Home » Mengetahui » Cara Belajar Mobil Matic

Cara Belajar Mobil Matic

Bagi Kamu yang tidak memiliki budget berlebih untuk membiayai kursus nyetir mobil, sebenarnya Kamu bisa meminta bantuan kepada teman, saudara, maupun kerabat untuk memandu cara belajar mobil matic bagi pemula.

Ada beberapa tahapan yang bisa Kamu lakukan dalam belajar nyetir mobil matic, di bawah ini!

Cara Belajar Mobil Matic

Cara Belajar Mobil Matic

Belajar Mobil Matic | Freepik.com

1. Posisi Tuas Dalam Kondisi P (Parkir)

Sebelum menyalakan mesin mobil, Kamu harus memastikan tuas dalam posisi N (Normal) atau P (Parking) terlebih dahulu. Jangan sampai tuas dalam posisi R yang artinya dalam posisi mundur.

Ini penting sekali supaya mobilmu bisa dihidupkan. Sebab mobil matic biasanya hanya dapat dinyalakan ketika posisi tuasnya ada di N (Normal) atau P (Parking).

2. Tidak Langsung Menghidupkan Mesin

Saat Kamu memasukkan kunci pada lubang kunci sebaiknya tunggu sampai semua indikator sudah menyala dan jarum-jarum pun berputar.

Ada beberapa produk mobil matic yang biasanya akan mengeluarkan suara pada indikator ketika memasukkan kunci pertama kali sebagai indikasi sistem kelistrikan telah menyala.

Sesudah suara pada indikator mati, Kamu tinggal memutar kunci tersebut pada posisi start.

3. Injak Rem Saat Distarter

Ada beberapa matic yang tidak dapat menyala ketika Kamu tidak menginjak pedal rem. Maka dari itu, disarankan untuk langsung menginjak pedal rem ketika sedang menstarter mobil. Jadi Kamu bisa menyesuaikan tergantung jenis mobil matic yang Kamu kendarai.

4. Menekan Rem Saat Memindahkan Tuas

Jika mesin mobil sudah menyala, berikutnya Kamu cukup memindahakn tuas ke posisi R (Mundur) atau D (Maju) dari yang awalnya dalam posisi N (Normal) atau P (Parking).

Tapi saat Kamu memindahkan tuas, sebaiknya tekan pedal rem guna mencegah kerusakan mesin.

5. Memahami Fungsi Tuas Transmisi

Tuas transmisi atau persneling adalah bagian terpenting pada mobil. Kebanyakan mobil matic mempunyai pengaturan transmisi terdiri atas D (berjalan maju), P (parking).

M (Mode Manual), N (Netral/normal), dan R (Reverse/berjalan mundur). Mungkin tidak semua matic mempunyai pengaturan yang serupa. Tapi yang terpenting Kamu harus memahami fungsi-fungsi dari transmisi tersebut.

6. Aplikasikan Mode Berkendara

Tahap cara belajar mobil matic selanjutnya ialah dengan menggunakan mode berkendara. Seperti kita ketahui, kini banyak mobil telah dilengkapi oleh fitur riding mode atau mode berkendara.

Kamu bisa memili berbagai macam mode, salah satunya ialah mode berkendara ekonomis. Dimana mode tersebut cocok bagi Kamu yang akan mengendarai dalam kondisi santai. Sementara jika ingin cepat berkendara, Kamu bisa pilih mode sport.

7. Memakai Transmisi Manual

Kebanyakan mobil matic juga telah dilengkapi oleh mode manual. Dengan sistem pengoperasian yang sangat mudah, sebab Kamu tak perlu lagi menginjak kopling saat berpindah gigi.

Adapun cara menyetir kendaraan matic ini ialah dengan cara memindahkan persneling ke dalam mode M (manual).

Jika ingin berpindah gigi, Kamu hanya perlu menggeser tuas (+) saat menambah gigi, sedangkan tuas (-) digunakan untuk menurunkan/mengurangi gigi.

Selain itu, ada juga mobil matic dengan tambahan Paddle Shift, sebagai fitur yang ada di balik setir.

8. Cara Menyetir Matic di Jalan Tanjakan

Tidak sedikit orang menganggap bahwa matic tidak memiliki tenaga saat di tanjakan. Setiap pabrikan, padahal telah merancang produknya supaya bisa bermanuver si seluruh medan jalan, mulai dari jalanan lurus, menurun, hingga menanjak.

Jika melalui tanjakan yang tidak terlalu tinggi, Kamu bisa memakai mode D (Drive). Akan tetapi jika tanjakannya tampak curam, sebaiknya pindah ke dalam mode M (Manual). Kemudian tambahkan gigi ke dalam posisi D1, lalu D2, hingga D3 menyesuaikan kecepatan mobil.

Biasanya untuk D1 dilakukan pada kecepatan 0-31 km/jam, pada D2 digunakan saat kecepatan mobil berkisar 40-50 km/jam, sedangkan D3 saat kecepatan 60 km/jam.

9. Cara Menyetir Mobil Matic di Jalan Turunan

Cara belajar mobil matic di jalan tunan sendiri lebih baik memakai mode D supaya pengereman mesin bisa beroperasi secara maksimal.

Di samping itu, Kamu dapat memakai mode L ketika melalui turunan yang curam. Pengendara mobil matic seringkali memilih mode netral atau N karena dianggap dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Justru cara tersebut salah, sebab gigi dalam posisi netral bisa membuat pengendara kesulitan mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, sebaiknya pilih mode transmisi L atau D.

10. Cara Menyetir Mobil Matic Saat Macet

Adapun alasan kenapa harus membeli matic ialah lebih nyaman ketika digunakan untuk berkendara dalam keadaan macet.

Sebab kita hanya perlu melakukan Stop dan Go saja dengan menginjak pedal rem sebentar agar mobil berhenti selama beberapa detik. Ketika rem dilepas, mobil pun akan melacu secara otomatis dengan pelan.

Sehingga berkendara saat kondisi macet tak akan cepat melelahkan, lain halnya dengan kendaraan transmisi manual yang biasanya mengharuskan pengemudinya menginjak kopling bahkan harus selalu mengatur persneling/tuas transmisi.

11. Cara Mengerem Matic di Tikungan

Hanya terdapat 2 pedal dalam mobil matic, yakni pedal rem dan gas. Pengoperasian keduanya lebih baik memakai kaki kanan dengan cara bergantian supaya tak salah menginjak pedal rem dan gas.

Akan tetapi bagi yang terbiasa memakai kaki kanan saat menginjak gas dan menggunakan kaki kiri saat menginjak rem, tentu tidak masalah asalkan Kamu sudah mahir saat menekan salah satu pedal tersebut.

Menyetir matic memang dapat disesuaikan dengan keinginan atau kebiasaan tiap-tiap pengendara. Sama halnya ketika Kamu mengerem.

Namun saat mengerem, sebaiknya injak rem dengan perlahan dan lembut, jangan mendadak. Apalagi ketika sedang ada di jalan tikungan, sebab jika mengerem mendadak hingga membanting setir ke kiri atau ke kanan dengan spontan, justru bisa membuat kendaraan hilang keseimbangan akhirnya bisa terguling.

12. Cara Menyetir Matic Ketika di Lampu Merah

Ada baiknya memang jika memakai satu kaki saja untuk menginjak rem dan gas demi keamanan.

Tapi, bagaimana cara mengemudikan matic ketika ada di lampu merah? sebagai saran, sebaiknya gunakan sistem transmisi mode N (netral/normal) dengan Parking Brake ketika berhenti selama 60 detik atau bahkan lebih.

Adapun tujuannya supaya kaki tidak merasa pegal menekan pedal rem sekaligus untuk menjaga supaya mobil tidak langsung maju dengan tiba-tiba.

13. Cara Menyetir Matic Saat Mudur

Jika Kamu ingin memundurkan matic, maka harus pindahkan tuas tranmisi ke dalam posisi R terlebih dahulu. Namun sebelumnya Kamu harus menginjak rem terlebih dahulu hingga kendaraan berenti dengan total.

Lalu Kamu cukup pindahkan gigi ke dalam posisi R serta atur gas dengan perlahan. Jika gas tidak Kamu injak, maka kendaraanmu akan mundur otomatis.

Nah, itulah 13 tahapan cara belajar mobil matic yang bisa Kamu ikuti sekaligus panduan saat menghadapi kondisi jalanan tertentu. Semoga bermanfaat lur.