Home » Mengatur » Cara Parkir Mobil

Cara Parkir Mobil

Cara parkir mobil masih dinilai sebagai hal membingungkan bagi beberapa orang. Kamu pasti belum mengetahuinya saat baru memiliki kendaraan roda empat. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sudah punya mobil masih sulit memarkirkannya hingga saat ini.

Wajar saja bila parkir mobil tidak bisa dilakukan sembarangan alias menyimpannya asal-asalan. Kamu harus memperhatikan lokasi parkir dan lingkungan sekitar karena tidak semua jalan kosong bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan mobil.

Tak bisa dipungkiri bahwa siapapun yang belum mengetahui cara parkir mobil dengar benar biasanya sulit mendapatkan SIM. Polisi bukan sekadar melakukan uji coba berkendara saja, namun cara parkir yang tepat.

Kamu perlu memperhatikan ulasan berikut untuk mengetahui seperti apa memarkirkan mobil yang baik dan benar. Orang-orang yang sudah lama punya mobil juga harus mengetahui jenis-jenis tekniknya lantaran tidak semuanya memiliki cara parkir yang sama.

Cara Parkir Mobil

Cara Parkir Mobil

Parkir Mobil | www.jooinn.com

Apa Saja Langkah Parkir Mobil Secara Umum di Indonesia?

Berikut ini merupakan langkah-langkah memarkirkan mobil secara umum di Indonesia. Kamu harus tahu perbedaannya supaya bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya, yakni :

  1. Parkir Mobil Serong

Cara parkir mobil serong menjadi hal pertama yang harus diketahui. Tak sedikit dari mereka selalu menyebutkan bahwa teknik ini paling mudah dari metode lainnya. Bagaimana tidak, kamu cukup meletakkan mobil dengan sejajar menyerupai bentuk serong.

Posisinya harus sama dengan mobil-mobil bagian kiri maupun kanan yang berdampingan pada lokasi serupa. Kamu bisa memundurkan mobilnya bila posisinya sudah dianggap sesuai alias sejajar dengan mobil lainnya.

Kamu juga perlu menjaga jarak dengan mobil lainnya supaya bisa keluar lebih mudah tanpa menggores badan mobil orang lain.

Hal ini pun tidak akan menghalangi mobil siapapun ketika kalian mengeluarkan mobil. Meski begitu, sebagian orang menilai teknik ini cukup rumit lantaran kamu harus membuat posisi parkirnya agak miring.

  1. Parkir Mobil Mundur

Teknik ini harus dipahami bahkan dikuasai siapa saja yang punya mobil. Mengapa? Hal itu disebabkan semua orang akan selalu memarkirkan mobil secara mundur saat berkunjung ke lokasi tertentu.

Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah memetakan terlebih dahulu terhadap wilayah kosong yang ingin ditempati. Tujuannya supaya kamu bisa parkir mobil lebih cepat dab mudah. Kamu juga pastikan ukuran mobil sesuai dengan tempat yang bakal diisi nantinya.

  1. Parkir Mobil di Garasi Sempit

Kamu bisa parkir mobil di garasi mobil dengan mundur terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan radiusnya berbelok antar roda dan mungkin lebih banyak maju mundur jika mengandalkan roda bagian depan. Apabila memakai roda belakang maka radius belokannya lebih pendek meski putar setir.

Kamu akan selalu disarankan memakai teknik parkir memundur saat berusaha menyimpan mobil ke dalam garasi sempit. Kamu juga bisa memarkirkannya lebih cepat dan mudah bila menerapkan teknik tersebut.

  1. Parkir Mobil Paralel

Tak sedikit dari mereka selalu menilai teknik ini sangat sulit. Kamu harus memarkir mobil dengan melintasi wilayah parkir dan menyesuaikan posisinya dengan mobil di depan tempat parkirnya. Kamu juga bisa memindahkan tuas ke bagian R dan putar setir untuk mengatur bagian belakang mobil saat masuk ke dalam area parkir.

Tak hanya itu, kalian cukup memundurkan mobilnya dan menyamakan posisi dengan lurus bila sudah diletakkan secara tepat.

  1. Parkir Mobil Menanjak

Teknik terakhir ini bisa disebut sebagai cara parkir mobil cukup ekstrem. Apabila kamu tidak menguasai mobilnya maka bisa melaju bahkan mundur ketika ditinggalkan. Umumnya bahwa parkir mobil pada jalur tanjakan akan mengandalkan teknik paralel.

Namun, kaki wajib siaga demi menginjak pegas rem supaya bisa menahan posisi mobil agar dapat stabil. Hal ini dianggap sebagai puncak kesulitannya dan kendalanya selalu dialami oleh pemilik mobil bertransmisi manual.

Cara Meletakkan Mobil yang Aman dan Nyaman

Cara parkir mobil sebenarnya tidak selalu sulit untuk dipahami oleh kalian. Kamu hanya perlu menentukan area parkir yang tepat dan tidak menghalangi mobil orang lain. Apabila kalian susah parkir pada jalur tanjakan, maka bisa tarik tuas remnya supaya posisinya bisa tetap (stabil).

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dengan menyimpan penahan pada ban mobil agar tidak dapat maju maupun mundur sendiri.

Jika kamu masih pemula dan ingin parkir mundur, maka bisa melihat kanan kiri dengan mengeluarkan kepala pada jendela mobil. Tujuannya supaya memastikan tidak ada mobil lain yang terkena gesekan saat parkir pada sudut serupa.

Kamu juga dapat melihat sisi kanan atau kiri melalui spion untuk memastikan jarak antar mobil cukup jauh. Hal ini pun mengantisipasi terjadinya tabrakan terhadap pembatas jalan yang disediakan untuk menahan siapapun untuk tidak parkir sembarangan.