Home » Cara Kerja » Cara Kerja Air Purifier

Cara Kerja Air Purifier

Cara kerja Air Purifier tentu saja berbeda dengan cara kerja Air Cooler yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya, mengingat fungsinya saja sudah berbeda.

Air Purifier dikenal sebagai pemurni udara, sehingga bisa dijadikan andalan bagi yang ingin mendapatkan udara yang sehat di ruangan atau di dalam rumah.

Apa Itu Purifier?

Menurut penelitian dari EPA (Environmental Protection Agency) sebagai lembaga pemerhati lingkungan, polusi udara adalah satu dari 5 faktor penyebab kondisi udara yang buruk, sehingga bisa berdampak pada menurunnya kesehatan manusia.

Dalam hal ini unit Air Purifier dapat dijadikan pilihan bagi Kamu yang tinggal di area perkotaan yang kualitas udaranya buruk.

Pengertian Air Purifier

Terutama bagi Kamu yang mempunyai anggta keluarga perokok, maka manfaat unit Air Purifier dapat membantumu untuk meminimalisir asap rokok atau bau yang tersebar di dalam ruangan.

Tidak hanya meminimalisir dan menetralisir asap atau bau rokok, Air Purifier pun bisa digunakan untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebar lewat udara.

Selain itu, Air Purifier juga berbeda dari Air Conditioner atau yang lebih kita kenal dengan sebutan AC, meskipun sekarang ini ada pula AC yang dilengkapi oleh Air Purifier pada sistemnya.

Bisa dikatakan bahwa Air Purifier adalah teknologi yang ideal sekarang ini dan cocok untuk menghadirkan udara yang sehat dalam rumah/ruangan.

Cara Kerja Air Purifier

Air Purifier adalah sebuah unit yang bisa membersihkan udara di dalam ruangan yang dapat dihirup. Jadi alat ini tidak berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam ruangan seperti halnya AC, tetapi hanya mengelurkan udara segar bersih yang bebas polusi.

Maka dengan memakai alat ini, penyebab alergi atau partikel alergen bisa dihilangkan, oleh karenanya Kamu tak perlu lagi khawatir terkena penyakit asma maupun penyakit yang berhubungan dengan alergi lainnya.

Cara Kerja Air Purifier

Cara Kerja Air Purifier | Freepik.com

Sebenarnya cara kerja Air Purifier sendiri cukup simpel. Saat dinyalakan, maka udara yang ada dalam ruangan pun akan tersedot menggunakan bantuan kipas lalu ditangkap oleh penyaring/filter pada bagian belakang unit Air Purifier.

Lalu udara tersebut akan disaring lewat filter, kemudian disalurkan lagi lewat penyalir di depan unit. Udara yang dihasilkan tentu saja sudah bebas polusi akibat kuman, debu, bakteri karena pertikel yang ada dalam udara telah disaring lebih dulu.

Adapun efektifitas dari kemampuan Air Purifier untuk memurnikan dan membersihkan udara dapat mencapai sampai 95%.

Jenis-Jenis Air Purifier

Setelah membahas cara kerja Air Purifier, ada beberapa jenis Air Purifier yang perlu kita ketahui dan biasanya dijual di pasaran, diantaranya sebagai berikut :

1. Air Purifier Filter Ionizer

Filter Ionizer adalah filter Air Purifier yang paling terkenl. Filter ini adalah alat filter dengan saringan terlemah dibandingkan jenis-jenis lainnya.

Berbeda dengan jenis lainnya, jenis filter ini tidak dapat menghilangkan polusi udara di dalam ruangan/rumahmu. Jenis Air Purifier ini bahkan membuat polusi udara dalam ruangan semakin bertambah karena terkadang ada kotoran keluar dari mesin tersebut.

Jika Kamu pengguna Air Puriier Filter Ionizer, Kamu sepertinya perlu membeli alat Vacuum Cleaner tujuannya untuk membersihkan kotoran dan debu yang telah dihasilkan.

Selain itu, filter ini membuat bau di dalam ruangan rumah menjadi netral, jadi aroma tidak sedap dalam ruangan pun menghilang.

2. Air Purifier Filter HEPA

Jika Kamu tidak ingin repot-repot membeli penyedot udara atau Vacuum Cleaner, bisa pilih jenis Air Purifier berteknologi canggih dengan filter HEPA.

Dengan memakai filter HEPA ini, maka unit penjernih udara dalam ruangan dapat menghilagkan polusi udara serta bau tidak sedap di dalam ruangan. Alat filter ini dapat menyaring udara kotor yang tidak sedap dengan baik. Sesudahnya udara tersebut akan dikeluarkan lagi dari unit berbentuk udara bersih.

Walaupun demikian, filter HEPA dinilai tidak dapat menyaring beberapa partikel kecil di dalam ruangan. Apabila Kamu ingin memperoleh udara lebih bersih, Kamu harus membeli lagi Air Purifier dengan perpaduan filter Ionizer dan HEPA.

3. Air Purifier Filter Karbon Aktif

Filter karbon aktif pada Air Purifier sekarang ini adalah sejenis filter yang sudah cukup populer dibandingkan filter-filter lainnya.

Filter jenis ini sangat cocok untuk mengatasi bau tidak sedap hanya dalam sekejap, sekaligus dapat menghilangkan polusi udara berjumlah besar.

Tapi bagaimanapun juga, jenis filter ini tidak dapat dipakai untuk menghilangkan partikel bulu hewan yang terdapat di udara.

Bahkan beberapa perusahaan sudah memadukan antara filter HEPA dan karbon aktif supaya kinerja alat Air Purifier lebih meningat.

4. Air Purifier Filter Anti Bakterial

Jenis Air Purifier lainnya ialah Air Purfier dengan filter antibakterial yang cocok sekali bagi Kamu yang khawatir terhadap dampak yang ditimpulkan oleh kuman dan bakteri. Filter ini sanagt penting peranannya bagi alat penjernih udara.

Air Purifier ini seringkali dijumpai di TPA (Tempat Penitipan Anak) atau di tempat-tempat yang kecenderungan terdapat banyak kuman sebab aktivitas anak-anak biasanya terlalu aktif dan daya tahan tubuh anak masih rentan dari serangan bakteri dan uman.

Air Purifier jenis ini sangat efektif menghilangkan bakteri dan kuman. Mungkin jarang dijumpai Air Purifiier filter antibakterial di rumah-rumah hunian pribadi. Agar kinerjanya lebih baik, terkadang filter ini dipadukan dengan jenis filter HEPA.

Apa Saja Kegunaan Air Purifier?

Fungsi Air Purifier

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa manfaat dari Air Purifier sendiri, diantaranya :

1. Menghilangkan Bakteri dan Virus di dalam Udara

Salah satu kegunaan Air Purifier ialah dapat menghilangkan bakteri dan virus di udara. Bahkan Retroscreen Virology sudah melakukan penelitian memakai metode test.

Dimana penelitian tersebut dilakukan dengan cara memasukan virus pada kotak lalu penurunan aktivitas virus dijumlah sesudah memakai Air Purifier.

2. Meminimalisir Jamur

Manfaat dari Air Purifier selanjutnya ialah kemampuan alat tersebut dalam memberantas jamur sebagai sumber penyakit.

Adapun kemampuan memberantas jamur sendiri sudah dibuktikan lewat serangkaian tes yang telah dilakukan Japan Food Research Laboratories.

3. Mengatasi Bau Tidak Sedap

Kemampuan unit penjernih udara untuk mengatasi aroma tidak sedap sudah lolos serangkaian uji yang telah dilakukan Japan Spinners Inspecting Foundation.

Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui tingkat efektivitas unit penjernih udara dalam menghilangkan aroma tidak sedap memakai 6 level pengukuran bau.

Demikianlah penjelasan tentang cara kerja Air Purifier, jenis-jenis dan manfaat dari alat penjernih air tersebut. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *