Home » Unlock » Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Bagaimana sih cara unlock bootloader Xiaomi? Ya, sebelumnya, tahukah Kamu apa itu istilah bootloader?

Bootloader adalah sebuah kode tertentu yang wajib dieksekusi oleh OS atau sistem operasi yang mulai berjalan, tidak terkecuali pada ponsel Xiaomi. Dengan unlock bootloader di Hp Xiaomi kesayanganmu, maka Kamu bisa melakukan ubahan sistem operasi dengan leluasa.

Hanya saja resikonya sudah jelas, Kamu tentu nggak bisa lagi menerima dukungan update atau jaminan keamanan dari Xiaomi secara langsung.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Unlock Bootloader Xiaomi – (Max Lee Youtube)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe

Jika Kamu sebelumnya harus me-request UBL, kemudian menunggu konfirmasi unlock bootloader Xiaomi, tentu kini sudah berbeda!

Xiaomi sudah membuat aturan baru per bulan Oktober 2018 lalu dengan tidak perlu lagi melakukan request UBL, jadi bisa langsung memakai perangkat Mi Unlock.

Untuk langkah-langkah unlock bootloader di Hp Xiaomi ini dapat Kamu praktekkan di semua tipe ponsel, terutama Hp Xiaomi keluaran baru.

1. Persiapkan Peralatan

Sebelum melakukan UBL, Kamu harus sudah mempunyai Mi Account terlebih dahulu minimal sudah berusia 3 hari dan tentu saja sudah bisa login pada perangkat yang akan Kamu unlock atau buka kuncinya.

Setelah itu, persiapkan laptop/PC yang memilki OS setidaknya Windows 7 64-bit, kabel USB, software MI Unlock Tools beserta Minimal ADB Fastboot.

2. Aktifkan Developer Mode

Beralih ke ponsel Xiaomi, sebelumnya Kamu harus mengaktifkan developer mode atau opsi pengembang terlebih dahulu.

Dari sini Kamu cukup memasuki menu “Pengaturan” dan pilih “Tentang Ponsel”, kemudian ketuk di bagian Versi MIUI hingga 7 kali sampai ada notifikasi/pemberitahuan bahwa opsi pengembang telah aktif.

3. Akses Opsi Pengembang

Untuk mengakses developer mode atau opsi pengembang, cukup masuk “Pengaturan” lalu pilih “Setelan Tambahan” dan “Opsi Pengembang”. Lalu di dalamnya, Kamu cukup pilih Status Mi Unlock untuk memulai unlock bootloader.

4. Aktivasi Status Mi Unlock

Jika sudah memasuki setting-an Mi Unlock, selanjutnya akan ada pop up berisi perizinan, Kamu cukup memilih “Setuju”. Sebelum melakukan aktivasi dari Status Mi Unlock, maka pastikan Kamu memakai kartu SIM yang nomornya sudah terdaftar di slot SIM 1 lalu aktifkan paket data seluler/internet.

Setelah itu, cukup ketuk pilihan “Tambah Akun dan Perangkat”. Selanjutnya proses akan langsung berjalan dan Kamu tinggal menunggu sampai muncul pemberitahuan “Berhasil ditambahkan, dan akun MI sudah tertaut dengan perangkat”.

Namun jika pesan gagal muncul, pastikan Kamu telah mengikuti panduan di atas.

5. Mengaktifkan USB Debugging

Kamu  bisa kembali ke menu Developer mode atau opsi pengembang, pastikan aktifkan opsi Debugging USB dan Buka Kunci OEM di ponsel Xiaomi-mu.

6. Buka Mi Unlock Tools

Lalu beralih ke laptop/PC Kamu, kini Kamu sudah dapat mengekstrak file dari Mi Unlock Tools. Selanjutnya buka file yag sudah diekstrak tadi lalu klik kanan di miflash_unlock dan buka menggunakan Run as Administrator.

7. Setujui Disclaimer

Sebelum mulai memakai Mi Unlock Tools, Kamu harus membaca serta menyetujui disclaimer. Jika Kamu sudah memahaminya cukup pilih Agree..

8. Melakukan Login Mi Account

Selanjutnya sign in memakai Mi Account lalu tunggu verifikasi selesai. Kamu akan dibawa ke tampilan halaman awal Mi Unlock Tools.

Selanjutnya akan terlihat tulisan “Not connected to the phone” jika Kamu belum mengkoneksikan perangkatmu. Lalu Kamu cukup menghubungkan ponsel Xiaomi dengan laptop/PC dengan mode fastboot.

9. Mode Fastboot

Kembali lagi ke ponselmu, setelah itu Kamu akan memasuki mode fastboot. Namun pastikan perangkatmu dalam kondisi sudah dimatikan.

Setelah itu, hidupkan lagi dengan cara menekan tombol volume bawah+power secara bersamaan. Lalu tunggu sampai logo Mi Bunny terlihat.

10. Hubungkan PC dengan Xiaomi

Selanjutnya hubungkan ponsel Xiaomi pada laptop/PC memakai kabel USB sampai status berubah sampai ada tulisan  “phone connected”.

Dari sini Kamu pun bisa unlock bootloader caranya dengan pilih tombol Unlock. Lalu muncul pop-up dan Kamu cukup mengklik tulisan Unlock anyway.

11. Unlock Bootloader Xiaomi

Kemudian proses unlock bootloader Xiaomi pun sudah berjalan, tunggu beberapa saat. Jika ada notifikasi bertuliskan “Unlocked succesfully” Kamu hanya perlu memilih Reboot phone.

Ya, itulah serangkaian tahapan cara unlock bootloader Xiaomi yang bisa Kamu lakukan. Selamat mencoba ya lurs!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *