Cara Ikut Lelang Mobil

Mendapatkan mobil seken dengan harga yang terjangkau, salah satunya ialah dengan mencoba cara ikut lelang mobil. Lelang selama ini menjadi cara paling banyak dilakukan oleh semua pemilik showroom demi mendapatkan mobil berharga lebih murah, di samping langsung dari pemiliknya atau secara perorangan.

Namun, untuk kondisinya sendiri memang tak sepenuhnya dapat dijual kembali secara langsung atau dapat dipakai akan tetapi ada hal-hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu supaya harganya menjadi lebih mahal/tinggi.

Walaupun banyak diikuti para pemilik showroom, tidak berarti Kamu pembeli perorangan tak diperkanankan membeli mobil lewat jalur lelang.

Sebab proses lelang mobil sendiri dapat diikuti siapapun secara bebas, baik perorangan maupun bagi pemilik showroom. Asalkan para peserta lelang wajib mengikuti prosedur sesuai ketetapan yang dilakukan balai lelang.

Apa Saja Persyaratan Untuk Ikut Lelang Mobil?

Sebelum kita membahas cara ikut lelang mobil, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui terlebih dahulu, diantaranya :

  • Peserta wajib memiliki nomor peserta lelang atau NPL.
  • Peserta lelang wajib membayar DP atau uang deposit sejumlah Rp 5 juta untuk pembelian 1 unit mobil lelang.
  • Peserta bisa melakukan pencarian tipe atau jenis mobil yang akan dicarinya, dan bisa juga dengan melihat-lihat beberapa lot mobil seken yang dilelang.

Keuntungan Ikut Lelang Mobil

Bagi Kamu yang tertarik untuk memiliki mobil, cara ikut lelang mobil bisa dijadikan pilihan. Ada banyak keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan mengikuti lelang mobil, diantaranya sebagai berikut :

1. Tersedia Banyak Pilihan

Keuntungan yang bisa Kamu dapatkan pertama kali ialah bisa memiliki mobil bekas dengan berbagai tipe dan pilihan model. Kamu tidak hanya berpeluang mendapatkan 1 tipe mobil saja.

Selain itu, kelas yang ditawarkan pada masing-masing mobil juga beragam, dari yang kelas bawah hingga kelas atas, jadi lebih bervariasi. Positifnya, Kamu dapat menyesuaikan pemilihan tipe mobil sesuai kebutuhan.

2. Lebih Terjangkau

Seperti sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa salah satu keuntungan mengikuti program lelang mobil ialah Kamu akan memperoleh harga lebih terjangkau jika dibandingkan harga pasaran.

Apabila Kamu mengetahui triknya, maka mobil yang dilelang biasanya mempunyai selisih cukup besar dari Rp. 5 juta – Rp. 25 juta setiap unitnya.

Penawaran harga tersebut disesuaikan kondisi mobilnya. Di samping itu, hal yang berpengaruh pada harga jual mobil lelang ialah minat atau permintaan pasar mobil tersebut.

3. Lebih Cepat dan Praktis

Jika Kamu mengikuti lelag mobil, maka Kamu akan disuguhan proses lelang dengan cepat dan praktis, bahkan tak berbelit-belit.

Adapun persyaratan utamanya ialah Kamu harus menitipkan uang deposit lebih dahulu. Selanjutnya sebelum waktu pelelangan tiba, Kamu akan dipersilahkan untuk mengecek kondisi mobil lelang.

Dengan melihat dan mengecek kondisi mobil tersebut, Kamu puna kan mengetahui jenis mobil yang akan dilelang, jadi semakin mempermudah Kamu untuk mengetahui seperti apa mobil yang diincar dan diinginkan.

Di waktu pelelangan tiba, biasanya pihak balai pelelangan akan menyertakan data-data atau dokumen akurat dari tiap-tiap mobil lelang tersebut.

Hal ini bertujuan supaya calon konsumen atau pembeli dapat mengetahui kondisi mobil secara detail.

4. Bisa Langsung Membawa Mobil

Jika Kamu dinyatakan lolos atau menang lelang, selanjutnya Kamu bisa langsung membawa mobil tersebut dengan cepat ke kediamanmu.

Akan tetapi, sebelum Kamu membawanya pulang ke rumah, alangkah baiknya bawa terlebih dahulu ke bengkel kepercayaan untuk mengetahui apa saja kerusakan yang dimiliki mobil tersebut.

Hal ini bertujuan agar kondisi mobil tidak semakin parah kerusakannya, jika memang ada kerusakan.

5. Cara Pelelangan Transparan

Jika Kamu mengikuti proses lelang mobil/kendaraan di balai pelelangan yang tepat, Kamu pun akan memperoleh keuntungan seperti proses pelelangan yang terbilang transparan.

Ini artinya, mobil mana yang Kamu lihat maka itulah mobil yang akan Kamu dapatkan jika Kamu menang lelang.

Kamu tak perlu ragu unit mobil lelang yang Kamu dapatkan berbeda saat pengecekan sebab semuanya sudah dilakukan dengan transparan.

6. Model Vintage Banyak Dicari

Adapun alasan kenapa orang harus rela mengantri di pelelangan ialah dikarenakan mereka sedang mencari unit mobil klasik.

Umumnya para kolektor kendaraan ini tidak akan melewatkan begitu saja jika ada pelelangan unit mobil klasik.

Harapannya, tentu saja mereka bisa membawa pulang kendaraan tersebut dengan penawaran harga yang sesuai dengan isi kantong.

Jadi, untuk mendapatkan kendaraan yang Kamu impikan tak ada salahnya mencoba mengikuti proses lelang mobil, sebab ada banyak keuntungan yang Kamu peroleh asalkan lebih cermat dan selektif dalam memilih kendaraan saat mengikuti pelelangan.

Di samping itu, sebaiknya kendalikan diri Kamu supaya tidak memperoleh mobil yang harganya lebih mahal dibanding harga pasaran.

Cara Ikut Lelang Mobil

Cara Ikut Lelang Mobil
Cara Ikut Lelang Mobil | www.am-online.com

Panduan Cara Ikut Lelang Mobil Bekas/Seken

Setelah mengetahui keuntungan mengikuti lelang mobil, selanjutnya jika Kamu ingin mencoba mengikuti lelang mobil bekas, ada beberapa cara yang wajib Kamu lakukan berikut ini :

  1. Kunjungi situs web balai lelang, lewat situs resminya atau bisa juga dengan memakai aplikasi yang bisa Kamu unduh di PlayStore.
  2. Cari tipe mobil yang akan Kamu beli, list lot kendaraan/mobil yang dilelang dapat di download dari aplikasi atau website tersebut.
  3. Pastikan jadwal lelang mobil yang akan dilangsungkan.
  4. Setelah itu, cek kendaraan. Cek kondisi kendaraan beserta kelengkapan dokumen dan surat-suratnya. Kamu bisa mendatangi balai lelang secara langsung. Namun jika dilakukan via online, Kamu dapat melihatnya lewat aplikasi atau website.
  5. Lakukan registrasi, caranya dengan melakukan pengisian daftar diri menjadi peserta lelang.
  6. Beli NPL (nomor peserta lelang), sebagai syarat wajib bagi tiap peserta lelang. Nah, untuk mendapatkannya para peserta harus membayar jaminan atau deposit lelang terlebih dahulu. Adapun besaran tiap NPL itu sendiri sekitar Rp. 5 juta.
  7. Silahkan bayar NPL, biasanya pembayara NPL dapat dilakukan lewat virtual account, mesin EDC atau kartu kredit.
  8. Ikuti lelang, lakukan penawaran jenis/tipe mobil yang Kamu inginkan.
  9. Jika menang lelang, maka peserta wajib melunasi lelang paling maksimal selama 5 hari kerja sesudah proses lelang berlangsung. Apabila melakukan pembatalan, secara otomatis uang deposit yang Kamu bayar di awal akan hangus.
  10. Sementara jika Kamu kalah lelang, maka deposit yang sudah dibayarkan senilai Rp. 5 juta tadi akan dikembalikan lagi ke peserta maksimal selama 3 hari sesudah proses lelang.
  11. Pengambilan mobil dan dokumennya dapat dilakukan sesudah pemenang melunasi pembayaran.

Demikianlah ulasan tentang keuntungan dan cara ikut lelang mobil online yang bisa Kamu coba jika ingin mendapatkan mobil impian dalam waktu cepat. Semoga bermanfaat!