Home » Mengatasi » Penyebab Dempul Mobil Retak

Penyebab Dempul Mobil Retak

Sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab dempul mobil retak? Ada masanya body mobil menjadi penyok dan bahkan cat mobil menjadi retak. Tapi tenang, terkadang penyoknya body mobil dan retaknya cat mobil bukan berarti permukaan cat tersebut pecah.

Pada masalah penyok, biasanya disebabkan setelah terjadi suatu kecelakaan, atau mungkin mobil membentur suatu benda keras.

Sedangkan retaknya cat mobil, bisa jadi disebabkan faktor lainnya, seperti sering kehujanan atau selalu terkena terik matahari. Untuk menangani masalah tersebut tidak mudah, tentu membutuhkan penanganan yang serius dan agak rumit.

Pertama dengan melakukan perbaikan body mobil yang penyok, lalu ke tahap pembersihan pada permukaan cat yang retak. Sangat disarankan untuk menggunakan gerinda saat membersihkan bagian panel mobil.

Jika tidak ada, bisa juga diganti dengan sikat kawat atau scrub tajam. Kerok cat retak sampai hilang dari pandangan. Jika sudah, pakailah ampelas kasar untuk menjadikan permukaan cat retak lebih bersih.

Selanjutnya, lakukan pendempulan pada bagian permukaan body yang tidak rata. Dan langkah terakhir, pengecatan dengan hati-hati, agar mendapatkan hasil yang baik.

Apakah itu semua sudah selesai? Oh, tentu saja tidak, di tengah pengerjaan terkadang ditemukan kendala. Salah satu hal yang sering terjadi adalah dempul mobil retak. Padalah proses pendempulan sudah selesai, tinggal melanjutkan ke langkah yang terakhir. Kira-kira apa penyebab dempul mobil retak ya?

Pendempulan body mobil ini adalah serangkaian hal yang dikerjakan pada saat melakukan body repair. Tujuan utamanya yaitu memperbaiki bagian body yang penyok sebelum ke tahap pengecatan. Proses ini dilakukan apabila ditemukan permukaan body yang tidak rata.

Bisa dibilang, pendempulan adalah jalan satu-satunya untuk meratakan body mobil ketika ditemukan pengikisan setelah dilakukan proses ampelas, untuk meratakan, serta membuat mulus body mobil yang lecet maupun penyok setelah terjadi tabrakan.

Mobil yang sudah pernah penyok atau cat mengalami kerusakan tidak akan terlihat setelah didempul. Akan tetapi, sayang sekali body yang pernah didempul akan mengurangi nilai jual dari mobil tersebut.

Selain itu, apabila proses pendempulan dilakukan secara asal, dapat dipastikan dempul tidak akan bertahan lama, mudah mengelupas, dan retak. Apa penyebab dempul mobil retak?

Penyebab Dempul Mobil Retak

Penyebab Dempul Mobil Retak

Dempul Mobil Retak

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan dempul mobil mengalami keretakan, yaitu baik dari manusia maupun alam. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini ya!

1. Faktor SDM (sumber daya manusia)

Ha? Kenapa bisa manusia menyebabkan dempul retak? Asumsikan kesalahan dari pihak yang melakukan pengampelasan dan pendempulan. Kemungkinan terbesar akibat proses pengampelasan tidak dilakukan dengan baik.

Seharusnya proses pengampelasan dilakukan menggunakan ampelas kasar, supaya semua cat pada body mobil terbuang. Yang diharapkan dari proses pengampelasan ini adalah permukaan body mobil bersih tanpa ada sisa.

Dalam melakukannya, bisa menggunakan ampelas kasar No. 80 maupun ampelas air halus No. 1500. Setelah melakukan pengampelasan, tunggu hingga bekas permukaan body yang diampelas hilang.

Akan sangat baik apabila proses pengampelasan dilakukan dengan detail dan rapi. Permukaan body harus bersih, bahkan tanpa adanya jamur dan kotoran. Noda karat juga harus diampelas dengan baik, hingga bersih tak tersisa.

Setelah bersih, baru bisa melakukan proses pendempulan. Body mobil yang tidak diampelas dengan baik dan bersih, ketika dilakukan pendempulan, maka dempul tersebut menjadi mudah retak dan mengelupas.

Itulah salah satu penyebab dempul mobil retak dari faktor manusia.

2. Faktor kualitas dempul

Proses pendempulan juga tidak bisa dilakukan dengan asal. Perhatikan juga bahan utama yang digunakan, pilihlah untuk menggunakan dempul yang berkualitas.

Dempul dengan kualitas baik akan menempel dengan kuat pada permukaan body mobil, sehingga tidak akan mudah retak maupun mengelupas.

Selain itu, dempul dengan kualitas baik membuat body terlihat kokoh, seolah tidak pernah mengalami kerusakan. Walaupun permukaan body sudah dilakukan pendempulan dengan cukup tebal, ketika mobil diketuk-ketuk tetap terasa ringan. Mobil terlihat seperti tidak pernah melalui proses pendempulan.

Bingung memilih dempul berkualitas? Merek dempul yang bagus dan biasa digunakan oleh para mekanik profesional adalah Body Light dan Autoglow.

Kedua merek dempul itu berwarna putih. Ketika dilakukan uji coba mencelupkannya ke dalam air, dempul dalam keadaan mengambang. Terbukti bahwa kedua dempul tersebut memiliki bobot yang sangat ringan.

Memang, harga dempul dengan kualitas yan baik agak lebih mahal hingga 3 (tiga) kali lipas dibanding dempul biasa yang berwarna hijau.

Namun, apabila dihitung ulang bisa jadi sepadan antara harga dan kualitas. Dempul biasa dengan kualitas buruk yang memiliki harga lebih murah bisa menjadi penyebab dempul mobil retak.

3. Faktor cuaca

Sudah dilakukan proses pengampelasan dengan sangat baik oleh tenaga profesional yang berhati-hati. Kemudian, lanjut ke proses pendempulan, menggunakan bahan dempul yang berkualitas.

Tapi kenapa dempul masih retak ya? Penyebab dempul mobil retak yang terakhir adalah dari segi cuaca.

Mungkin, mobil terlalu sering terkena terik matahari secara langsung dan terjadi terus menerus setiap harinya. Hal itu dapat menyebabkan dempul mobil menjadi retak, bahkan mengelupas. Jadi, mulai sekarang, akan lebih baik ketika parkir mobil untuk memilih tempat yang teduh.

Tidak hanya dempul yang menjadi cepat rusak, panas matahari juga dapat mengakibatkan warna cat mobil cepat pudar dan kusam lho. Bukan cuma terik matahari, kehujanan juga dapat membuat dempul jadi cepat retak bahkan rusak.

Selain itu, embun di malam hari juga merupakan faktor lain penyebab dempul mobil retak. Embun malam mempunyai kadar zat asam yang tinggi, sehingga bisa mempercepat bahan berbahan logam dan besi berkarat.

Dengan begitu, hasil dempul mobil yang bagus pun lama kelamaan akan mengalami keretakan. Bahkan, kemungkinan terburuk yang terjadi dalam jangka panjang adalah body mobil akan keropos.

Cara Mengatasi Dempul Mobil Retak

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dempul mobil, perhatikan kondisi dan lingkungan sekitar, serta rawatlah mobil dengan baik. Apabila tidak memiliki garasi untuk parkir, tutupi body mobil menggunakan sarung bodi. Dengan begitu, mobil akan terhindar dari terik matahari, hujan, dan embun di malam hari.

Jika dempul sudah retak, yang perlu dilakukan adalah melakukan proses pendempulan ulang. Jangan biarkan kerusakan dempul tanpa mau memperbaikinya.

Air yang merembes ke dalam retakan dempul membuat body mobil menjadi cepat keropos. Lakukan perbaikan sesegera mungkin ketika menemukan keretakan pada dempul mobil.

Rawatlah mobil dengan sebaik mungkin. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Mengalami kerusakan pada body mobil?

Segeralah diperbaiki, sebelum menyebabkan masalah yang lebih besar. Demikian tips mengenai penyebab dempul mobil retak. Semoga bermanfaat ya. Sehat selalu untukmu dan stay healty semuanya!