Home » Otomotif » Cara Jual Mobil Bekas

Cara Jual Mobil Bekas

Apakah Kamu berencana untuk menjual mobil dan belum tahu bagaimana cara jual mobil bekas agar mendapatkan harga terbaik?

Jika ya, sebaiknya jangan langsungĀ upload ke internet atau pergi ke dealer, namun pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar Kamu dapat mendongkrak harganya.

sebenarnya menjual mobil seken itu sendiri tidak mudah, adapun faktor yang berpengaruh terhadap harga penjualan mobil itu sendiri ialah merek.

Kita tahu bahwa ada berbagai macam merek mobil di Indonesia yang susah laku dijual karena peminatnya hanya sedikit, tapi ada pula mobil yang laris di pasaran karena memiliki banyak peminat.

Selain merek, faktor lainnya adalah kondisi mobil yang Kamu jual apakah membutuhkan perbaikan atau masih bagus, rutin dilakukanĀ service atau jarang danseterusnya.

Namun pada umumnya panduan cara jual mobil bekas bisa dilakukan dengan beberapa tahapan di bawah ini agar harga jualnya cukup tinggi.

Setiap penjual mobil seken tentu berharap untuk mendapatkan harga tinggi. Jika tidak bisa, setidaknya kita masih memiliki keuntungan yang layak.

Nah, jika Kamu menginginkan harga jual mobilmu tetap mahal, ada beberapa tips yang harus dilakukan berikut ini :

Cara Jual Mobil Bekas

Cara Jual Mobil Bekas

Jual Mobil Bekas | Freepik.com

Panduan Cara Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi

1. Survey Harga Pasar

Mengetahui harga di pasaran tentu penting sekali agar Kamu dapat menentukan nilai jual yang sesuai untuk mobil bekasmu. Kamu dapat melakukan survei harga jual lewat media online.

Harga jual nantinya akan berpengaruh pada lama tidaknya mobilmu terjual. Oleh karenanya, pertimbangkan baik-baik harga yang akan Kamu tetapkan.

Jika ada calon konsumen melakukan nego, maka sampai limit berapa Kamu bisa menerimanya.

2. Cek Kondisi Mobil Keseluruhan

Mengecek kondisi mobil secara keseluruhan berguna untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada kendaraan Kamu. Ada beberapa komponen mobil yang wajib Kamu periksa, diantaranya cat mobil, komponen mesin, kelistrikan, kaki-kaki, roda, dan semua kaca.

Kamu juga bisa mengecek interior mobil, apakah kondisinya masih baik atau ada masalah. Apabila ada bagian atau komponen yang memerlukan penggantian atau perbaikan, Kamu bisa menggantinya terlebih dahulu. Selain itu, jika mobil bekasmu tergores atau penyok sedikit, Kamu bisa coba cara dempul mobil terlebih dahulu.

Pastikan kondisi kendaraan bekasmu masih layak di jalan raya dan masih dalam kondisi prima, hal ini penting agar pembeli tak merasa kecewa. Terlebih lagi jika pembeli mengetahuinya sesudah membawa pulang kendaraanmu, bisa-bisa Kamu akan mendapatkan komplain.

Di samping itu, jika kondisi mobilmu masih baik sudah seharusnya mobil tersebut cepat laku meskipun dijual dengan harga tinggi.

3. Cuci Bersih Mobil Lalu Upload Foto Mobilmu

Foto mobil berkualitas dan jernih tentu penting sekali dalam mempromosikan mobil bekasmu. Terlebih jika Kamu menjualnya lewat media online, tentu saja penampilan menjadi poin terpenting yang dililhat pertama kali oleh calon konsumen.

Oleh karenanya, ambil foto mobil bekas Kamu secaradetail dari sudut pandang yang jelas. Namun sebaiknya cuci bersih mobil bekas yang Kamu jual terlebih dahulu, jika perlu bawa ke salon agar tampilannya lebih kinclong.

Tampilan menarik dan tampak terawat merupakan poin penting agar mobil bekasmu cepat laku dijual dengan harga lebih tinggi.

4. Cek Kelengkapan Dokumen dan Surat-Surat Kendaraan

Cara jual mobil bekas agar cepat laku berikutnya ialah dengan mengecek kelengkapan surat-surat dan dokumen kendaraan. Adapun dokumen yang wajib ada ialah BPKB dan STNK.

Selain itu, cek kembali apakah pajak mobil bekasmu telah dibayarkan ataukah menunggak. Sebab jika pajak mobil menunggak, maka calon konsumen pun akan berpikir dua kali untuk membeli mobilmu.

Sementara, dokumen lainnya yang dapat Kamu persiapkan jika masih ada, seperti dokumen asuransi, buku manual, riwayat service rutin dan lainnya sebagai nilai tambah. Kalaupun tidak ada, sebenarnya tidak masalah.

5. Pilih Cara Jual Mobil Bekas

Ada beberapa cara untuk menjual mobil bekas yang dapat Kamu gunakan saat ini. Kamu bisa pilih salah satunya, bisa juga dengan memanfaatkan semua cara agar lebih cepat laku.

Adapun cara-cara yang dapat Kamu lakukan ialah menjual mobil lewat dealer mobil bekas, lewat situs jual beli mobil, lewat dealer resmi, lewat surat kabar, menjual sendiri, dan lewat bursa mobil bekas yang ada di kotamu.

Tiap-tiap pilihan penjualan memiliki kelemahan dan keunggulan yang berebda. Kamu tinggal mencobanya saja sebagai tambahan pengalaman.

6. Persiapkan Biaya Iklan

Jangan lupa pula untuk mempersiapkan biaya iklan atau promosi. Melakukan pembayaran biaya iklan tentu membuat mobilmu lebih banyak mendapat penawaran dan dapat menjangkau calon pembeli lebih banyak.

Selain itu, Kamu juga dapat memasukkan biaya promosi iklan tersebut ke perhitungan harga mobil nantinya.

Misalkan, Kamu dapat menyediakan biaya iklan hingga 1 juta rupiah, maka cukup membagi biaya iklan tadi ke tiap media penjualan.

Adapun media yang dapat Kamu coba ialah situs web jual beli mobil bekas dan surat kabar daerah, dengan biaya tiap-tiap media tersebut bervariasi.

7. Pergunakan Platform Media Sosial

Platform media sosial sekarang ini telah menjadi tempat untuk berkumpul bagi sebagian besar pengguna internet, termasuk Kamu tentunya.

Ada beberapa jenis platform sosial media yang memiliki banyak pengguna, seperti Youtube, Instagram, dan Facebook. Kamu dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial tadi untuk mempromosikan mobil bekasmu.

Jika Kamu memakai Facebook, sebaiknya cari klub atau komunitas mobil sesuai tipe mobil yang Kamu jual. Kemudian posting foto mobil dan tawarkan di komunitas tersebut.

8. Waspada Penipuan

Kamu mungkin pernah mendengar atau membaca berita aksi kriminal penipuan jual beli kendaraan bermotor. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya berhati-hati ketika bertransaksi.

Aksi penipuan tersebut tak hanya terjadi dalma kasus penjualan kendaraan online saja, melainkan juga dalam transaksi jual beli secara langsung. Oleh sebab itu, Kamu harus benar-benar jeli memilh calon konsumen yang potensial.

Umumnya masalah keamanan transaksi jual beli tersebut terjadi ketika hendak menunjukkan keadaan mobil dan meminta melakukan test drive. Jadi, tetap waspada!

9. Proses Pembayaran

Dengan harga jual kendaraan yang masih tinggi, mungkin ada beberapa orang yang memilih membelinya dengan cara kredit sesudah terjadi kesepakatan harga. Proses kredit tersebut tentu membutuhkan waktu selama beberapa hari sampai keputusan pengajuan kreditnya apakah diterima atau tidak.

Supaya Kamu tak rugi waktu, alangkah baiknya masalah pembayaran tersebut ditanyakan terlebih dahulu apakah dilakukan secara kredit atau tunai. Jika dilakukan secara kredit, alangkah baiknya ada uang muka atau tanda jadi. Tapi hal ini sebenarnya tergantung keputusan Kamu sebagai pihak penjual.

Nah, itulah 9 tahapan cara jual mobil bekas agar laku dengan harga tinggi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!