Home » Cara Kerja » Cara Kerja Admin Gudang

Cara Kerja Admin Gudang

Bagaimana cara kerja Admin Gudang? Di perusahaan dagang dan manufaktur biasanya ada seorang atau beberapa orang karyawan yang bertugas menjadi Admin Gudang. Adapun tugas utama seorang Admin Gudang ialah mencatat barang masuk dan juga keluar dari dalam Gudang.

Tidak hanya itu juga, staf Admin Gudang biasanya ikut melakukan perawatan pada barang-barag atau produk yang ada di gudang.

Misalnya saja, tugas staf admin gudang di jasa penjualan dan penerbitan buku, ialah mencatat stok-stok buku, lalu mencatat mana saja buku yang masuk dan buku yang telah keluar dari gudang.

Selain itu, Admin Gudang bertanggung jawab pula untuk mengirimkan barang sampai tiba ke tangan konsumen. Biasanya Admin Gudang diisi satu sampai dua orang, hal ini biasanya tergantung dari besarnya gudang itu sendiri.

Sebenarnya untuk menjadi staf admin gudang tidak ada persyaratan secara khusus, setidaknya harus memahami pengoperasian dasar tentang komputer, baik itu Microsoft Word, Microsoft Excel, serta aplikasi pengelolaan stok barang. Satu hal yang pasti Staf Admin Gudang harus teliti dalam mencatat stok barang yang keluar dan yang masuk.

Cara Kerja Admin Gudang

Supaya lebih siap saat bekerja sebagai Admin Gudang, ada beberapa tugas staf Admin Gudang berikut persyaratannya yang dapat dijadikan bahan pertimbangan di bawah ini!

Bagaimana Cara Kerja Admin Gudang dan Tugasnya?

Ada beberapa cara kerja Admin Gudang yang perlu Kamu ketahui, berikut ini :

1. Mengecek dan Mencatat Surat Penerimaan Produk/Barang

Cara Kerja Admin Gudang

Setiap barang atau produk yang keluar dan masuk ke dalam gudang perlu dicatat supaya jumlah stoknya dapat diketahui. Selain itu, Admin Gudang pun wajib membuat surat perihal penerimaan barang untuk dijadikan tanda bukti jika barang sudah diterima perusahaan.

2. Memeriksa Kondisi Stok Barang

Cara kerja Admin Gudang berikutnya ialah setiap barang atau produk di gudang wajib diperiksa kondisinya terlebih dahulu, termasuk harus melakukan perawatan terhadap barang maupun peralatan yang ada di gudang supaya selalu dalam keadaan yang baik dan tidak rusak.

3. Melakukan Penginputan Data Inventory ke Dalam Program Dengan Cepat dan Tepat

Jumla stok barang yang terdapat di gudang perlu di update setiap waktu, entah itu produk yang keluar maupun yang masuk. Salah satu tugas dari Admin gudang ialah melakukan penginputan data inventory ke dalam program.

4. Melakukan Packing Produk Sebelum Dikirimkan Kepada Konsumen

Staf Admin Gudang pun bertugas mempersiapkan barang atau produk sebelum dilakukan pengiriman ke konsumen, misalnya dengan menyesuaikan ukuran, mengecek kualitas, mengecek barang sesuai pesanan hingga proses packing barang.

5. Melakukan Pengecekan dan Penerimaan Barang Retur dari Pembeli

Dalam sebuah bisnis tentu sudah lumrah jika terjadi kerusakan barang saat sampai di tangan konsumen.

Umumnya hal ini disebabkan oleh kesalahan waktu pengiriman, baik itu karena tertindih barang yang lain, terjatuh, atau karena kurir yang teledor. Bisa juga disebabkan oleh kecacatan produk saat proses produksi.

Produk yang cacat atau rusk akan dikembalikan/diretur ke perusahaan, biasanya Admin Gudang dan Admin Marketing bersama-sama bertugas menerima sekaligus mencatat barang tersebut lalu disisihkan ke tempat khusus.

6. Melakukan Stok Opname

Stock opname ialah perhitungan persediaan fisik di gudang atau toko. Tujuan stock opname itu sendiri untuk memastikan stock barang yang masih ada dalam sistem dengan stock yang terdapat di gudang. Aktivitas ini termasuk dalam bagian SPI (Sistem Pengendalian Intern).

7. Mengupdate Produk yang Memasuki Masa Expired

Barang di toko atau di gudang harus selalu dilakukan pengecekan, terlebih barang berbentuk minuman atau makanan. Dikarenakan barang tersebut mempunyai batas expired, jadi jangan sampai terlewat dan tetap terpajang di toko.

Salah satu cara kerja Admin Gudang ialah mengecek dan mencatat beberapa produk yang akan memasuki masa expired.

8. Membuat Laporan Bulana Administrasi Stok Gudang

Di samping melaporkan kinerja dalam waktu 1 bulan, tugas Admin Gudang lainnya juga melaporkan administrasi mengenai stok gudang ke atas.

Dimana laporan tersebut terdiri atas jumlah stok yang sebenarnya, jumlah produk yang rusak, jumlah keluar asuk barang, jumlah produk yang akan memasuki masa expired.

9. Membuat Surat Jalan

Surat jalan merupakan salah satu dokumen yang wajib dibawa supir saat mengirimkan barang. Biasanya surat ini dibuat Admin gudang disertai tanda tangan pimpinan. Selain itu, surat jalan tersebut harus dibuat saat mengirimkan barang berjumlah besar.

Kualifikasi Menjadi Admin Gudang

Tugas Admin Gudang

Selain mengetahui cara kerja Admin Gudang, Kamu yang tertarik dengan profesi Admin Gudang tentu harus memahami persyaratan apa saja yang wajib dipenuhi.

Dimana dengan semakin banyaknya syarat dan kualifikasi yang Kamu penuhi, maka akan peluang diterima menjadi Admin Gudang pun menjadi semakin besar. Adapun kualifikasinya ialah sebagai berikut :

  • Mempunyai pengalaman dalam bidang yang sama menjadi nilai lebih.
  • Paling minimal jurusan Diploma.
  • Mempunyai keterampilan komunikasi dan ketelitian yang baik.
  • Mempunyai kemampuan supply chain, manajemen stok barang dan logistik.
  • Struktur, prosedural, dan rapi.
  • Bertanggung jawab dan jujur.
  • Sudah terbiasa deadline dan mencapai target.
  • Cepat tanggap, tegas, rajin, dan komunikatif.
  • Bisa mengoperasikan perangkat komputer dengan lancar, terutama Ms. Word dan Microsoft Excel.

Berapa Gaji Staf Admin Gudang?

Di perusahaan-perusahaan besar, penghasilan menjadi Admin Gudang bisa dikatakan cukup besar. Berdasarkan informasi yang dijumpai di internet, ada beberapa lowongan pekerjaan Staf Admin Gudang beserta informasi gajinya. Adapun kisaran gaji staf Admin gudang sendiri mulai dari Rp. 2.000.000 sampai yang terbesar Rp. 6.500.000.

Itulah informasi kisaran pendapatan staf Admin gudang yang ada di beberapa perusahaan. Gajinya mungkin bervariasi untuk setiap  perusahaan, biasanya menyesuaikan besar atau kecilnya perusahaan beserta tanggung jawab dari staf Admin Gudang itu sendiri.

Namun, jika pekerjaan menjadi Admin Gudang telah menjadi passion-mu. Maka tentu saja gaji berapapun tidak masalah asalkan Kamu menyukai pekerjaan dan tentu saja jika kenerja Kamu di perusahaan baik, bukan tak mungkin akan diangkat menjadi Supervisor Gudang.

Semoga ulasan tentang cara kerja Admin Gudang, kualifikasi dan kisaran gaji staf Admin Gudang yang sudah dijelaskan di atas, bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *