Home » Mengatur » Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara parkir paralel mobil matic masih membingungkan banyak orang. Umumnya para pemilik mobil bertransmisi matic masih sulit memahami teknik seperti ini. Mereka bahkan kamu sendiri mungkin hanya sekadar mengetahui parkir mobil dengan posisi yang sama dengan milik orang lain.

Padahal, asumsi tersebut salah besar lantaran mobil matic punya beberapa teknik parkir yang harus diperhatikan. Kamu juga bisa saja gagal mendapatkan SIM dari kepolisian lantaran belum mengetahui teknik parkir paralel.

Kalian harus memperhatikan bahwa cara parkir paralel mobil matic yang tepat hanya melihat bagian tertentu. Kamu cukup perhatikan bagian roda dan sisi kanan maupun kiri supaya bisa menempatkannya dengan benar.

Kendati demikian, kamu juga perlu mengetahui perbedaan beberapa tuas atau gigi yang digunakan sehingga tidak dapat mengalami masalah bahkan kecelakaan. Uraian berikut bisa membantu anda untuk memarkir paralel mobil matic dengan baik tanpa merugikan orang lain.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Parkir Paralel Mobil Matic | www.dgndriving.co.uk

Bagaimana Parkir Paralel Mobil Matic yang Aman dan Tepat?

Bagi kalian yang punya mobil bertransmisi matic, posisi parkirnya terdapat pada kopling sejajar alias gigi pada posisi P. Untuk menyimpan gigi pada posisi N mampu menimbulkan alarm yang sulit dihidupkan. Bahkan, risiko buruk bila anda tidak mematuhi dan mengabaikan aturan parkir paralel ini adalah pintu mobil sulit terkunci.

Tak menutup kemungkinan bahwa kunci mobilnya bakal sulit dicabut lantaran kalian tidak bisa menyesuaikan teknik parkir paralelnya. Hal ini pun mengakibatkan roda mobil terkunci dan bisa diandalkan oleh rem tangan yang berperan sebagai penguat.

Cara parkir paralel mobil matic sebetulnya tidak selamanya dianggap sulit. Kalian hanya perlu memperhatikan hal-hal penting seperti berikut, yaitu :

  • Jangan pernah menyimpan posisi gigi pada tuas P (parking). Hal ini dikarenakan pintu mobil akan sulit dikunci.
  • Gigi diubah ke posisi N bisa menghasilkan alarm yang mungkin saja dihasilkan dari mobil matic kalian.

Kalian bukan hanya menguasai masing-masing gigi mobil yang biasa digunakan untuk melajukan kendaraannya saja. Pasalnya, banyak orang masih belum mengetahui bahkan kurang paham terhadap satu bagian penting pada gigi mobilnya.

Apa itu? Shift Lock adalah bagian penting yang berfungsi melepaskan pengunci transmisi ketika mesinnya mati atau giginya berada pada posisi P.

Kendati demikian, perannya bukan hanya berguna pada dua kondisi itu saja namun juga kunci kontak pada titik ACC maupun Lock atau tidak masuk ke dalam kontaknya. Kamu bisa menekan tombol shift lock dan menahannya sambil memindahkan tuas gigi dari posisi P ke N.

Kamu bisa keluar dari mobil dan menutup semua pintu bila sudah selesai. Jangan lupa menekan alarm untuk mengunci pintunya. Kamu juga harus menyimpan penahan seperti batu agak besar pada bagian roda bila mobil punya potensi bergerak ketika parkir.

Sementara itu, kamu harus mengetahui bahwa tidak semua mobil matic punya penempatan tombol shift lock yang sama. Kalian juga tidak perlu khawatir atas hal ini lantaran semua kendaraan roda empat bertransmisi matic pasti punya tombol tersebut.

Siapapun yang sulit melakukan parkir paralel pada mobil matic biasanya menyerah dan selalu mengandalkan panduan manual mobilnya. Padahal, kalian bisa menguasainya secara perlahan tanpa buku tutorial bahkan bantuan orang lain jika memperhatikan pakarnya dengan seksama.

Bagaimana tidak, sebagian besar dari mereka yang selalu memarkirkan mobil pada garasi sempit pasti menerapkan teknik parkir paralel. Mengapa? Hal ini dikarenakan lokasi yang cukup sempit membuat beberapa orang agak takut menekan gas dan mengubah tuas gigi saat menyimpan mobil maticnya ke dalam garasi.

Tak hanya itu, kalian juga pasti melihat beberapa orang yang parkir mobil matic pada garasi sempit akan selalu melakukan jalan mundur. Tujuannya supaya mereka bisa mengeluarkan mobil dengan mudah tanpa memarkirkannya lagi dan langsung melaju sesuai lintasannya.

Tips dan Trik Parkir Paralel Mobil Matic yang Aman

Hal Penting Soal Parkir Paralel Mobil Matic yang Harus Kamu Tahu

Cara parkir paralel mobil matic sangat mudah dikuasai dengan cepat. Kalian bisa mencobanya dengan memarkirkan kendaraan kesayangan saat memasuki garasi rumah yang terbilang sempit. Teknik ini akan selalu mengandalkan arah mundur dan jangan lupa untuk selalu mengatur tuas gigi ke posisi P supaya bisa diatur dengan benar.

Jangan lupa untuk memperhatikan sisi kanan dan kiri demi mencegah goresan pada permukaan body mobil. Kalian bisa mengeluarkan kepala dan melihat bagian tertentu yang nyaris bersentuhan dengan badan mobilnya.

Namun, kaca spion juga bisa diandalkan bila telah memahami sedikit teknik parkir paralel ini. Kalian harus bersabar saat memarkirkan mobil dengan sistem paralel lantaran risikonya bila terburu-buru adalah badan mobil bisa tergores bahkan rusak. Hal ini pun harus diwaspadai demi menghindari kerugian biaya perbaikan cukup besar.