Home » Mengatasi » Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat | Ketika mengemudikan mobil, kamu mungkin saja mengalami kendala seperti tarikannya lebih berat dan tentu saja tidak akan nyaman saat mengendarainya. Situasi ini memancing rasa penasaran siapa saja lantaran banyak orang belum mengetahui apa penyebab utamanya.

Kondisi seperti ini membuat kalian pasti akan mengunjungi bengkel resmi untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli dalam memecahkan masalah akibat tarikan mobil lebih berat dari biasanya.

Seiring berjalannya waktu bahwa penyebab tarikan mobil terasa berat dan keras rupanya bisa ditangani dengan mengandalkan informasi di internet tanpa harus membuka semua komponen pada mobil kesayangan kamu.

Ulasan berikut mungkin saja membantu kalian yang mempunyai kendala seperti tarikan mobil lebih berat bahkan nyaris tidak bisa dikendalikan sama sekali, serta memberi antisipasi demi mencegah masalah serupa dengan penanganan sederhana yang sangat mudah dilakukan.

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Tarikan Mobil Terasa Berat | www.caranddriver.com

Apa Saja yang Membuat Tarikan Mobil Terasa Berat dan Keras?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat tarikan mobil terasa berat dan keras untuk diperhatikan oleh kalian sebagai pengemudi kendaraan roda empat hingga saat ini, antara lain :

  1. Daya Cengkram Rem Sangat Besar

Penyebab tekanan mobil terasa berat mungkin disebabkan daya cengkram rem sangat besar. Bagaimana tidak, pemasangan cengkraman untuk mobil yang kencang bisa mengakibatkan tekanan kendaraan roda empat kalian lebih berat.

Hal ini biasanya terjadi pada sistem rem tromol ketika melakukan pemasangan yang surut. Jalannya mesin bakal lebih kencang dan cepat, tetapi laju mobil biasa saja bila pemasangan sistem pengereman mobilnya terlalu kencang.

  1. Kampas Kopling Menipis

Kamu harus mengetahui tekanan mobil semakin berat biasanya diakibatkan kampas kopling semakin menipis bahkan habis. Hal ini ditandai oleh suara mesin yang membesar, sedangkan kampasnya dibuat khusus untuk menghasilkan suara gesekan dengan flywell dan seiring berjalan waktu bakal menipis akibat kondisi tersebut.

Kampas yang semakin tipis akan mengakibatkan flywell lebih renggang, hal itu bakal menyebabkan selip yang ditandai melalui getaran dari bagian bawah mobil kalian.

  1. Sistem Transmisi Bermasalah

Tidak mustahil bila sistem transmisi bermasalah bisa saja mengakibatkan tekanan mobil kamu terasa berat dari biasanya. Bagian ini meliputi dua bagian yang terdiri dari sistem transmisi matic dan manual. Keduanya memakai roda gigi, tetapi bagian matic hanya memakai roda gigi yang menyerupai plat lempengan.

Selain itu, pemindahan gigi bisa terhambat jika sistem transmisi matic lebih lamban dan bila kamu memakai gas penuh, maka mobilnya tidak bisa melaju cepat dan meraung saja, sedangkan kondisi seperti ini harus segera ditangani lantaran mengancam keselamatan kalian sebagai pengemudi.

  1. Sirkulasi AC Tidak Stabil

Sirkulasi AC tidak stabil menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tekanan mobil kamu semakin berat. Kamu harus memeriksa bagian pendingin lantaran tersumbatnya sirkulasi mesin pendingin bakal mengakibatkan tekanan mobil semakin tidak baik.

Jika sistem pendinginnya tersumbat, maka kamu bisa membawanya ke bengkel resmi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan maupun bagian dalam mesinnya supaya bisa dihilangkan.

  1. Pemilihan Oli yang Salah

Oli mempunyai peran cukup penting pada tekanan mobil kalian. Pasalnya, siapapun yang salah memilih cairan pelumas ini bakal mengalami kendala berupa tekanan mobilnya lebih berat dari keadaan normal.

Apabila kamu terlambat mengganti oli maka sistem kerja mesin bakal terganggu dan tarikannya semakin berat, sedangkan pemilihannya juga harus tepat lantaran kualitasnya ditentukan berdasarkan kekentalan yang menyesuaikan dengan spesifikasi mobilnya masing-masing.

  1. Pemilihan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

BBM yang dipakai oleh mobil kalian juga berperan terhadap tarikan mesin saat dikemudikan. Umumnya bahwa masing-masing bahan bakar mempunyai kadar oktan berbeda, bila kalian salah memilihnya maka performa mesin kendaraan tidak akan optimal dan tarikan mobilnya akan lebih berat.

Kalian bisa menggunakan bahan bakar seperti pertamax maupun pertalite yang mempunyai persentase oktan lebih besar daripada BBM jenis lain supaya kinerjanya lebih baik bagi mobil-mobil modern seperti sekarang.

Cara Mengatasi Tekanan Mobil Terasa Berat yang Efektif

Bagaimana Menangani Tekanan Mobil Berat dengan Baik dan Tepat?

Penyebab tekanan mobil terasa berat sangat mudah ditangani dengan cepat dan tepat tanpa menghabiskan waktu dan biaya.

Langkah pertama adalah kalian harus menggunakan knalpot yang sesuai dengan spesifikasi mobilnya lantaran knalpot custom biasanya menyebabkan tekanan mobil bakal berat dari biasanya.

Kamu juga bisa melakukan perbaikan sistem pendingin pada AC mobil bila kinerjanya masih belum normal walaupun sudah dibersihkan.

Serta melakukan pemeriksaan secara berkala pada bearing roda bila kondisinya terlalu seret dan mengganggu perputaran roda saat kalian sedang berkendara yang mengakibatkan tekanan mobil kalian semakin berat dan hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli di bengkel resmi saja.