Cara Belajar Mengemudi Mobil

Cara Belajar Mengemudi Mobil
Belajar Mengemudi Mobil | Freepik.com

Bagaimana sih cara belajar mengemudi mobil manual? Untuk mempelajari cara mengemudikan mobil manual bagi para pemula, tentu wajib mengenali beberapa fitur yang terdapat pada mobil itu sendiri.

Jadi, tidak asal langsung tancap gas saja lantaran untuk mengendarai mobil harus memperhatikan beberapa komponen penting dalam mobil terlebih dahulu.

Read More

Cara Belajar Mengemudi Mobil

Cara Belajar Mengemudi Mobil
Belajar Mengemudi Mobil | Freepik.com

Ini Dia Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pamula

1. Masuki Mobil Dalam Posisi Datar

Langkah pertama, silahkan masuk ke dalma mobil dengan posisi datar. Kemudian pakai sabuk pengamana agar perjalananmu lebih aman.

Dengan posisi mobil di bidang datar, tentu akan mempermudah mobil Kamu untuk melaju. Di samping itu, kehadiran sabuk pengaman sendiri sebenarnya tak hanya berguna untuk meningkatkan keamanan semata.

Namun ketika Kamu memakai sabuk pengaman dan membuka kaca mobil samping, maka Kamu akan mendengar suara mesin dengan jelas, sehingga Kamu bisa memperkirakan waktu untuk memasukkan gigi.

2. Mengatur Posisi Duduk

Bagi pengemudi, penting sekali untuk mengatur posisi duduk engan benar. Jadi, sebaiknya setting tempat duduk terlebih dahulu supaya di perjalanan lebih terasa nyaman.

Nah, tempat duduk inilah yang nantinya berpengaruh pada kaki saat menginjakkan gas, kopling, maupun rem. Ketika menggunakan pedal pada posisi kaki kiri, kanan, dan tengah, pastikan Kamu bisa menginjak sepenuhnya agar lebih mudah.

Terkait:  Cara Belajar Mobil Matic

3. Ketahui Semua Pedal di Dalam Mobil

Mengenali fungsi dan cara tiap-tiap jenis pedal pada mobil, tentu harus dilakukan pengendara. Kamu perlu tahu bahwa pedal yang terletak di sebelah kiri atau kaki kiri adalah pedal kopling, pedal di sebelah kanan ialah pedal gas, sedangkan pedal yang posisinya di tengah sebagai rem.

Jadi, jika Kamu sudah mengetahui keberadaan dan fungsi tiap-tiap pedal tersebut, maka akan lebih mudah lagi mengendarai mobil.

4. Kuasai Kopling

Kegunaan kopling mobil ialah untuk memutuskan antara putaran mesin dan putaran roda yang saling berkaitan, di samping itu kopling biasanya juga diaplikasikan untuk mengubah posisi gigi, jika ingin mengurangi atau menambah gigi tanpa harus merusak roda pada gigi di tiap-tiap gigi transmisi.

Harus diperhatikan pula, ketika Kamu menambah atau mengurangi gigi pastikan harus menginjak kopling. Penting untuk diketahui, hal terpenting yang ada pada jenis mobil manual ini ialah perputaran pada mesin mobil, roda mobil, dan transmisi.

5. Operasikan Pedal Mobil dengan Baik

Mengoperasikan pedal mobil harus dilakukan dalam konsentrasi yang penuh, apalagi mengingat jaral pedal rem, pedal gas, dan jarak ayunan pedal. Saat Kamu mengemudiakn mobil pastikan terbiasa melepas kopling dengan teratur dan perlahan.

6. Tuas Transmisi Pada Posisi Netral

Sebelum menyalakan mobil, pastikan terlebih dahulu tuas mobil dalam keadaan netral atau N. Fungsi dari tuas transmisi ini ialah untuk mengurangi atau menambah, jika Kamu hendak menambahkan gigi pastikan pedal sudah terinjak penuh. Sementara jika akan mengubah posisi tuas tranmisi, harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

7. Mulai Menyalakan Mesin Mobil

Cara belajar mengemudi mobil manual selanjutnya ialah mulai menyalakan mesin mobil. Coba nyalakan mesin dengan cara distarter yang biasanya ada di kunci mobil, selain itu pastikan Kamu juga menginjak kopling sampai penuh.

Terkait:  Cara Dapat Mobil Gratis

Saat mesin sudah menyala, selanjutnya lepaskan bagian pedal kopling. Sedangkan tuas trasmisi tetap dalam kondisi Netral.

8. Injak Pedal Kopling Secara Penuh

Cara terbaik untuk mengingat jarak antara ayunan pedal kopling, gas, dan rem ialah dengan cara menginjak kopling penuh serta ditahan.

Kemudian lepas kopling secara teratur dan perlahan supaya suara mesin terdengar saat sudah mulai turun. Sesudah itu, Kamu bisa melakukannya dengan cara menginjak kopling secara berulang agar lebih mudah mengenali suara pada mesin mobil.

9. Jalankan Mobil Dengan Hati-Hati

Saat mulai menjalankan kendaraan, lakukan secara perlahan dengan mengangkat kakimu pada posisi kopling hingga putaran pada mesin menurun.

Selanjutnya injak gas secara hati-hati. Saat ini posisi mobil sudah berjalan, berikutnya Kamu anya harus menyeimbangkan antara kopling dengan gas saja.

Adapun cara menyeimbangkannya ialah dengan melakukan latihan terus menerus agar tekanan ketika melepas kopling dan menginjak gas bisa dilakukan dengan maksimal.

Saat ini, Kamu harus berkonsentrasi penuh dan waspada dengan rem tangan ketika harus berhenti mendadak.

Biasanya ketika menghentikan mobil, biasanya orang akan melepas kopling sangat cepat, akan tetapi justru hal ini bisa langsung mematikan mesin mobil.

10. Memindahkan Tuas Transmisi

Tuas gigi pun harus benar-benar diperhatikan saat ingin mengemudikan mobil manual. Ketika mesin mobil sudah menyala dengan suara yang stabil, selanjutnya pindahkan tuas dari keadaan Netral ke dalam posisi gigi 1.

Biasanya posisi gigi 1 terletak pada tuas transmisi yang ada di bagian atas, Kamu tak perlu khawatir sebab pada mobil manual biasanya ada gambar atau tulisan dari tiap-tiap posisi gigi.

Kini saatnya mengemudikan mobilmu dengan menginjak kopling penuh, lalu angkat perlahan kopling hingga mobil bergerak lalu Kamu bisa mengangkat kopling secara penuh sampai mobil berjalan.

Terkait:  Biaya Cat Mobil di Dealer Honda

Jika mobilmu sudah mulai berjalan, Kamu bisa menginjak gas secara pelan-pelan, ketika hendak mengurangi kecepatan angkat kaki  dari pedal gas dengan perlahan.

Saat mobil dalam keadaan stabil di jalan, Kamu bisa menambahkan gigi ke gigi 2, dengan tetap memperhatikan indikator di RPM mesin. Apabila sudah melewati angka dua, itu artinya putarannya sudah di a tas 2000 kali putaran per menit, jadi Kamu pun sudah dapat menambahkan gigi 2.

Kemudian angkat gas penuh agar putaran mesin mobil menurun. Sesudah itu, injak pedal kopling penuh lalu pindahkan ke perseneling gigi 2, dilanjutkan dengan mengangkat kopling secara perlahan sampai setengahnya lalu injak gas perlahan bersamaan dengan mengangkat kopling sampai terangkat penuh.

11. Kenali Suara Mesin

Untuk mengenali suara pada mesin mobil bisa dilakukan dengan cara menginjak kopling dalam posisi penuh kemudian angkat kaki secara hati-hati sampai suara mesin kendaraanmu terdengar.

Selanjutnya jalankan  mobil dengan perlahan dengan cara mengangkat kaki pada pedal kopling lalu injak gas secar aperlahan.

Jika Kamu sudah mengetahui cara belajar mengemudi mobil di atas, kini saatnya Kamu mulai mempraktekkannya di jalan dengan didampingi tenaga ahli. Cara di atas mungkin terkesan panjang, namun saat mempraktekkannya Kamu akan lebih mudah lagi.

Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual di Jalanan Menurun

Belajar Mengemudi Mobil

Jika Kamu akan melewati kondisi jalan menurun, tentu perseneling juga perlu dibuat turun. Jika Kamu akan melewati jalanan yang curam, pengemudi dapat mengatur  posisi pada gigi 2 dengan menggunakan pedal rem seperlunya untuk mempertahankan kecepatanmu saat melewati jalan yang menurun. Tapi jangan injak pedal rem secara penuh agar tidak berhenti mendadak.

Sebaiknya tetap perhatikan posisi RPM mesin dalam kondisi yang aman. Mengingat sangat berbahaya bila Kamu hanya memakai pedal rem saja, apabila terlalu sering memakai rem justru rem bisa saja panas akibat terlalu sering dipakai, sheingga engine brake akan hilang, lalu jika Kamu sepenuhnya memakai rem sangat berbahaya untuk kondisi mesin mobilmu.

Related posts

Leave a Reply