Home » Google » Cara Upload Foto ke Google

Cara Upload Foto ke Google

Bagaimana cara upload foto ke Google Image Search? Google Images merupakan kumpulan gambar atau foto yang dapat kita temukan di beberapa situs web.

Saat Kamu melakukan pencarian gambar tertentu, misalnya saja “Cinta Laura“, maka mesin pencari Google akan langsung melakukan pencarian di web yang mempunyai deskripsi sesuai dan langsung menampilkan hingga ribuan gambar sesuai kata kunci atau keyword yang Kamu cari.

Untuk menampilkan foto Kamu di Google Images sebenarnya sangat mudah, sementara untuk meng-upload foto di hasil pencarian pada Google Image, tidak bisa dilakukan secara langsung dengan mengunggah foto tersebut ke Google. Untuk itu, Kamu harus meletakkan fotomu di sebuah website, agar Google bisa menemukannya.

Cara Upload Foto ke Google

Cara Upload Foto ke Google

Upload Foto ke Google

Jika Kamu penasaran ingin mengunggah foto atau gambar ke Google Image Search, berikut ulasannya :

1. Buat Nama Foto/Gambar yang Sesuai Keyword yang Diinginkan

Jika Kamu memiliki foto Cinta Laura misalnya, maka Kamu harus memberi nama foto tersebut dengan nama Cinta-Laura.jpg. Hal ini bertujuan untuk memudahkan robot mesin pencari Google saat mendeteksi gambar.

2. Posting Foto atau Gambarmu ke Situs Web

Setelah itu, Kamu bisa meletakkan gambar atau foto tersebut di salah satu situs web, kemudian tunggu sampai Google melihat foto yang Kamu upload.

Langkah selanjutnya, Google pun akan memasukkan fotomu ke dalam database di Google Images. Namun pastikan terlebih dahulu Kamu mempunyai teks deskriptif yang berhubungan dengan gambar tersebut, sehingga Google dapat memahami keyword apa yang berkaitan dengan foto atau gambar tersebut. Jadi idealnya, Kamu perlu memberikan tag ALT foto/gambar.

Jika Kamu ingin gambar tadi muncul di Google Image Search, maka harus memposting gambar tadi di sebuah situs terlebih dahulu.

Tapi jika Kamu tidak mempunyai situs web, ada alternatif lain yang bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan meng-upload fotomu ke dalam jaringan sosial di Facebook, bisa juga dengan menambahkan foto ke blog memakai Blogger dan atau membuat website sendiri dengan memakai Google Sites.

3. Pastikan Foto yang Kamu Posting Bisa diakses Publik

Dengan memposting foto/gambar di situs publik sehingga mudah dicari, maka memungkinkan Google menemukan fotomu dan langsung menambahkannya ke dalam indeks Images.

Saat Kamu meng-upload gambar, sebaiknya pastikan halaman situs web tersebut bisa diakses publik. Misalnya saja, jika Kamu memposting gambar di Google+, maka pastikan setting-an privasinya ialah publik/umum.

4. Lihat Hasilnya

Kamu bisa tunggu sampai beberapa hari, lalu coba cari fotomu. Biasanya proses tersebut bisa berlangsung mulai dari beberapa menit sampai beberapa bulan supaya gambarmu bisa muncul di aplikasi Google Image Search tergantung dari seberapa seringnya pihak Google mengindeks web Kamu.

Adapun untuk membantu foto Kamu muncul di hasil pencarian pada Google Image Search, sebagiknya tambahkan teks deskriptif pada tempat yang dekat dengan gambar, seperti caption atau “alt” tagHal tersebut dapat membantu Google untuk memahami foto/gambar yang berkaitan atau relevan.

Selain itu, uploaf oto yang berkualitas tinggi sebab konten gambar berkualitas tinggi ini merupakan cara terbaik dalam membangun traffic pengunjung ke situs web Kamu. Sebaiknya upload foto di Google+ memakai nama profil di Google+ sesuai keyword yang Kamu inginkan.

Namun satu hal yang pasti, Kamu harus bersabar sebab gambar yang di upload ke situs web tak akan muncul secara langsung di hasil pencarian. Kamu harus menunggu hingga situs web-mu diindeks Google sebelum foto Kamu muncul.

Demikian ulasan tentang cara upload foto ke Google Image Search yang bisa Kamu coba. Semoga berhasil ya lur!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *