Home » Cara Kerja » Cara Kerja Artificial Intelligence

Cara Kerja Artificial Intelligence

Bagaimana cara kerja Artificial Intelligence? Tidak sedikit orang yang masih awam tentang teknologi artificial intelligence atau biasa dikenal dengan sebutan AI.

Teknologi ini ialah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang dibuat sama seperti manusia. Artificial intelligence berguna sebagai teknologi terkini untuk menjadikan perangkat mesin lebih pintar.

Kecerdasan buatan tersebut dibuat lalu diprogram sedemikian rupa, sampai alat atau teknologi yang dihasilkan dapat melaksanakan instruksi sesuai tujuan awal pembentukannya.

Teknologi AI sekarang ini telah banyak dijumpai penggunaannya. Pasalnya teknologi ini bisa bereaksi atau merespon segala sesuatu dengan cara real time.

Definisi Artificial Intelligence Lebih Jelas

Teknologi Artificial Intelligence yaitu sebua konsep yang dari dulu sudah muncul, lebih tepatnya di masa Yunani Kuno.

Di zaman Yunano Kuno sendiri telah dijumpai Talos, yaitu raksasa yang terbuat dari perunggu, serta Galatea, yakni patung dari Pygmalion dan dibuat berdasarkan sistem kecerdasan buatan.

Sebenarnya konsep kecerdasan buatan sendiri telah hadir sejak zaman dulu, namun istilah ini belum lama muncul, tepatnya pada abad 20 pertengahan, yaitu pada tahun 1950.

Alan Turing, sang ahli matematika, termasuk salah satu orang yang berperan penting dalam mencetuskan gagasan mengenai teknologi AI ini. Lewat idenya tersebut, kini istilah AI atau kecerdasan buatan menjadi semakin populer di kalangan ilmuwan dan peneliti.

Gagasan tentang teknologi kecerdasan buatan ini juga terus diteliti dan dikembangkan, sehingga dapat diaplikasikan sepenuhnya oleh banyak orang.

Kita semua tentu sudah merasakan perkembangan pemanfaatan kecerdasan buatan, dan salah satunya ialah lewat kehadiran teknologi pintar, ramalan cuaca, prediksi dalam mesin pencarian, penyaring email, dan lainnya.

Apa Tujuan Dibuatnya Teknologi Artificial Intelligence?

Sebelum kita membahas cara kerja artificial intelligence, ada beberapa tujuan dibuatnya teknologi kecerdasan buatan yang perlu kita ketahui, diantaranya :

1. Menciptkaan Mesin atau Teknologi Lebih Pintar

Tujuan dikembangkannya artificial intelligence ialah membuat sebuah mesin atau teknologi menjadi semakin pintar, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Misalnya saja, kita bisa lihat di perangkat komputer. Tidak hanya untuk mengetik, perangkat PC saat ini telah dikembangkan lebih pintar, jadi bisa dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain gameediting photo, dan video.

2. Memahami Kecerdasan

Tujuan dibentuknya teknologi AI juga untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa memahami kecerdasan, semisal mampu memecahkan masalah lebih cepat, lebih efisien, efektif, dan tentunya lebih teliti. Sebab dengan adanya teknologi ini, sudah dipastikan dapat memudahkan aktivitas semua orang.

3. Membuat Teknologi Lebih Bermanfaat

Dilihat dari sisi enterpreneurial tekologi AI dapat memberikan hasil masimal pada suatu usaha, sebab teknologi ini dapat memudahkan pekerjaan.

Membuat kejeraan menjadi terasa lebih ringan serta dapat selesai tepat waktu. Teknologi AI juga bisa menganalisis dan mengumpulkan data sehingga Kamu dapat mengetahui peluang terkini untuk bisnismu.

Apa Saja Sih Kemampuan Teknologi Artificial Intelligence?

Ada beberapa kemampuan yang dimiliki oleh teknologi AI, diantaranya :

1. Dapat Menganalisis

Kemampuan yang dimiliki pertama kali oleh teknologi AI ialah dapat menganalisis. Dengan algoritma canggih pada AI menjadikannya dapat menganalisis data-data yang telah dikumpulkan.

Misalnya saja dalam prediksi aplikasi Play Store.

Rekomendasai aplikasi yang ada di Play Store adalah hasil analisis dari AI sesudah mengumpulkan semua data platform atau aplikasi yang Kamu instal, inginka, ataupun buka.

Kamu dapat menemukan contoh yang lainnya dalam aplikasi kaleder siklus entruasi wanita.

2. Dapat Mengolah Big Data

Kemampuan teknologi AI berikutnya ialah dapat mengolah big dataAdapun istilah big data sediri dipakai untuk mendeskripsikan data yang begitu besar. Biasanya data yang dituju ialah daata apapun yang membanjiri sebuah bisnis, seperti Instagram.

Dalam Instagram ada banyak sekali data-data yang masuk, entah itu data pengguna, akun follower pengguna, konten yang banyak dilihat, dan data-data lainnya.

Lewat teknologi kecerdasan buatan ini, maka para pemilik usaha besar bisa mendapatkan keuntungan dan kemudahan untuk menentukan keputusan dalam berbisnis di masa mendatang.

Kamu bisa lihat contoh aplikasi dari artificial intelligence pada Instagram. Dimanan konten yang Kamu lihat berpengaruh pada konten yang ada di halaman saran.

Selain itu, iklan yang ada pun berkaitan dengan akun atau konten yang paling sering dilihat. Jadi intinya, aktivitas Kamu di Instagram langsung direkam, kemudian dikumpulkan, dan selanjutnya diolah untuk menghasilkan tampilan sesuai kesenangan dan minat Kamu.

3. Dapat Merespon Cepat

Kemampuan lain yang dimiliki oleh AI berikutnya ialah dapat merespon segala sesuatu dengan cepat. Misalnya kemampuan merespon dapat Kamu lihat lewat balasan email secara otomatis atau berupa chatbot di situs-situs marketplace.

Ketika Kamu bertanya lewat media chatbot ini, maka akan langsung dibalas dengan cepat. Balasan inilah sebagai bentuk pemanfaatan teknologi AI.

4. Memperbaiki Dokumen Dengan Akurat

Teknologi AI juga dapat memperbaiki sebuah dokumen secara akurat. Sekarang ini ada banyak situs atau aplikasi yang dijumpai yang dapat mengetahui apa saja kesalahan penulisan dan pengetikan sebuah dokumen.

Selain mengecek kesalahan, AI juga bisa melakukan perbaikan dokumen. Di samping itu, AI akan merekomendasikan kata-kata yang sesuai untuk merevisi penggunaan kata yang kurang tepat.

Cara Kerja Artificial Intelligence

Cara Kerja Artificial Intelligence

Cara Kerja Artificial Intelligence | Freepik.com

Bagaimana Cara Kerja Artificial Intelligence?

Dalam dunia perfilman, telah muncul film fiksi menarik mengenai teknologi AI sehingga memberikan pemahaman tersendiri yang tak hanya berasal dari kalangan ilmuwan atau ahli saja, melainkan masyarakat awam pun kini sudah mulai berpikir dan sadar tentang pemanfaatan teknologi artificial intelligence.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa semua hal mustahil kini disulap menjadi hal yang memungkinkan untuk dilakukan di masa mendatang.

Cara kerja artificial intelligence mirip seperti dunia statisik. Sebab di dalamnya ada perencanaan proses analisis data, pengumpulan data untuk menggabungkan bukti-bukti, dan terakhir pembuatan keputusan menurut hasil analisis.

Dalam benak kita, mugkin muncul apa sih sebenarnya makhluk yang memiliki kecerdasan buatan tersebut? Apa saja yang dibahas, lalu bagaimaa belajar teknologi kecerdasan supaya tahu lebih dalam mengenai maknanya.

Contoh mudahnya, jika Kamu sering melihat ada pekerjaan yang berkaitan dengan perekaman data menggunakan cara manual, data entry, input data, dan istilah yang lainnya. Dimana semua permasalahn tersebut sangat logis jika diselesaikan oleh kecerdasan AI.

Adapun contoh nyatanya yaitu seperti pencatatan suhu, polusi, suara, iklim dapat dilakukan lewat teknologi Internet of Things atau IoT dimana kita menyambungkan perangkat sensor fisik ke teknologi cloud secara langsung.

Lalu data yang terdapat pada cloud tersebut dapat dianalisa untuk selanjutnya diprediksi bagaimana kondisi ke depannya.

Itulah kurang lebih contoh dari aplikasi cara kerja artificial intelligence yang mungkin memberikan sedikit pemahaman tentang teknologi kecerdasan buatan ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *