Home » Mengatasi » Penyebab Mobil Matic Nyentak

Penyebab Mobil Matic Nyentak

Penyebab mobil matic nyentak biasanya diakibatkan oleh suatu kondisi yang cukup parah. Walaupun masalahnya tidak bisa dipandang sebelah mata, namun anda harus memeriksa beberapa hal terlebih dahulu sebelum membawa kendaraan pribadi tersebut ke dealer atau bengkel resmi untuk berkonsultasi dengan tenaga ahlinya.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian komponen mungkin saja perlu diganti seperti oli matic, aki sampai pemeriksaan data komputer secara akurat.

Anda tidak perlu khawatir bahkan panik bila kendaraannya mengalami hal tersebut secara mendadak, lantaran penyebab mobil matik nyentak dan rusak biasanya didominasi hal-hal sederhana.

Apabila faktor-faktor sederhana tersebut tidak diatasi sejak dini, maka risiko kerusakan fatal sampai mobil tidak bisa dihidupkan bakal anda rasakan akibat kurang peduli dalam pencegahan alasan sepele di balik mobil matic anda nyentak yang terjadi selama selama beberapa waktu terakhir.

5 Penyebab Mobil Matic Nyentak

Penyebab Mobil Matic Nyentak

Penyebab Mobil Matic Nyentak + Cara Mengatasi

Apa Saja yang Membuat Mobil Matic Nyentak dan Rusak?

Berikut ini merupakan beberapa alasan yang menyebabkan mobil matic nyentak dan rusak untuk mencegah risiko mesinnya sulit dihidupkan dan tidak bisa dikendarai sama sekali, yakni :

  1. AT Solenoid Bermasalah

Penyebab mobil matic nyentak pertama yang harus diketahui adalah AT Solenoid bermasalah. Hal yang harus diketahui adalah komponen tersebut merupakan salah satu bagian penting yang beroperasi secara elektrik sesuai intruksi TCM atau Transmission Control Modul.

AT Solenoid biasanya dipakai untuk mengatur aliran oli dengan menghidupkan sejumlah komponen yang bergerak seperti Clutch dan Brake. Jika AT Solenoid bermasalah bahkan rusak, maka bisa dipastikan aliran oli semakin terganggu dan mobil matic anda nyentak.

  1. Oli Mobil Matic Kotor

Tak bisa dipungkiri bahwa oli yang kotor menjadi alasan utama mobil matic anda nyentak dan rusak. Hal ini dikarenakan komponen mobil selalu bergerak tanpa henti sehingga kendaraannya semakin nyentak.

Umumnya penyebab mobil matic nyentak dan rusak tersebut biasanya diakibatkan oleh perpindahan gigi otomatis.

Anda harus memahami bahwa mobil matic nyentak biasanya diakibatkan oleh kinerjanya yang menerapkan sistem hidrolik, serta cara kerjanya hanya mengandalkan kontrol yang memakai oli matic saja. Oli yang kotor bahkan kotor bisa menyebabkan mobil matic nyentak dan berisiko rusak jangka panjang.

  1. Setelan Kabel Accelerator Kickdown Tidak Tepat

Kabel Accelerator Kickdown yang tidak diatur dengan benar dan tepat bisa menyebabkan mobil matic nyentak dan rusak. Walaupun keberadaannya jarang bahkan tidak pernah ditemukan adalah mobil-mobil modern, namun eksistensinya cukup populer bagi mereka yang mempunyai mobil lawas.

Anda perlu mengetahui bahwa pemasangan kabel accelerator kickdown biasanya dilakukan pada bagian throtte valve yang terhubung dengan kabel accelerator pedal gas. Jika pemasangannya salah, maka mobil matic anda bisa menyentak secara otomatis.

  1. Komponen Brake dan Clutch Sudah AUS

Komponen Brake dan Clutch yang telah AUS menjadi salah satu penyebab mobil matic nyentak lainnya. Keduanya adalah bagian penting yang berada dalam kendaraan jenis tersebut dan meliputi susunan plat kopling basah, sedangkan satu sama lain bekerja dengan menggesekkan masing-masing komponen.

Jika komponen yang terdapat pada Brake dan Clutch telah AUS, maka bisa diyakini bahwa kinerjanya semakin terganggu.

Kedua bagian penting tersebut bahkan tidak mampu bekerja dengan baik, serta mobil matic anda semakin nyentak dan anda perlu memperhatikan keduanya secara teliti demi mencegah kerusakan fatal yang berisiko terhadap mobil anda.

  1. Komponen Elektrik Tidak Bekerja Efektif

Komponen Elektrik yang tidak bekerja efektif termasuk alasan lain mengapa mobil matic nyentak dan rusak. Bukan rahasia umum bahwa beberapa mobil modern telah memakai sistem kontrol elektrik dan kinerjanya selalu disebut sebagai TCM alias Transmission Control Modul.

Sistem tersebut mempunyai beberapa komponen transmisi, akurator serta sensor yang bisa mengatur kinerja AT Brake maupun Clutch dengan bantuan sistem tekanan hidrolik. Jika salah satu bagiannya tidak berfungsi dengan baik, maka mobil matic anda bisa menyentak secara otomatis bahkan berisiko mengalami kerusakan fatal.

Cara Mengatasi Mobil Matic Nyentak

Penyebab mobil matic nyentak biasanya diakibatkan oleh beberapa komponen yang bermasalah, baik ringan maupun berat akibat tidak diperhatikan secara rutin.

Anda perlu memeriksanya satu per satu untuk memastikan apakah masing-masing bisa beroperasi secara efektif tanpa berisiko rusak bahkan terjadi sentakan pada mobil matic anda.

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengganti oli secara berkala sesuai anjuran tenaga ahli dari dealer resmi. Tujuannya adalah mencegah kerusakan pada komponen-komponen kecil yang terhubung langsung dengan aliran oli agar mesin mobil matic dapat bekerja dengan baik supaya bisa dihidupkan secara rutin.

Anda pun tidak perlu khawatir bahkan takut mobil matic nyentak secara otomatis dan perhatikan semua komponen maupun bagian kendaraan dengan seksama untuk memastikan letak utama kerusakannya, bahkan menghubungi bengkel terdekat dalam mengatasinya sejak awal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *