Penyebab Speedometer Mobil Mati

Penyebab speedometer mobil mati mungkin saja disebabkan kerusakan pada beberapa komponen yang mempunyai fungsi dan dampak satu sama lain terhadap kinerja bagian tersebut.

Kamu harus mengetahui bahwa speedometer mempunyai fungsi dalam memberi petunjuk seputar kondisi mobil kalian, tujuannya agar berkendara dapat berjalan dengan aman dan nyaman dalam menunjukkan kecepatan yang sedang ditempuh maupun persentase bahan bakar yang masih tersedia.

Kalian pasti mengetahui bahwa speedometer harus dimiliki setiap kendaraan, baik motor maupun mobil dengan jenisnya masing-masing dan penyebab speedometer mobil mati total bisa saja diakibatkan oleh kinerjanya terlalu melampaui batas.

Oleh karena itu, kamu bakal mengetahui faktor-faktor utamanya melalui beberapa uraian di bawah untuk memperbaiki dan mengantisipasi kerusakaan yang mungkin saja terjadi nanti dan bisa ditangani dengan cepat nan tepat.

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Speedometer Mobil Mati
Speedometer Mati | Freepik.com

Mengapa Speedometer Mobil Mati Total dan Rentan Rusak?

Berikut ini merupakan beberapa alasan speedometer mobil mati dan rentan rusak sehingga kamu dapat mengatasinya setelah memahami masing-masing kendalanya, antara lain :

  1. Kerusakan pada Vehicle Speed Sensor

Penyebab speedometer mobil rusak biasanya disebabkan kerusakan pada bagian vehicle speed sensor. Kalian pasti mengetahui bahwa semua mobil sudah memasang sensor kecepatan mobil pada sistem transmisi, tetapi banyak masalah yang berasal dari bagian tersebut.

Umumnya Gear Tranduser bakal menyebabkan panel indicator di speedometer tidak mampu membaca kecepatan laju mobil saat tengah berjalan.

Sementara itu, bila mobil kalian sudah mendukung sistem rem ABS serta sistemnya mengalami kerusakan maka bisa berdampak terhadap panel indicator mobilnya, khususnya saat membaca persentase kecepatan ketika kalian sedang mengemudi.

  1. Panel Speedometer Rusak

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor utama yang mengakibatkan speedometer mobil rusak bahkan mati total adalah panelnya sudah rusak. Kamu bisa memeriksanya dengan mudah, lantaran era modern seperti sekarang sudah banyak orang memakai alat scan khusus bernama scan tool.

Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui posisi panel speedometer yang bermasalah atau malfungsi. Akan tetapi, teknik memperbaikinya tidak bisa dilakukan sembarangan lantaran para pemilik kendaraan roda empat sangat dianjurkan untuk mengganti panelnya secara menyeluruh.

  1. Kerusakan Sistem Kelistrikan

Kendala pada sistem kelistrikan menjadi salah satu alasan speedometer mobil kamu mati total dan sangat berbahaya bila digunakan saat berkendara. Umumnya bahwa kinerja speedometer tidak akan pernah lepas dari sistem kelistrikan pada setiap kendaraan roda empat.

Kendati demikian, para pemilik mobil pribadi maupun kamu sendiri tentu saja mampu memeriksa komponen tersebut dengan memperhatikan lintasan kabel yang mengarah ke speedometer.

Apabila kabelnya putus bahkan lepas maka kamu harus langsung memperbaikinya dengan membeli beberapa komponen tersebut yang tersedia di bengkel resmi.

Walaupun terkesan sederhana, namun kamu tidak boleh memandang sebelah mata untuk perkara ini karena banyak orang masih acuh terhadap kendala pada sistem kelistrikan yang berpengaruh pada speedometer mobil.

Cara Mudah Menangani Speedometer Mobil Mati Total dengan Benar

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Bagaimana Mengatasi Speedometer Mobil Mati dengan Cepat dan Efektif?

Penyebab speedometer mobil mati sebenarnya didasari oleh ketiga faktor utama yang sudah diuraikan melalui beberapa poin di atas. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa tindakan yang harus dilakukan supaya bisa memperbaikinya dengan cepat dan tepat sehingga kalian dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Pertama, jangan lupa memperhatikan sekring yang biasanya terhubung langsung dengan speedometer mobil dan bila komponen ini bermasalah bahkan rusak, maka kamu bisa menggantinya dengan produk serupa yang baru.

Ukurannya yang kecil membuat kalian bakal sulit menemukannya, namun kamu bisa membawanya ke bengkel resmi untuk meminta bantuan tenaga ahli supaya bisa diganti dengan prosedur yang tepat.

Kamu juga perlu memperhatikan masing-masing komponen yang memberi dampak besar terhadap kinerja speedometer mobil kalian. Jika bagiannya sudah berhasil ditemukan, maka bisa menggantinya dengan yang baru dan kamu bisa konsultasi dengan tenaga ahli atau membawanya ke bengkel untuk memeriksanya satu per satu.

Jangan lupa melakukan pemeriksaan secara berkala pada mobil kalian secara ringan untuk menjaga kondisinya tetap prima dan bisa digunakan berkendara secara rutin.

Hal ini pun berdampak terhadap biaya maupun waktu karena kalian tidak perlu menghabiskan keduanya akibat kurang perhatian bagi kendaraan roda empat kesayangan yang berada di rumah saat ini.

Meski begitu, kamu tidak direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini sendirian tanpa bantuan tenaga ahli lantaran beberapa komponen sangat sensitif dan tidak bisa ditangani secara asal-asalan.

Tak menutup kemungkinan bila perawatan atau pemeriksaan yang dilakukan sembarangan akan berisiko kerusakan terhadap komponen lain yang masih berfungsi normal sehingga anda dapat mengalami kerugian biaya maupun waktu, sehingga anda akan selalu disarankan meminta bantuan tenaga ahli untuk menangani speedometer mobil mati.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...