Home » Menggunakan » Cara Cepat Belajar Mobil

Cara Cepat Belajar Mobil

Bagaimana cara cepat belajar mobil? Belajar mengemudikan kendaraan roda empat sebenarnya tidak memerlukan persiapan khusus, hal terpenting ialah memiliki kemauan keras serta kedisiplinan dalam belajar.

Cara Belajar Mobil Cepat

Tapi jika Kamu tidak memiliki mobil sendiri, sebaiknya lakukan kursus mobi demi keamanan. Dengan kursus menyetir mobil, Kamu pun akan didampingi instruktur yang berpengalaman. Jadi kecil kemungkinan akan terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Selain itu, biasanya kendaraan yang dipakai untuk kursus sudah dimodifikasi, jadi instruktur pun bisa mengendalikan kendaraan, baik itu dalam melakukan pengereman maupun kopling.

Pengenalan Mobil

Pada umumnya, mobil bisa dibedakan ke dalam 2 jenis, diantaranya mobil bertransmisi manual dan mobil bertransmisi otomatis. Untuk mengenalinya, lihat perbedaan keduanya berikut ini :

  • Mobil Bertransmisi Manual

Sebenarnya untuk mengenali mobil bertransmisi manual, Kamu hanya perlu melihat bagian depan kursi pengemudi/supir pada bagian bawah dan depan. Di dalam mobil manual biasanya ada 3 injakan atau pedal kaki untuk kaki kiri dan kanan.

Pada pedal paling kiri dinamakan kopling, tepat di samping kiri pipa kemudi dan yang bagian tengah disebut rem terletak pada samping kanan pipa kemudi, serta di bagain paling kanan disebut gas untuk mengatur kecepatan kendaraan.

  • Mobil Bertransmisi Otomatis

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa mengendarai mobil matic sendiri lebih praktis dan mudah. Pada mobil bertransmisi manual ada 3 pedal atau injakan yang perlu Kamu kuasai, seperti halnya gas, rem, dan kopling, jadi kedua kakimu nyaris terus bekerja. Terutama pada kaki sebelah kiri harus terus memaiankna kopling saat jalan dalam kondisi macet.

Sementara pada jenis mobil matic hanya terdapat 2 injakan pada kaki kanan saja, yakni rem dan gas, sementara kaki kiri sendiri tidak difungsikan, jadi mobil ini cocok sekali untuk kondisi jalanan macet.

Pada mobil transmisi automatis, pedal sebelah kiri dinamakan rem, letaknya di samping kanan pada pipa kemudi, sedangkan di sebelah kanan untuk gas yang dapat mengatur kecepatan kendaraan.

Kamu hanya memerlukan sekitar 1-2 menit saja untuk mengetahui jenis mobil Kamu. Selain dari transmisi, setiap mobil umumnya memiliki tombol yang serupa.

Lalu, Bagaimana Cara Cepat Belajar Mobil?

Cara Cepat Belajar Mobil

Cara Cepat Belajar Mobil

Belajar Mobil dengan Cepat

Sehebat apapun Kamu menyetir, jangan mengendarai mobil secara ugal-ugalan sebab bisa membahayakan diri maupun orang lain. Terutama bagi mobil manual yang memerlukan trik khusus dalam mengendarainya. Ini dia cara cepat belajar mobil dengan baik :

1. Mengenali Fitur-Fitur Pada Mobil

Tips yang perlu Kamu lakukan pertama kali sebelum belajar mengemudikan mobil ialah dengan menghafal dan mengenali fitur pada mobil. Seperti sudah kita jelaskan di atas bahwa ada 2 jenis mobil yang perlu Kamu ketahui, yaitu jenis mobil bertransmisi manual dan mobil bertransmisi otomatis.

Namun dikarenakan mobil bertransmisi manual lebih rumit, maka Kami akan membagikan informasi mengenai cara belajar mobil manual.

Dalam belajar nyetir mobil manual ini, Kamu harus menghafal pedal-pedal penting, seperti kopling, rem, dan kopling. Jadi, jangan sampai Kamu sala menginjak pedal tersebut karena bisa sangat membahayakan.

Selain itu, Kamu juga perlu mempelejari tentang posisi perpindahan persneling atau gigi mobil yang umumnya dimulai dari 1 – 5 sekaligus dalam posisi netral.

Tidak hanya itu, ada puila posisi R yang biasanya digunakan untuk mundur. Jika semuanya sudah Kalian kuasai, selanjutnya Kamu bisa mengendarai mobil dengan mudah.

2. Memilih Tempat Latihan yang Tepat

Cara cepat belajar menyetir mobil lainnya ialah dengan banyak berlatih. Hal yang perlu diperhatikan saat belajar menyetir ialah dengan memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat latihan.

Silahkan memilih lapangan yang luas untuk mulai menyetir mobil bertransmisi manual. Jika Kamu memiliki luas lahan atau lapangan yang cukup, maka Kamu bisa lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menghafal cara mengemudikan mobil manual.

Sesudah Kamu terbiasa, barulah memilih tempat atau lokasi belajar yang semakin menantang. Seperti di jalanan umum, namun pilihlah jalanan umum yang sepi. Metode ini cukup efektif untuk membantumu membiasakan diri dalam mengemudikan mobil di jalan.

3. Perlu Konsentrasi Tinggi

Ketika belajar menyetir mobil yang bertransmisi manual, hal paling menegangkan ialah saat Kamu mulai memasuki bagian kabin mobil lalu duduk layaknya supir yang sudah mahir.

Namun pastikan pikiranmu lebih tenang dan fokus, coba berkonsentrasi penuh. Jika Kamu masih sedikit gemetaran, sebaiknya tunggu sampai perasaanmu lebih rileks. Sehingga Kamu pun lebih mudah menyetir atau mengendarai mobil.

4. Mulai Menyalakan Mesin Mobil

Proses menyalakan mesin mobil sebenarnya bagian yang paling penting, namun pastikan terlebi dahulu mobilmu dalam kondisi netral. Selanjutnya silahkan memutar kunci untuk starter mobil.

Saat mesin sudah mulai menyala, pastikan Kamu sudah mengetahui dan memahami bahwa di bagian bawah kakimu kini sudah ada 3 pedal atau injakan yang harus diperhatikan cara pengoperasiannya.

Pedal paling kiri ialah kopling, kanan gas, dan tengah rem. Ingat, jangan salah menginjak salah satu pedal tersebut ya!

5. Seimbangkan Antara Gas dan Kopling

Supaya lebih mudah, kita bisa menganalogikan gas dan kopling seperti permainan jungkat jungkit. Jadi saat gas ditekan, Kamu harus mengangkat kopling dengan perlahan. Hal ini biasanya paling susah khususnya bagi pemula.

Biasanya pedal gas diinjak kencang sedangkan kopling masih belum terangkat, sehingga bisa menyebabkan munculnya suara yang kasar.

Sedangkan jika kopling diangkat terlalu cepat, maka ada 2 kemungkinan yang terjadi yakni jalan mobil tersendat atau mobil mati. Oleh karena itu, usahakan Kamu harus memposisikan pengoperasian keduanya dengan cara seimbang.

6. Coba Ulangi Langkah 5 Dalam Menurunkan atau Menambah Kecepatan

Untuk menurunkan dan menambah kecepatan, Kamu juga harus menginjak pedal kopling. Kamu harus ingat bahwa setiap perpindahanĀ persneling atau gigi baik menurunkan atau menaikkan gigi, Kamu harus tetap menginjak kopling dengan mengingat prinsip permainan jungkat-jungkit di poin 5.

7. Siaga Rem Saat Gas Sudah Mulai Stabil

Untuk tetap menjaga kestabilan berkendara saat Kamu mulai melenggang di jalanan, saat mobil dirasa sangat cepat sebaiknya lakukan pengeraman dengan menginjak rem secara perlahan.

Jadi Kakimu harus mulai bergeser dari gas dengan menginjak rem, lalu biarkan kopling dan kaki kirinya.

Bagi pemula sebaiknya cukup menginjak pedal rem saja saat ingin membuat kecepatan mobil menjadi sedikit lebih pelan atau lambat.

Nah, bagaimana cepat belajar mobil transmisi manual di atas? sebenarnya tidak sulit, bukan? Bagi Kamu yang kesulitan belajar sendiri, bisa meminta bantuan rekan atau teman yang sudah ahli.

Jadi, Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal-hal yang tidak diinginkan saat belajar menyetir mobil. Selain itu, perbanyak informasi mengenaiĀ cara belajar nyetir mobil agar Kamu bisa lebih mahir menyetir!