu, di menu “Transaksi Lain” bisa pilih sub menu yang¬† bertuliskan “transfer”.
Terkait:  Cara Transfer ATM BRI ke Sesama dan Bank Lain, Cek Disini!

Cara di atas merupakan cara untuk mentransfer sejumlah uang via ATM BRI umumnya. Dalam praktiknya, Kalian akan memiliki 2 pilihan transfer uang. Yaitu melakukan transfer uang ke sesama pengguna BRI, dan transfer ke bank lain.

Transfer ke Sesama Bank BRI

Kalian bisa ikuti langkah-langkah di atas pada poin pertama, untuk melakukan transfer uang ke sesama nasabah bank BRI, maka Kalian bisa lanjutkan dengan panduan berikut ini :

  • Selanjutnya pilih opsi “Bank BRI”, karena Kalian ingin mentransfer uang ke sesama nasabah rekening BRI.
  • Setelah itu, Kalian bisa menginputkan nomor rekening BRI tujuan. Umumnya nomor rekening BRI tersebut cukup panjang hingga 15 digit. Dan pastikan bahwa nomor rekening BRI yang Kalian masukkan sudah tepat. Selanjutnya pilih “BENAR”.
  • Lalu masukan nominal uang yang akan ditransfer jika nomor rekening bank BRI tujuan Kalian sudah benar.
  • Sesudah menginputkan nomor rekening dan nominal uang yang akan ditrasnfer, maka layar monitor ATM akan menampilkan konfirmasi transfer. Kalian bisa pilih “YA” jika sudah sesuai.
  • Transaksi pun sudah selesai.

Transfer ATM BRI ke Bank Lain

Lain halnya jika Kalian ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening bank lain. Sesudah Kalian mengikuti langkah-langkah di cara transfer di nomor 1, Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah berbeda dengan proses transfer ke rekening nasabah BRI karena di sini Kalian harus memasukkan nomor atau kode bank lain.

Biasanya setiap bank mempunyai kode berbeda, seperti Bank BCA yang berkode 014, Bank Mandiri berkode 008. Sementara bank BRI sendiri memiliki kode 002. Adapun langkah-langkah transfer ATM BRI ke Bank lain adalah sebagai berikut.

  • Sesudah Kalian memilih menu “Transer”, maka Kalian bisa pilih menu “Bank Lain” karena ingin mentransfer uang ke akun rekening bank lain.
  • Sebelumnya sudah disebutkan bahwa untuk mentransfer uang ke rekening bank lain memerlukan kode bank tujuan. Jika Kalian belum mengetahui kode bank tujuan, bisa lihat di datar kode bank.
  • Kemudian masukkan kode bank+rekening bank tujuan. Jika sudah, pilih BENAR.
  • Lalu masukkan nominal uang yang akan ditransfer, jika sudah, langsung klik BENAR.
  • Lakukan konfirmasi transer, lalu pilih “YA”.
  • Transaksi selesai.
Terkait:  Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu ATM BRI (4 Langkah), Bebas Ribet!

Nah, bagaimana cara transfer ATM BRI di atas, sangat mudah kan lur? Kalian bisa ikuti tahapan demi tahapannya saat hendak mentransfer sejumlah uang ke sesama nasabah BRI ataupun bank lain.

Similar Posts