Cara Belajar Nyetir Mobil Manual

Cara Belajar Nyetir Mobil Manual
Belajar Nyetir Mobil Manual

Bagaimana sih cara belajar nyetir mobil manual? Kini belajar menyetir mobil tidak hanya berlaku bagi kaum pria maupun wanita. Hal tersebut tak terlepas dari tingkat kenyamanan yang diperoleh saat memakai mobil.

Sebenarnya belajar menyetir mobil sendiri tak ada batasan bagi siapapun. Walaupun sebenarnya orang tersebut belum mempunyai mobil, bukan berarti ia tidak bisa belajar menyetir mobil.

Read More

Selain itu, untuk mengemudikan mobil sendiri tidaklah sulit asalkan Kamu tetap mengikuti tahapan-tahapan belajar menyetir mobil di bawah ini!

Cara Belajar Nyetir Mobil Manual

Cara Belajar Nyetir Mobil Manual
Belajar Nyetir Mobil Manual

Ada beberapa tahapan cara yang bisa dilakukan untuk belajar nyetir mobil manual, diantaranya :

1. Mulailah Belajar di Jalan Datar Saat Kondisi Mesin Mati

Jika ini merupakan kali pertamamu menjalankan mobil transmisi manual, Kamu bisa memulainya secara perlahan. Pertama-tama pasang terlebih dahullu sabuk pengaman sat duduk.

Ketika belajar menyetir, turunkan kaca pada jendela mobil. Tujuannya ialah untuk membantumu mendengar suara mesin sekaligus dapat mengubah persneling.

Terkait:  Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander

Ingat, pedal yang ada di bagian kiri merupakan kopling, sebelah kanan adalah gas, dan bagian tengah adalah rem. Posisi tersebut sama bagi mobil yang letak setirnya di kanan ataupun di kiri.

2. Mempelajari Cara Kerja Kopling

Sebelum menginjak pedal sebelah kiri, luangkan waktu untuk mengenali fungsinya terlebih dahulu.

  • Kopling berguna untuk melepaskan mesin mobil dari ban. Saat salah satu maupun keduanya berjalan, Kamu bisa menekan kopling untuk memindahkan gigi.
  • Sebelum memindahkan gigi, baik turun atau naik, injak kopling terlebih dahulu.

3. Sesuaikan Posisi Kursi Agar Bisa Menjangkau Kopling Dengan Mudah

Geser posisi kursi ke depan seperlunya agar Kamu bisa menginjak kopling, menggunakan kaki kiri sampai penuh.

4. Tekan K0pling Penuh Kemudian Tahan

Ini merupakan kesempatan baik dalam mengenali tekanan yang berbeda pada kopling dengan gas dan rem. Di samping itu, tujuan lainnya ialah untuk membiasakan melepas kopling dengan perlahan dan tetap stabil.

Jika selama ini Kamu mengendarai mobil matic, Kamu mungkin akan canggung memakai kaki kiri saat menekan pedal. Dengan terus berlatih, Kamu akan lebih terbiasa memakai kedua kaki secara bersamaan.

5. Pindahkan Tongkat Persneling Pada Posisi Netral

Posisi netral ada di bagian tengah, dengan demikian tongkat persneling dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri secara bebas.

Kendaraan ada dalam keadaan netral ketika, pedal kopling dapat ditekan penuh, tongkat persneling ada dalam posisi netral, dan pastikan menginjak kopling untuk menggerakkan atau memindahkan tongkat persneling.

6. Menyalakan Mesin Mobil Memakai Kunci Kontak

Pastikan mobilmu masih dalam kondisi sedang di rem tangan, khususnya bagi para pemula.

Beberapa mobil dapat dinyalakan pada kondisi gigi netral, dengan kopling tak perlu diinjak namun beberapa mobil baru tidak.

Terkait:  Cara Menyetir Mobil Matic

7. Pindahkan Kaki dari Kopling Jika Mobil Dalam Posisi Netral

Jika Kamu berada di permukaan yang datar, mestinya mobil tidak bergerak. Akan tetapi, mobil bisa meluncur jika kamu ada di permukaan tanah yang kondisinya miring. Apabila Kamu sudah siap mengemudikan mobil, pastikan lepas rem tangan terlebih dahulu sebelum berangkat.

8. Injak Kopling Sampai Penuh dan Pindahkan Persneling k Gigi Satu

Gigi satu sendiir berada di bagian kiri atas. Kamu tak perlu khawatir, sebab biasanya terdapat gambar yang memperlihatkan letak atau posisi gigi di bagian atas tongkat/gagang persneling.

Pola pada roda gigi sebenarnya bisa bervariasi, jadi luangkan sejenak waktumu untuk mempelajari posisi/letaknya. Kamu bisa mencoba latihan menggerakkan persneling saat kondisi mesin mati.

9. Angkat Kaki Perlahan dari Pedal Kopling

Teruskan sampai kamu mendengar kecepatan pada mesin menurun, lalu injak lagi koplingnya. Kamu bisa mengulanginya sampai beberapa kali, sehingga bisa langsung mengetahui dan mengenali suara mesin tersebut.

Saat Kamu menggerakkan roda gigi saat mulai menjalankan mobil atau menjaga agar mobil berjalan terus, injak gas seperlunya saja supaya mobil mempunyai daya untuk mulai melaju.

10. Lepaskan Kopling dengan Sambil Menekan Gas

Belajar Nyetir Mobil Manual

Agar mobilmu mulai bisa melaju, silahkan angkat kaki dari kopling hingga RPM-nya agak turun. Di waktu bersamaan, Kamu bisa menekan pedal gas secara perlahan menggunakan kaki kanan.

Coba seimbangkan antara menginjak gas secara perlahan dengan mulai melepaskan tekanan pedal kopling.

Kamu mungkin harus melakukan cara tersebut beberapa kali sampai menemukan kombinasi atau perpaduan yang pas saat menekan gas dan melepas kopling.

Solusi lainnya ialah lepaskan kopling hingga perputaran mesin menurun, lalu injak gas saat k0pling mengigit. Di saat inilah mobilmu mulai bergerak.

Terkait:  Penyebab Persneling Mobil Keras

Selain itu, biarkan mesin mobil cukup berputar supaya mobilmu tetap menyala saat kopling dilepaskan. Mungkin proses ini awalnya agak sulit karena Kamu masih belum beradaptasi dengan tambahan pedal pada mobil bertransmisi manual.

Lepaskan kopling seluruhnya dengan cara mengangkat kaki pelan-pelan dari kopling, tepat sesudah mobil bergerak dalam kondisi gigi satu.

11. Kemungkinan Mobil Akan Mati Beberapa Kali Saat Kamu Mencobanya Pertama Kali

Jika Kamu melepas kopling terlalu cepat, maka mesin mobil akan mati. Apabila mesin mobil akan mati, sebaiknya injak kopling sedikit atau tahan kopling.

Jika mobil sudah benar-benar mati, maka injak kopling sepenuhnya, kemudian aktifkan rem tangan lalu netralkan mobil, dan matikan mesin. Setelah itu, silahkan nyalakan kembali mobilmu. Ingat, jangan panik!

Menyalakan mesin saat kopling dalam kondisi setengah penuh membuat kampas pada kopling menjadi cepat aus, imbasnya bisa menyebabkan terjadinya selip atau membuat kampas kopling cepat hangus. Hal tersebut biasanya disebut dengan istila setengah kopling.

12. Kenali Kondisi Saat Harus Memindahkan Gigi Lebih Tinggi

Saat RPM sudah mencapai 2.500-3.000, saatnya kini Kamu memindahkan gigi. Misalnya saja, memindahkan gigi 1 ke gigi 2.

Akan tetapi, angka RPM sebagai patokan perpindahan gigi sendiri bervariasi dan tiap mobil tidak sama. Mesin biasanya akan berputar lebih cepat dan meraung, jadi Kamu harus mengenali suaranya.

Injak kopling seluruhnya sampai terlepas lalu arahkan tongkat pada persneling turun ke arah kiri bagian bawah dari gigi satu.

Pada beberapa mobil akan dilengkapi oleh “Lampu Gigi” sebagai indikasi takometer yang memperlihatkan bahwa Kamu harus memindahkan gigi agar mesin tidak terlalu cepat berputar.

13. Tekan Gas Secara Perlahan dan Lepaskan Kopling Pelan-Pelan

Pindahkan gigi ketika mobil berjalan seperti halnya saat memindahkan gigi dari posisi berhenti ke gigi satu.

Kamu hanya perlu melihat, mendengar, sekaligus merasakan mesin dan tahu kapan waktu yang tepat untuk melepaskan dan menginjak pedal. Dengan terus berlatih, Kamu akan terbiasa.

Sesudah menginjak gas dan memindahkan gigi, lepaskan kaki dari kopling. Dengan membiarkan kaki tetap menempel di pedal kopling sebenarnya merupakan kebiasaan buruk, sebab hal tersebut bisa menambah tekanan terhadap mekanisme kopling. Imbasnya bisa membuat kopling pada mobil cepat aus.

Itulah beberapa tahapan cara nyetir mobil manual yang bisa Kamu praktekkan sendiri dengan bantuan atau ditemani oleh rekan maupun teman yang sudah mahir menyetir mobil manual.

Related posts

Leave a Reply