Cara Hilangkan Baret Mobil

Cara Hilangkan Baret Mobil
Menghilangkan Baret Mobil

Bagaimana cara hilangkan baret mobil? Untuk menghilangkan baret di body mobil sendiri memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Selain itu, caranya tergantung pada tingkat goresan pada mobil tersebut. Jika terlalu dalam, mau tidak mau Kamu harus mengecat ulang mobilmu.

Read More

Adapun baretan di cat mobil sendiri memang begitu mengganggu, sebab akan mengurangi nilai estetika mobil. Hal tersebut biasanya terjadi karena tidak sengaja menabrak atau terserempet sesuatu.

Kamu tentu ingin langsung menghilangkan goresan pada mobil tersebut, agar bodi mobil mulus kembali seperti sedia kala.

Pentingnya hilangkan baret mobil juga terkait dengan cara cek mobil bekas jika Kamu berniat menjual kembali mobil tersebut.

Jika kondisi mobilmu mulus dan tanpa baret, tidak menutup kemungkinan calon pembeli pun langsung membayar kontan mobil Kamu nantinya!

9 Cara Hilangkan Baret Mobil

Cara Hilangkan Baret Mobil
Menghilangkan Baret Mobil

1. Bersihkan Menggunakan Air

Kamu  bisa memulainya dengan yang termudah lebih dahulu, yaitu dengan memakai air utnuk membersihkan dan mencuci bodi mobil. Baret atau goresan yang muncul bisa saja bukan disebabkan oleh goresan, tetapi hanya kotoran yang menempel dan bisa hilang jika Kamu membersihkannya dengan air.

Bentuk kotoran mengerak bisa membuat bodi tampak seperti tergores. Sehingga lebih baik Kamu mencuci mobil terlebih dahulu dengan air yang bersih. Tapi jika benar-benar mobil tergores oleh benda tajam, maka Kamu bisa menggunakan cara lain di bawah ini.

2. Memakai Pasta Gigi/Odol

Ada yang mengatakan jika cara hilangkan baret mobil bisa memakai pasta gigi atau odol. Tapi sebenarnya cara ini juga bisa Kamu coba. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan ialah berikut ini :

  • Bersihkan bagian bodi mobil yang lecet atau tergores lebih dahulu.
  • Kemudian ambil basah lalu oleskan odol yang telah disiapkan.
  • Lalu gosokkan pasta gigi ke bagian bodi yang tergores pada mobil dengan cara melingkar.
  • Jika goresan telah hilang, Kamu cukup membersihkannya memakai air bersih.
Terkait:  Cara Menghilangkan Baret Mobil

Cara ini bisa dilakukan pada jenis baretan halus. Apabila goresan pada mobil terlalu dalam, tentu saja cara ini tidak mempan. Sebab cat mobil akan terkelupas dan rusak.

3. Memakai Obat Nyamuk

Obat nyamuk rupanya bisa dijadikan sebagai pengganti kompon, karena dapat menghilangkan baret dan goresan pada mobil. Sebenarnya caranya bisa dibilang kurang lazim, tapi bisa diandalkan saat kondisi darurat.

Adapun obat nyamuk yang dimaksud adalah obat nyamuk oles. Sebab obat nyamuk oles memiliki kandungan zat cukup keras jika dipadukan dengan cat, oleh karenanya bisa mengatasi baret ringan yang terjadi pada mobilmu.
Cara menggunakan obat nyamuk untuk menghilangkan baret pada mobil, ialah sebagai berikut :

  • Bersihkan bodi mobil terlebih dahulu dari kotoran, terutama pada bagian bodi yang baret atau tergores.
  • Lalu terapkan obat nyamuk oles/cair ke bodi mobil yang lecet.
  • Diamkan sampai 10-20 detik, bersihkan menggunakan air bersih.

Meskipun cukup ampuh menghilangkan goresan atau baret halus hingga sedang, tapi zat yang terdapat pada obat nyamuk sebenarnya dapat menghilangkan clear coat dalam cat mobil jadi cat mobil Kamu akan terlihat buram. Selain itu, cara ini juga penuh resiko. Kamu harus melaukannya dengan hati-hati dan pastikan tidak menggosoknya terlalu keras.

4. Memakai Minyak Rem

Cara hilangkan baret mobil lainnya ialah dengan memakai minyak rem. Sebenarnya cara ini dapat Kamu coba untuk mengatasi baret/goresan halus dalam cat mobil. Berikut langkah-langkah caranya :

  • Pertama-tama silahkan persiapkan minyak rem terlebih dahulu.
  • Lalu oleskan/terapkan minyak rem ke dalam kanebo kering, dan gosok dengan perlahan hingga baretan halus pada mobil menghilang.

Sama dengan obat nyamuk oles, minyak rem ini juga mengandung zat cukup kuat bagi cat mobil. Oleh karenanya, tidak merekomendasikan penggunaan cat mobil baru, sebab dapat membuat cat kendaraan menjadi kusam.

Terkait:  Cara Mengisi Freon AC Mobil

5. Memakai Kumpon

Kumpon dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi goresan atau baret pada bodi yang lecet. Adapun cara kerja dari kumpon ini ialah dengan cat di area sekitar goresan, dengan demikian goresan pun akan tertutup dan hilang cat di area sekitar baret/goresan.

Kamu bisa mendapatkan kompon di supermarket atau toko aksesoris. Selain itu, mereknya juga beragam, salah satunya ialah KIT. Untuk memakai kumpon sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :

  • Bersihkan bagian yang lecet atau tergores sampai seluruh kotoran menghilang.
  • Jika bodi sudah mengering, selanjutnya cukup oleskan kompon ke bodi yang baret.
  • Sebaiknya oleskan kompon sedikit saja sebab dapat merusak cat.  Ambil seperlunya saja kumpon sesuai bagian mobil yang tergores/baret.
  • Cukup oleskan bagian mobil yang baret dengan kanebo. Dan lakukan hingga goresan menghilang.

6. Memakai Scratch Remover

Scratch Remover adalah cairan khusus untuk menghilangkan baret dan goresan pada cat bodi mobil. Scratch Remover sangat ampuh mengatasi baret ringan. kamu bisa memperolehnya di toko aksesori otomotif terdekat atau dengan membelinya online.

Adapun cara menggunakannya sebenarnya sangat gampang. Kamu hanya cukup mengoleskannya di bagian bodi mobil baret atau tergores. Lalu cukup poleskan scartch remover dengan lap microfiber. Kemudian lakukan proses ini hingga beberapa kali.

7. Memakai Spidol Cat

Cara mengatasi baret/goresan pada mobil lainnya ialah bisa dengan memakai spidol cat mobil. Namun spidol ini bukan sekedar spidol biasa, sebab dapat dipakai untuk menyamarkan baret atau goresan pada mobil.

Kamu bisa menggunakannya untuk menutupi baret/goresan sedang maupun dalam. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau.

8. Memakai Jasa Poles Mobil

Kamu juga bisa memanfaatkan jasa poles mobil yang memberikan layanannya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Terkait:  Cara Dapat Mobil Gratis

Poles bodi mobil tidak hanya membuat kendaraanmu kembali kinclong, tetapi juga dapat mengatasi atau menghilangkan baret/goresan ringan.

Kamu sebenarnya dapat mencobanya di rumah, sebab hanya memerlukan amplas dna kumpon khusus poles bodi mobil saja untuk melakukannya.

9. Ketok Magic

JIka goresan atau baret pada mobil terlalu parah, bahkan membuat mobil tampak penyok, lebih baik langsung pergi ke jasa ketok magic saja. Sebab bodi yang penyok pada mobil harus di dempul terlebih dahulu, baru kemudian bisa di cat ulang, agar terlihat seperti baru.

Cat ulang mobil pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Selain itu, cat yang dipakai harus berkualitas, pastikan warna catnya sama atau senada dengan bodi mobil, agar cat mobil tak terlihat kontras/belang.

Apabila bodi mobil yang Kamu cat terlalu luas, misalnya pada full bumper, lebih baik pilih tukang cat atau ketok magic yang sudah memakai teknik oven supaya catnya lebih tahan lama.

Selain itu, biaya yang Kamu keluarkan juga sangat bervariasi, biasanya tergantung dari warna, cat, hingga tingkat kesulitannya.

Itulah cara hilangkan baret mobil yang bisa Kamu lakukan sesuai dengan tingkat keparahan goresannya. Jika perlu, Kamu bisa mengajukan asuransi kendaraan, karena biasanya asuransi ini dapat mengklaim bagian mobil yang  baret atau lecet.

Bagi Kamu yang membeli kendaraan dengan cara kredit, umumnya akan memperoleh asuransi All Risk yang artinya Kamu dapat mengklaim seluruh kerusakan yang telah dialami kendaraan dalam masa kredit.

Related posts

Leave a Reply