Home » Cara Kerja » Cara Kerja Amazon

Cara Kerja Amazon

Selain membahas cara kerja Akulaku, di sini kita akan membahas cara kerja Amazon. Sebelum kita membahas tentang cara kerja situs jual beli internasional Amazon, Mari kita simak pembahasan tentang situs Amazon itu sendiri.

Apa Itu Amazon?

Amazon adalah salah satu web online shop terbesar yang menyediakan berbagai macam produk lengkap, mulai dari pakaian, furniture, perangkat elektronk, buku, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat memanfaatkan situs Amazon untuk dapat menikmati berbagai layanan lainnya, berupa Fire TV Kindle, Amazon Music, Alexa, dan Audible.

Cara Daftar Amazon

Cara kerja Amazon baru bisa dilakukan jika Kamu sudah mendaftar akun di Amazon. Adapun langkah-langkah cara daftar Amazon itu sendiri, diantaranya

  1. Buka aplikasi Amazon terlebih dahulu. Amazon menyediakan berbagai aplikasi seluler yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Adapun aplikasi tersebut meliputi Amazon Music, Prime Video, Amazon Shopping, Amazon Alexa, Audible, Amazon Photos, dan lainnya.
  2. Pilih “Create a New Amazon Account“. Jika Kamu memilih platform “Amazon Shopping” silahkan pilih “Create an Account” di tombol kuning pada bagian bawah yang bertuliskan “sign in” lalu pilih lagi “Create Account” pada bagian atas halaman. Jika Kamu memakai audible, pilih “Continue” lalu pilih lagi “Create an Amazon Account” di bawah halaman.
  3. Silahkan ketikkan nama. Kamu bisa memakai bilah pertama pada bagian atas halaman saat mengetikkan nama lengkap.
  4. Inputkan alamat email atau nomor Hp yang berlaku. Pakai bilah kedua ketika ingin memasukkan alamat email. Dimana alamat tersebut nantinya dipakai untuk login ke akun Amazon di aplikasi atau perangkat lain.
  5. Ketikkan password yang sudah ditentukan. Pakai bilah ketiga dalam formulir untuk menginputkan kata sandi sesuai keinginan. Pembuatan kata sandi sendiri panjangnya minimal sebanyak 6 karakter. Masukkan password yang kuat berupa gabungan huruf kecil dan kapital, karakter, dan angka. Pastikan pula memakai password yang mudah diingat.
  6. Lalu pilih “Create Your Amazon Account” atau “Continue” atau pilih “Verify Email”. Silahkan pilih tombol berukuran besar di bawah halaman. Di halaman berikutnya, Kamu akan diminta menginputkan kode OTP yang diperoleh lewat Inbox di Email.
  7. Silahkan periksa surel.
  8. Buka pesan yang dikirimkan Amazon. Jika sudah selesai, Kamu akan langsung menerima pesan dari Amazon yang subjeknya berisi “Verify your new Amazon account” lalu buka pesannya.
  9. Silahkan copy atau kode OTP. Kode tersebut berisi 6 digit angka tepat di tengah halaman. Silahkan salin atau catat kode tersebut.
  10. Kembali lagi ke aplikasi Amazon. Silahkan tekan “Home” di bagian tengah bawah pada perangkat. Lalu sentuh lagi jendala aplikasi Amazon.
  11. Masukkan password lalu pilih “verify”. Maka akun akan langsung diverifikasi, Kamu pun akan masuk ke aplikasi lewat akun baru tadi.

Cara Modifikasi Akun Web Amazon

Setelah Kamu memiliki akun di Amazon, silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk memodifikasi akun web Amazon :

1. Sunting metode pembayaran

Dalam hal ini Kamu harus menambahkan sistem pembayaran. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan atau memasukkan metode pembayaran yang baru ke dalam akunmu.

  • Masuk ke halaman situs https://www.amazon.com, alternatif lain bisa juga dengan membuka platform Amazon Shopping.
  • Kemudian pilih ikon 3 garis horizontal pada pojok kiri bagian atas layar.
  • Klik “Your Account“.
  • Klik “Manage Payment Options”.
  • Lalu geser layar kemudian pilih “Add Card”, bisa juga pilih “Add a payment menthod” di perangkat seluler.
  • Inputkan nama yang tertera pada kartu berikut nomornya.
  • Pakai drop-down saat memasukkan masa kadaluwarsa kartu.
  • Selanjutnya klik “Add your card”.

2. Tambahkan alamat pengiriman

Silahkan ikuti panduan di bawah ini :

  • Masuk ke laman https://www.amazon.com
  • Klik ikon bertuliskan tiga garis horizontal pada pojok kiri di bagian atas layar.
  • Klik “Your Account”.
  • Klik “Your Address”.
  • Lalu klik lagi “Add Address”, bisa juga dengan memilih “Add a new Address” di perangkat seluler.
  • Isi formulir berupa nama, alamat, kode pos, petunjuk pengiriman, dan nomor telepon.
  • Klik tombol kuning bertuliskan “Add Address” tepat di bawah formulir.

3. Menyesuaikan Profil

Untuk menyesuaikan profil di akun Amazon, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke aplikasi Amazon Shopping atau  https://www.amazon.com.
  • Klik ikon berbentuk 3 garis horizontal pada pojok kiri bagian atas layar.
  • Pilih “Your Accout”.
  • Kemudian pilih lagi “Your Profile” atau “Your Amazon Profile” di perangkat seluler.
  • Lalu klik ikon manusia lalu pilih “Upload” bisa juga memilih “Add a Photo” di perangkat seluler.
  • Kemudian pilih foto profil lalu pilih “Open” dan pilih gambar di galeri yang dapat Kamu pasang pada perangkat.
  • Lalu klik “Edit Profile” kemudian pilih “save”.

Cara Kerja Amazon

Cara Kerja Amazon

Cara Kerja Amazon | Dmagazine.com

Jika Kamu sudah membuat akun Amazon dan memodifikasi profil di Amazon, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah cara kerja Amazon dengan berbelanja di situs Amazon, diantaranya :

  1. Silahkan cari produk/barang yang ingin Kamu beli dengan isi nama produk di kolom pencarian. Selain itu, Kamu juga bisa memakai opsi di sebelah kiri untuk mendapatkan jenis produk yang diinginkan sesuai selera, atau toolsSort by Featured” agar mempermudah Kamu mencari harga produk sesuai isi kantong.
  2. Silahkan klik produk yang sudah Kamu pilih, sebelum Kamu membelinya pastikan Kamu cek info barang tersebut lebih dahulu dengan cara scroll ke bagian bawah lalu baca deskripsi produk yang dituliskan penjual berikut review atau ulasan dari para konsumen yang sudah pernah memesan produk tersebut. Selanjutnya pilih “Buy Now“.
  3. Di halaman baru, selanjutnya Kamu akan diminta untuk memilih alamat yang dituju untuk pengiriman. Apabila Kamu sudah menambah atau mengisi alamat pengiriman, bisa pilih “Your Address” di profilmu. Jika sudah silahkan pilih “Deliver to this Address”.
  4. Saat ini Kamu sudah menginjak di bagian metode pembayaran. Di menu ini Kamu bisa memilih metode yang sudah disediakan oleh Amazon. Bisa memakai kartu debit atau kredit, membayar dengan uang cash lewat Amazon PayCode/Western Union, Voucher atau kartu toko Amazon.
    Namun diantara keempat pilihan pembayaran di atas, pembayaran menggunakan Western Union dirasa paling mudah dan lebih simpel.
  5.  Sebenarnya pembayaran lewat Western Union sendiri mirip seperti pembayaran di minimarket. Untuk pembayaran WU sendiri, Kamu hanya perlu mendatangi kantor Western Union terdekat, umumnya tersedia di Mini Market atau Kantor Pegadaian.
  6. Dalam pilihan pembayaran, silahkan pilih opsi Amazon PayCore. Lalu tunjukan PayCode Kamu ke agen WU. Selanjutnya lakukan pembayaran tunai lalu simpan bukti transaksimu. Tunggu produk yang Kamu pesan yang dikirim Amazon.

Nah, itulah cara kerja Amazon dan cara berbelanja yang bisa Kamu lakukan. Amazon dapat dijadikan pilihan terbaik jika Kamu ingin berbelanja produk-produk berkualitas dan unik dari mancanegara.

Meskipun demikian, beberapa kemungkinan bisa saja terjadi seperti lamanya waktu pengiriman sebagai kendala yang bisa Kamu alami.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *