Home » Google » Cara Update Google Play Service

Cara Update Google Play Service

Bagaimana cara update Google Play Service? Pertanyaan ini mungkin sering muncul bagi Kamu yang pernah gagal melakukan update Google Play Service. Tapi tunggu, apa sih Google Play Service itu sendiri?

Google Play Service ialah layanan sistem dari Google yang dikemas pada satu aplikasi untuk membantu kelancaran kinerja ponsel android yang Kamu miliki. Layanan ini memiliki tanggung jawab terhadap Google Play Store maupun aplikasi lainnya.

Jadi, apabila Google Play Service tak bisa bekerja dengan baik, Kamu pun akan menghadapi berbagai masalah pada aplikasi yang lainnya juga.

Google Play Service lebih ke berfungsi untuk mendukung berbagai aplikasi yang memanfaatkan fitur-fitur Google, baik itu Google Play Store, Google Maps, Google Drive, GPS, dan aplikasi yang lainnya.

Lalu, Bagaimana Cara Update Google Play Service?

Bagaimanapun aplikasi yang satu ini harus selalu diperbarui, sebab jika tidak, maka aplikasi lainnya bisa saja akan terganggu.

Umumnya ditandai dengan terjadinya error atau kesalahan pada aplikasi tertentu yang akan Kamu jalankan dan biasanya memintamu untuk memperbarui Google Play Service.

Cara Update Google Play Service

Cara Update Google Play Service

Update Google Play Service | www.9to5google.com

Adapun untuk memperbarui Google Play Service itu sendiri, Kamu bisa menggunakan cara-cara di bawah ini!

Update Google Play Service Otomatis

Biasanya secara default, aplikasi Google Play Service akan melakukan update otomatis tanpa harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu.

Pada Hp yang bekerja normal, umumnya tidak ada kendala apapun dan beberapa aplikasi berjalan normal sebab selalu melakukan update. Sehingga kebanyakan pengguna tidak menyadari jika fitur atau aplikasi ini sangat penting.

Namun jika Kamu penasaran, bisa melakukan pengecekan apakah Google Play Service sudah di update ataukah belum dengan memeriksa setting-an atau pengaturannya, berikut ini :

  • Pertama-tama buka setelah ponsel androidmu.
  • Kemudian masuk ke “Tentang Telepon”.
  • Lalu pilih “Update“.
  • Pada menu Update, silahkan pilih Update otomatis.

Update Google Play Service Melalui Google Play Store

Bagi Kamu yang ribet menggunakan pilihan update secara otomatis, maka Kamu tetap bisa melakukan update Google Play Service lewat Google Play Store, dengan cara-cara di bawah ini :

  • Silahkan buka Google Play Store pada perangkat ponsel-mu, lalu pilih ikon tiga baris horizontal yang terletak di sudut kiri bagian atas. Kemudian dari menu kamu bisa pilih Pengaturan.
  • Di halaman pengaturan, scroll ke bawah kemudian cari dan pilih versi Play Store. Jika ada pembaruan tersedia, Google Play Store pun mulai memperbarui atau melakukan update otomatis. Tapi jika ada pemberitahuan bertulliskan “Google Play Store Terbaru” ini artinya Google Play Store-mu sudah memasuki versi terbaru.
  • Jika Play Store-mu sudah versi terbaru, tentu saja Google Play Service di Hp Kamu juga sudah versi terbaru.

Update Google Play Service Dengan Menghapus Data Google Play Service

Cara update Play Service ialah dengan cara menghapus datanya. Saat Kamu melakukannya, maka Google secara otomatis akan memeriksa update terbaru. Langsung saja, ini dia panduan cara update Google Play Service :

  • Pertama-tama silahkan buka setting di perangkat androidmu.
  • Lalu pilih aplikasi atau aplikasi yang diinstall atau bisa juga pilih aplikasi manager, tergantung perangkat android yang Kamu gunakan. Lalu cari aplikasi Google Play Service, dan pilih aplikasi tersebut.
  • Dalam info Google Play Service, Kamu bisa pilih Penyimpanan. Di layar storage, silahkan tekan Clear Data atau Clear Storage.
  • Kemudian nyalakan lagi perangkat androidmu dan tunggu sampai 2-3 menit hingga Google Play Service selesai memproses pembaruan.

Itulah ulasan cara update Google Play Service yang bisa Kamu coba, semoga bermanfaat untuk kita semua ya lur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *