Home » SoundCloud » Cara Upload Podcast di Spotify

Cara Upload Podcast di Spotify

Bagaimana cara upload Podcast di Spotify? Podcast kini menjadi fenomena baru di dunia digital yang banyak diminati oleh masyarakat.

Bagi yang belum tahu,  apa itu Podcast? Podcast adalah platform digital berupa rekaman audio. Jadi sama seperti ketika mendengarkan radio.

Namun perbedaannya ialah Podcast sendiri tak mengandalkan frekuensi untuk didengarkan oleh orang lain, melainkan mengandalkan platform atau media seperti Spotify.

Cara Upload Podcast di Spotify

Cara Upload Podcast di Spotify

Upload Podcast di Spotify

Banyak yang kesulitan menyebarluaskan hasil Podcast mereka karena kurang memahami cara mengunggah Podcast di Spotify. Tidak dapat dipungkiri, Spotify sendiri termasuk platform yang sedang populer sekarang ini.

Bahkan jumlah pendengar di Spotify juga terbilang sangat banyak, karenanya penting untuk mengetahui cara upload Podcast di Spotify dengan panduan di bawah ini :

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke Spotify for Podcaster terlebih dahulu.
  2. Kemudian login memakai akun Spotify Kamu.
  3. Pilih menu Get Started di laman Submit Your Podcast.
  4. Lalu centang kotak di menu Terms and Conditions, dan tekan Continue.
  5. Setelah itu, inputkan link RSS feed  Kamu di kolom yang tersedia.
  6. Selanjutnya klik next sesudah cover image dan judul Podcast-mu muncul kolom sebelah kanan.
  7. Lengkapi informasi berupa bahasa, negara, serta kategori yang terletak di Add Podcast Info, lalu tekan Next.
  8. Tinjau ulang lagi detail Podcast kemudian pilih submit.
  9. Selanjutnya tunggu persetujuan pihak Spotify mengenai Podcast yang kamu upload hingga beberapa jam atau beberapa hari.

Cara Upload Podcast di Soundcloud atau Anchor

Jika Kamu ingin membuat dan meng-upload Podcast di Spotify, ada beberapa langkah cara yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Pilih Topik yang Diinginkan

Topik merupakan al yang harus ditentukan pertama kali, mengingat topiklah yang akan dijadikan sebagai bahan pembicaraan di Podcast, selain itu akan didengarkan pendengar Podcast-mu.

Sebenarnya tidak perlu membicarakan atau mencari topik yang dicari banyak orang, sementara Kamu tidak menguasainya atau tidak menyukainya. Sebab jika dipaksakan, maka hasilnya akan terdengar kaku.

2. Melakukan Perekaman

Jika Kamu sudah menetapkan topik tertentu yang dibahas pada Podcast, maka langkah selanjutnya adalah mulai merekam.

Akan lebih baik lagi jika Kamu mulai merekam dengan peralatan memadai, seperti mxer, microphone berkualitas dan perlengkapan rekaman lainnya.

Namun jika tidak memilikinya, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa merekam menggunakan aplikasi perekam di smartphone-mu.

Kamu dapat melakukan perekaman di area yang ruangannya cukup redam, misalnya di kamar tidur. Pastikan jarak Kamu dengan mic di smartphone tak terlalu jauh.

Jika tips-tips tersebut dilakukan, maka kualitas rekaman audio yang dihasilkan juga dijamin cukup baik.

3. Mulai Unggah di Anchor atau  SoundCloud

Kamu bisa mulai meng-upload rekaman suara tersebut ke platform online. Namun pastikan lakukan pengeditan lebih dahulu memakai aplikasi edit audio di internet.

Tapi jika merasa suara yang dihasilkan sudah oke, maka Kamu pun dapat memindahkan rekaman audio ke dalam platform online.

Pilih Anchor atau Soundcloud. Anchor sendiri ialah platform untuk meng-upload Podcast-mu. Sehingga nantinya Podcast Kamu dapat tersedia langsung di Spotify.

Selain itu, Kamu juga dapat mengunggah Podcast yang berdurasi 3 jam ke dalam SoundCloud tapi wajib membayar sejumlah nominal uang jika mengunggahnya di platform ini. Sementara, Anchor Podcast tak membebankan biaya kepada penggunanya.

Bagaimana, cara upload Podcast di Spotify di atas sangat mudah kan? Untuk itu, jangan ragu lagi menyebarkan ide dan kreativitasmu dengan meng-upload nya di Spotify!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *