Home » Cara Kerja » Cara Kerja Big Data

Cara Kerja Big Data

Bagaimana cara kerja Big Data? Belum lama ini, perusahaan telah memahami nilai dari Big Data serta mulai berinvestasi pada spesialis Ilmu data. Dalam artikel kali ini, Kami akan membagikan informasi mengenai Big Data kepada Kamu semua.

Definisi Big Data

Big Data merupakan istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan kumpulan dari big data dengan pertumbuhan yang cepat dari masa ke masa, beserta alat-alat yang bekerja dengannya.

Jadi ini merupakan cara mengumpulkan sekaligus memproses lebih banyak informasi dalam menyelesaikan persoalan aplikasi kompleks.

Bagaimana Data Dapat Dihasilkan?

Cara kerja Big Data sendiri sebenarnya bermula dari berbagai macam sumber. Misalnya saja, iklan dan jejaring sosial. Jika Kamu bukan vendor perusahaan raksasa penyedia layanan untuk jutaan rang, tak perlu putus asa sebab Kamu masih bisa bekerja sama dengan big data.

Big data bisa dikumpulkan, lewat pengikisan web. Ada banyak layanan yang juga menawarkan API dalam mengakses data-data mereka. Besar kemungkinan, kamu tak akan diberikan hingga 100% total dari jumlah data yang masuk dan tersedia, namun hal ini juga termasuk pilihan terbaik.

Bagaimana Data Tersebut Disimpan dan Diproses?

Cara kerja big data bermula dari pertumbuhan volume data yang cepat, dan dalam memprosesnya, digunakan program dan repositori yang didistribusikan. Ketika jumlah data semakin bertambah, Kamu hanya perlu menambah node yang baru, daripada harus menulis ulang.

Keamanan penyimpanan data itu sangat penting. Mengingat aktifnya pengembangan big data serta kurangnya metodologi untuk perlindungan semua data, tiap-tiap perusahaan wajib memutuskan sendiri cara untuk mendekati masalah tersebut.

Adapun langkah paling masuk akal ialah dengan cara menghapus data-data yang bersifat rahasia pada cluster, misalnya dengan menggunakan kata sandi maupujn data kartu bank, hal tersebut dapat menyederhanakan konfigurasi akses menuju ke sana. Lalu Kamu bisa menerapkan beberapa langkah keamanans ecara administratif, teknis, dan fisik.

Cara Kerja Big Data

Cara Kerja Big Data

Cara Kerja Big Data | Freepik.com

Jika Kamu seorang entrepreneur, maka Kamu dapat menggunakanbig data dalam menjalankan perusahaanmu. Diaman big data tersebut bisa membuatmu memperoleh lebih banyak ide dalam melakukan perencanaan sebuah perusahaan. Maka dari itulah, Kamu harus memahami cara kerja big data berikut ini :

1. Integrasi Data

Jika dibandingkan data-data tradisional yang dapat ditangani dengan metode ETL atau extract transform and load, pengolahan pada big data sendiri jauh lebih sulit dari itu.

Adapun alasannya sebab big data sendiri terdiri atas sekumpulan input berbeda yang harus dilakukan pemrosesan sebelum bisa diolah dengan benar.

Misalnya Kamu dapat mengumpulkan data seperti komentar konsumen yang ada di ruang publik, traffic di website atau media sosialmu, dan data berupa foto-foto pembeli/konsumen beserta produkmu yang dijual di media sosial.

Sesudah memproses serta membuat format tersebut, barulah kemudian Kamu dapat menyodorkan data ini pada analisis usahamu.

2. Manage

Untuk dapat me-manage data, faktor terpenting ialah cara menyimpan semua data tersebut.

Sebenarnya ada banyak opsi yang Kamu pilih, namun jika Kamu mempunyai budget terbatas, maka solusi paling efektif adalah menggunakan cloud storage.

3. Analisis Data

Besarnya investasi untuk me-manage dan mengumpulkan data baru dapat terbayarkan jika Kamu dapat menganalisis big data.

Namun software-software pengolah data secara tradisional tak akan mampu melakukan pengolahan big data dengan jumlah yang sangat besar bahkan kompleks.

Kamu perlu menciptakan permodelan data dengan memanfaatkan artificial intelligence dan machine learning, sehingga dapat dilakukan analisis dengan efektif.

Jika data telah dianalisis, maka percayalah Kmau dapat menemukan lebih banyak input, penemuan baru dan insight yang dapat dimanfaatkan demi kemajuan perusahaanmu.

Maka bisa dikatakan bahwa peran  big data sendiri sudah sangat siginifikan di era modern ini.

Masih berhubungan dengan manfaat big data itu sendiri, dikatakan jika big data adalah modal terpenting dan ada banyak perusahaan yang sudah memanfaatkannya.

Perusahaan modern nantinya melakukan analisa big data dalam menentukan nilai yang sudah ada. Dari situlah kemudian pihak perusahaan berusaha untuk meningkatkan pelayanan dalam mengembangkan fitur dan produk baru.

Uniknya lagi, melalui pernana big data itu sendiri bisa membuat kebijakan bisnis yang lebih akurat dan tepat. Dalam memutuskan hal ini, nantinya memerlukan sebuah analisa secara menyeluruh, berpola dan berwawasan untuk menemukan keputusan dengan tepat.

Dimana Big Data Sering Dijumpai?

Umumnya, manfaat big data sendiri berkaitan dengan penggunaan media internet yang semakin pesat sampai saat ini.

Hal tersebut dikarenakan internet adalah media penyimpanan data paling efektif tanpa harus mempertimbangkan jumlah dan tetap bisa me-manage data dengan baik.

Ada beberapa aplikasi big data yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, diantaranya :

1. Penggunaan Internet

Big data seringkali dijumpai dalam penggunaan internet.

Hal tersebut dikarenakan big date berperan untuk mengakses berbagai macam mesin pencarian untuk menemukan informasi sesuai kebutuha tiap harinya.

Seluruh data yang Kamu cari tersebut akan disimpan di mesin pencarian berbentuk big data.

2. Penggunaan Smartphone

Tidak hanya dalam mesin pencarian saja, peran big data itu sendiri juga sering dijumpai pada ponsel, dimana perangkat tersebut sering dipakai untuk menyimpan data-data.

Berbagai macam aplikasi yang telah diinstall menjadi kontributor terbesar terhadap data-data yang terdapat pada smartphone. Bahkan aplikasi navigasi/GPS sekalipun ikut andil di dalamnya.

3. Penggunaan Media Sosial

Sama dengan media sosial, peran big data juga dapat dilihat dari data-data yang telah tersimpan tiap harinya.

Ada ribuan video, foto, tweet dan sebagainya dianggap berperan menjadi big data. Tak hanya itu saja sosial media pun telah menyimpan banyak kontak hingga jutaan kontak yang ada.

4. Media Digital

Jika sebelumnya kaset dan DVD sebagai media penyimpanan file musik dengan kapasitas sangat terbatas, namun sekarang dengan adanya big data maka semua musik dapat didengarkan lebih leluasa tanpa batas lewat Spotify dan Netflix.

Tentu saja, kedua media itu sendiri dapat mencatat apa saja yang didengarkan. Ini biasanya terjadi pada perangkat smart device.

Big data saat ini memiliki peranan yang sangat besar bagi dunia bisnis. Untuk aktivitasnya sendiri, big data berpengaruh besar terhadap customer experience dan aktivitas analytics.

Ini artinya, untuk Customer Relationship Management atau CRM, big data dapat mmebantu meningkatkan hubungan baik dengan konsumen.

Di samping itu, big data juga berperan untuk menjaga efisiensi operasional bisnis. Contohnya dalam layanan call center, dapat membantu memberikan penawaran yang terbaik bagi konsumen.

Dalam bidang kedokteran sendiri, hal tersebut membantu meningkatkan analisis dengan lebih akurat lewat berbagai macam pertimbangan.

Nah, itulah ulasn tentang cara kerja big data, aplikasi dan peranannya di era digital seperti saat ini. Semoga bermanfaat!