Home » Bayar » Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Cara bayar pajak mobil online Jakarta kini sudah bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu atri di Samsat. Ya, sebelumnya memang ada 2 metode pembayaran pajak kendaraan yang bisa dilakukan bagi pengguna kendaraan bermotor, yaitu cara tradisional lewat kantor Samsat terdekat dan cara pembayaran online. Di sini Kami akan membahas panduan langkah pembayarannya secara lengkap.

Cara Bayar Pajak Mobil di Kantor Samsat Terdekat

Bagi Kamu yang lokasi rumahnya berdekatan dengan kantor Samsat, tentu saja lebih baik mengunjungi kantor Samsat langsung.

Namun, sebelum Kamu mengunjungi kantor Samsat sebaiknya persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses pembayaran pajak kendaraan terlebih dahulu.

1. Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan?

Kamu harus mempersiapkan fotokopp KTP beserta aslinya, fotokopi STNK dan aslinya, bukti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor terakhir dan fotokopi lembar BPKB pertama.

2. Panduan Bayar Pajak Mobil di Kantor Samsat

Selanjutnya, jika Kamu sudah mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, bisa langsung ikuti panduan di bawah ini untuk membayar pajak kendaraan roda empatmu di kantor Samsat terdekat :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi kantor Samsat terdekat atau setempat. Sebaiknya pergi pada pagi hari untuk menghindari panjangnya antrean yang bisa membuatmu suntuk. Selain itu, persiapkan pula pulpen yang biasanya digunakan untuk pengisian formulir yang disediakan dalam proses pengurusan pembayaran pajak kendaraan.
  • Setelah itu, ambil formulir tersebut di loket khusus. Apabila nama pemilik yang tercantum pada STNK berbeda dari KTP, Kamu bisa ambil formulir di loket khusus. Kemudian isi formulir tersebut sesuai data-data yang terdapat pada STNK dan KTP-mu.
  • Sesudah Kamu melakukan pengisian formulir, silahkan menyerakan dokumen yang sudah Kamu persiapkan ke petugas kantor Samsat tersebut. Selanjutnya Kamu akan langsung diberi nomor antrian, silahkan tunggu sampai namamu terpanggil.
  • Jika namamu sudah dipanggil, langsung datangi pihak petugas Samsat. Selanjutnya Kamu akan langsung diberikan struk bukti pembayaran pajak sementara. Pastikan untuk memeriksa ketepatan data-data, seperti nomor kendaraan dan nama yang tercantum di lembaran tersebut. Apabila ada beberapa data yang kurang tepat, Kamu bisa mengajukan kembali ke petugas. Kam dapat melanjutkan sistem pembayaran PKB jika data tersebut sudah benar.
  • Di loket pembayaran pajak, serahkan struk bukti PKB dan langsung bayarkan sesuai nominal yang tertera di lembaran tersebut. Jika petugas Samsat sudah menerima pembayaran Kamu, bukti transaksi pembayaran PKB selanjutnya akan ditandatangani dan dicap.
  • Kamu bisa melepas lembar pembayaran terakhir bertuliskan “Untuk Jasa Raharja” di buktii pembayaran tersebut lalu berikan ke petugas di loket pengambilan. Selanjutnya tunggu sampai namamu dipanggil.
  • Jika namamu sudah dipanggil, Kamu dapat mengambil kembali STNK beserta bukti pembayaran yang sudah diperbarui. Namun sebelum Kamu meninggalkan loket, silahkan cek lagi data-data di dalma dokumen dengan benar supaya tidak terjadi kekeliruan. Jika sudah sesuai, Kamu bisa langsung pulang.

Pembayaran pajak kendaraan mobil tahunan di kantor Samsat sebenarnya sangat mudah. Apalagi jika Kamu datang ke Samsat lebih pagi, Kamu bisa menyelesaikan proses pembayaran pajak kendaraan kurang dari 1 jam. Kamu hanya perlu mengusahakan waktu, kesabaran menunggu dan mempersiapkan dokumen yang diinginkan.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Cara kedua ialah alternatif cara bayar pajak mobil online Jakarta. Pemerintah telah mengembangkan cara yang satu ini supaya lebih memudahkan masyarakat yang disibukkan dengan aktivitas sehari-harinya. Melalui cara ini, Kamu tak perlu lagi membuang banyak waktu dan energi dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak kendaraan.

Supaya bayar pajak kendaraan mobil lewat online lebih gampang, sebaiknya persiapkan perangkat android, sinyal internet yang stabil, serta paket data internet yang memadai untuk melakukan cara ini.

Jika perlengkapan online-mu sudah siap, Kamu tinggal browsing sambil membaca petunjuk tentang cara bayar pajak kendaraan mobil online saja.

Di Indonesia sendiri sebenarnya baru terdapat 6 Provinsi yang menawarkan layanan Samsat online, salah satunya cara bayar pajak mobil online Jakarta. Selain itu, ada 5 provinsi lainnya seperti Nangroe Aceh Darusalam,  Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

Pembayaran online setiap provinsi memiliki cara yang berbeda. Kami akan membagikan info tentang pembayaran PKB di DKI Jakarta.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten telah menetapkan sistem layanan pembayaran untuk pajak STNK secara online.

Misalnya, orang yang memilikii KTP Bekasi bisa mengurus proses perpanjangan STNK atau pembayaran pajak di Samsat Jakarta.

Akan tetapi, tak semua samsat yang ada di ketiga area tersebut menawarkan layanan ini. Ini dia Samsat yang melayani proses pembayaran pajak untuk kendaraan secara online :

  1. Samsat di DKI Jakarta, meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta TImur.
  2. Samsat di area Banten, meliputi BSD, Balaraja, Ciputat, Ciledug, dan Cikokol. Untuk pemrosesan STNK secara online bisa dilakukan baik di Samsat Cinere maupun Samsat Jakarta Selatan.
  3. Samsat di area Jawa Barat, meliputi Cinere, Cikarang-Bekasi, Depok. Dengan pemrosesan perpanjangan STNK online dapat dilakukan di kantor Samsat Cikokol, BSD, dan Jakarta Selatan.

Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Pembayaran pajak motor dan mobil di Jakarta dapat dilakukan di Samsat Drive Thru dan di gerai ATM. Jika Kamu nasabah dari bank DKI, Kmau bisa melakukan pembayaran atau perpanjangan pajak kendaraan secara online di gerai ATM terdekat. Akan tetapi, Jika Kamu non nasabah bank DKI, Kamu bisa melakukan pembayaran di Samsat Drive Thru.

Sebenarnya cara bayar pajak mobil di Samsat Drive Thru sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menunjukkan dokumen dan data-data yang dibutuhkan, seperti STNK, KTP, BPKB dengan nama pemilik sama seperti pada KTP, dan pastikan persiapkan jumlah uang yang pas untuk membayar pajak. Selanjutnya, Kamu bisa melakukan pembayaran.

Untuk Samsat Drive Thru di Jakarta sendiri, tersedia di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta selatan, dan Jakarta Barat.

Adapun  ketentuan dan persyaratan bagi Kamu yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online lewat ATM Bank DKI ialah :

  • Hanya dapat dilakukan untuk pembayaran STNK per tahunnya. Tidak dapat melayani pembayaran STNK per 5 tahunanya.
  • Wajib Pajak yang akan melakukan permbayaran pajak atau perpanjangan STNK lewat e-samsat, wajib memiliki data-data yang sesuai. Data NIK wajib sama dengan yang terdapat pada kendaraan maupun di bank.
  • Nomor polisi dapat diperpanjang sesudah 40 hari sebelum waktu tempo.
  • Nomor polisi terdaftar  dalam keadaan aktif dan tidak diblokir.
  • Nomor polisi terdaftar di Bekasi, Depok, Jakarta, dan Tangerang.

Lalu, ikuti proses pembayaran pajak mobil online di ATM Bank DKI tersebut :

  1. Silahkan datang ke ATM Bank DKI, dan pilih menu pembayaran di ATM.
  2. Setelah itu, pilih opsi pembayaran STNK/PKB.
  3. Kemudian pilih layanan e-Samsat.
  4. Jika sudah, ikuti petunjuk di mesin ATM sampai tertera jumlah tagihan pada layar mesin ATM. Kamu bisa periksa data-data yang muncul terlebih dahulu. Jika sudah sesuai, silahkan selesaikan proses pembayaran. Biasanya pembayaran pajak mobil di ATM Bank DKI dikenakan biaya untuk administrasi yang besarnya hanya Rp. 2.000 saja.
  5. Silahkan simpan struk bukti pembayaran pajak tersebut.

Bagaimana, cara bayar pajak mobil online Jakarta di atas sangat mudah bukan? Silahkan baca pula artikel Kami yang lainnya, seperti Cara Top Up e-Money Mandiri.