Home » Mengatasi » Penyebab Blower AC Mobil Mati

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Apa penyebab blower AC mobil mati mendadak ya? Pasti Kalian pernah mengalami berkendara dalam keadaan terik, di siang bolong, dan udara terasa panas di luar sana.

Eh, secara tiba-tiba, blower AC mobil tidak menyala. Kesel ya rasanya? Mau buka jendela, males kepanasan. Tapi, apabila jendela tidak dibuka, udara di dalam mobil akan terasa engap.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan blower AC mobil tiba-tiba mati? Lalu, bagaimana cara mengatasi blower AC mobil yang rusak?

Blower adalah alat yang berbentuk motor dinamo dan memiliki daun kipas, layaknya kipas angin. Blower sendiri merupakan salah satu komponen sistem pendingin mobil dalam ruang kabin, yang memiliki fungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator.

Dengan adanya blower, suhu dalam kabin mobil menjadi dingin. Mengaktifkan blower pada mobil sangat mudah, Kalian hanya perlu memutar sakelar AC dengan logo kipas yang terletak di panel dashboard.

Setelah sakelar blower mobil dalam keadaan aktif, hembusan angin dari kisi-kisi AC akan keluar dan mengisi seluruh ruang pada kabin.

Keberadaan blower pada mobil, tentu saja, sangat penting. Blower yang berfungsi secara tidak normal akan mengganggu dan berpengaruh langsung terhadap kinerja AC mobil.

Hal ini dikarenakan, blower sendiri seringkali dihubungkan dengan kipas AC atau kondensor. Pada konstruksi AC mobil, biasanya kipas AC dipasang secara paralel dengan magnetic clutch. 

Sehingga, saat AC mobil digunakan, otomatis kipas AC juga akan ikut berputar. Blower yang tidak menyala menyebabkan AC mobil tidak terasa dingin.

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Blower AC Mobil Mati | www.liveabout.com

Perlu diketahui, bahwa ada banyak hal yang sebabkan blower AC mobil bermasalah. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Relai pada blower AC mobil rusak

Penyebab blower AC mobil mati mendadak yang pertama adalah akibat rusaknya relai. Bagian tersebut, pada blower AC mobil, berfungsi untuk memisahkan penggunaan arus listrik dengan daya besar (menuju motor blower) dengan arus listrik daya kecil (sakelar atau switch blower).

Tujuan utama dari penggunaan relai ini agar sakelar atau switch tidak cepat rusak, akibat dilewati oleh arus listrik dengan daya yang besar. Ketika sakelar diaktifkan, maka relai akan menghubungkan sakelar dari aki ke motor blower.

Dengan demikian, apabila relai mengalami kerusakan, saat sakelar diaktifkan, tidak ada arus listrik yang menghubungkan ke motor blower. Sehingga, blower AC mobil menjadi mati dan tidak dapat berputar.

2. Resistor pada blower AC mobil putus

Putusnya resistor bisa menjadi salah satu penyebab blower AC mobil mati mendadak. Pada blower, resistor adalah susunan dari tahanan listrik, di mana besar kecilnya akan mempengaruhi secara langsung kecepatan putaran dari motor blower.

Ketika listrik yang mengalir ke blower melewati tahanan (resistor) yang besar, maka putaran motor menjadi pelan. Begitu pula sebaliknya, ketika listrik yang mengalir ke blower melewati resistor kecil, kecepatan motor blower akan semakin cepat.

Nah, apabila resistor pada blower AC mobil ini putus, secara otomatis arus listrik yang mengalir ke motor blower juga putus. Dapat dipastikan bahwa blower AC mobil menjadi mati dan tidak berputar.

3. Motor pada blower AC mobil rusak

Kerusakan yang terjadi pada motor juga dapat menjadi penyebab blower AC mobil mati tidak berfungsi. Motor pada blower AC mobil merupakan sebuah dinamo. Apabila diberi aliran arus listrik, dinamo tersebut kemudian akan berputar.

Komponen yang terdapat dalam motor blower AC mobil, di antaranya terdiri atas magnet, kumparan, dan carbon brush. Pada ketiga komponen tersebut, yang paling rawan mengalami kerusakan adalah kumparan dan carbon crush yang habis atau mengalami hubungan pendek.

Ketika terjadi demikian, maka sudah dapat dipastikan bahwa blower AC mobil rusak dan harus diganti. Beberapa blower bisa diperbaiki hanya dengan melakukan penggantian pada brush.

Yang lainnya, perlu dilakukan pergantian total motor blower AC mobil secara utuh.

4. Sekring pada blower AC mobil putus

Penyebab blower ac mobil mati mendadak, yang paling umum, dikarenakan sekring blower AC yang putus. Posisi sekring blower AC mobil, umumnya berada di kotak sekring di bagian dalam mesin.

Kuat arus listrik pada blower mobil biasanya memiliki nilai ampere yang cukup besar, berkisar 40A, serta memiliki kode BLR, BLOWER, dan sebagainya.

Fungsi utama dari sekring pada blower AC mobil ini adalah sebagai pengaman arus listrik dari short circuit menuju ke blower yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Apabila Kalian sudah coba mengganti sekring yang baru, tapi blower tetap tidak menyala, dimungkinkan terjadi korsleting pada jalur listrik blower AC mobil. Segera bawa ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut terkait jalur listrik yang korslet oleh pihak profesional.

5. Sakelar pada blower AC mobil rusak

Sudah cek pada sakelar blower AC mobil? Penyebab blower AC mobil mati tidak berfungsi, bisa jadi direnakan sakelar rusak.

Sakelar atau switch blower AC mobil terletak di bagian konsol tengah dalam kabin, di mana tombol memiliki simbol berbentuk kipas.

Switch tersebut memiliki beberapa titik putar yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan kipas pada blower AC saat dinyalakan.

Sakelar pada blower AC mobil bisa juga mengalami kerusakan, meskipun sangat jarang terjadi. Secara logika, ketika sakelar blower rusak, maka arus listrik menuju ke blower tidak bisa mengalir, sehingga blower AC mobil mati dan tidak bisa berputar.

Cara Mengatasi Blower AC Mobil Bermasalah

Melakukan perawatan mobil merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar kondisi tetap prima. Sangat disarankan bagi pemilik mobil agar membuat anggaran terakit beban pemeliharaan dan perawatan kendaraan setiap bulannya.

Terkadang, kebiasaan buruk pemilik mobil yang menyebabkan kendaraan menjadi tidak terawat dan performa jadi menurun.

Salah satu kebiasaan buruk dari pemilik mobil adalah cuma fokus pada perawatan mesin, tidak secara menyeluruh, terutama melewatkan pada bagian AC.

Seiring berjalannya waktu, berbagai permasalahan pada mobil akan muncul satu per satu di depan mata, termasuk blower AC mobil yang mati.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah motor dinamo dan kipas blower kotor, terlalu banyak debu. Hal tersebut mengakibatkan kinerja motor dinamo menjadi lebih berat dan AC akan mengeluarkan bau.

Kalian perlu melakukan service secara rutin, agar kerusakan pada blower tidak semakin parah dan melebar ke bagian lainnya. Pastikan untuk memilih tukang service AC mobil terpercaya agar mobil Kalian ditangani langsung oleh profesional.

Untuk keadaan mendesak, semprotlah motor dinamo pada AC mobil dengan menggunakan angin yang memiliki tekanan tinggi. Kemudian, cucilah daun kipas dari kotoran dan debu yang ada.

Blower AC mobil masih tetap tidak bisa digunakan? Berarti kerusakan sudah dalam tingkatan yang cukup serius.

Dalam keadaan itu, Kalian harus menggantinya dengan blower yang baru. Dulu, untuk menangani blower yang bermasalah, beberapa mobil hanya perlu mengganti cool brass. Namun, di jaman ini perbaikan blower tidak bisa dengan hanya mengganti cool brass, harus satu set.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *