Home » Cara Kerja » Cara Kerja di Korea

Cara Kerja di Korea

Banyak orang yang menanyakan bagaimana cara kerja di Korea? Ya, Demam Korea hingga saat ini tak pernah habis. Pengaruh musik, pariwisata, film, budaya, dan makanannya juga terus berkembang hingga ke berbagai negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Kerjasama Korea dan Indonesia yang bisa dibilang baik ini, memberikan kesempatan bekerja di negeri Ginseng ini pun terbuka lebar.

Apakah Kamu termasuk orang yang tertarik kerja di Korea Selatan? Lalu, apakah sudah menemukan lowongan pekerjaan yang cocok? Sembari mencari lowongan pekerjaan di Korea, simak ulasan cara kerja di Korea berikut ini!

Kiat Cara Kerja di Korea

Cara kerja di negeri Ginseng ini tentu saja berbeda dengan cara kerja di Jepang, karena setiap negara memiliki gaya atau cara kerja yang berbeda. Bagi Kamu yang tertarik bekerja di Korea, ada beberapa tips yang perlu Kamu ikuti di bawah ini :

Cara Kerja di Korea

Cara Kerja di Korea

Img: https://youtu.be/ufTanK-pKuo

1. Mulai Mempelajari dan Memahami Bahasa Korea

Jika Kamu ingin melamar pekerjaan di negara Korea, tentu saja harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya ialah  dengan mempelajari dan memahami bahasa Korea.

Sebab salah satu persyaratan yang wajib Kamu penuhi ialah minimal mengetahui 2000 kata dalam bahasa Korea.

2. Rajin Mencari Lowongan Pekerjaan Online

Korea Selatan termasuk salah satu negara yang terbilang ramah, selalu membuka kesempatan bagi warga negara asing yang tertarik berkarier di Korea.

Dengan kata lain, jika Kamu sudah benar-benar mantap untuk bekerja di negara tersebut, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya tentang lowongan pekerjaan di Korea secara online. Pilih situs-situs resmi perusahaan Korea yang diinginkan.

3. Cari Lowongan Pekerjaan yang Sedang Trend

Mencari lowongan pekerjaan yang sedang tren, tentu artinya perusahaan tersebut memerlukan tenaga kerja lebih banyak.

Lowongan pekerjaan paling banyak biasanya memerlukan tenaga kerja di bidang otomotif, broadcasting, dan manufaktur.

Jika Kamu memiliki keterampilan atau skill dalam bidang tersebut, maka Kamu harus bersiap-siap untuk membuat resume atau CV yang profesional untuk dikirim.

4. Mengetahui Gaya Hidup di Korea Selatan

Perusahaan yang ada di negara mana saja biasanya tidak ingin mengambil resiko untuk merekrut seseorang yang tidak mempunyai pengetahuan sedikit pun tentang negaranya, seperti gaya hidup negara tersebut. Sebab setiap negara mempunyai budaya dan sistem yang berbeda.

Maka dari itu, jika berhasil memasuki tahap interview selain pertanyaan tentang pengetahuan dan perusahaan yang akan dilamar, informasimu tentang negara tempat mereka tinggal juga akan dipertanyakan.

Oleh karenanya, siap-siap saja mempelajari banyak hal tentang negeri Ginseng.

5. Memenuhi Persyaratan yang Dibutuhkan

Siap kerja tentu artinya Kamu sudah siap pergi kapan pun saat dipanggil oleh perusahaan Korea. Tentu sangat merepotkan jika Kamu mempersiapkan segala sesuatunya hanya ketika Kamu sudah benar-benar diterima.

Kelalaian ini tentu bisa berpengaruh terhadap cara pandang calon penerima kerja terhadap karakter yang Kamu miliki.

Dengan kata lain, jika Kamu benar-benar ingin bekerja ke luar negeri, maka Kamu harus siap melengkapi semua dokumen yang diperlukan supaya ketika perusahaan bertanya tentang waktu kesiapanmu bekerja, maka Kamu bisa langsung menjawab secepatnya dengan penuh percaya diri.

6. Persiapkan Fisik dan Mental Dengan Baik

Jika Kamu berhasil mendapatkan pekerjaan di luar negeri, Kamu tentu harus siap menyesuaikan cuaca dan gaya hidup di Korea.

Berbeda dari Indonesia, musim di Korea Selatan sendiri ada 4 musim, dimana 2 musim diantaranya bisa dibilang cukup ekstrim bagi Kamu yang memang belum pernah pergi ke negara-negara yang memiliki 4 musim sebelumnya.

Oleh karena itu, supaya Kamu tak mudah sakit ketika membiasakan diri di negeri orang, sebaiknya jaga kesehatan mental dan fisikmu dengan baik.

Daftar Pekerjaan yang Bergaji Besar di Korea

Selain mempersiapkan cara kerja di Korea, Kamu juga harus tahu apa saja sih pekerjaan yang benar-benar cocok untukmu? Selain itu, ada beberapa pekerjaan yang bergaji besar di negeri Ginseng yang perlu Kamu ketahui, di bawah ini!

  • Teknik Pembagunan

Wajar sekali banyak orang yang bekerja di Korea Selatan melamar menjadi ahli konstruksi atau pembangunan.

Hal ini dikarenakan penghasilan di bidang konstruksi tersebut bisa menghasilkan sekitar 9.897.500 KRW yaang jika dikonversikan hampir setara dengan nominal Rp. 100 jutaan. Wow, menakjubkan bukan?

  • Perawat Hewan Peliharaan

Bagi Kamu pencinta binatang, pekerjaan yang satu ini mungkin sangat cocok. Saking sibuknya masyarakat di Korea, mereka bahkan membutuhkan perawat binatang peliharaan untuk binatang kesayangan mereka.

Dengan mengurus peliharaan supaya tetap terawat, biasanya orang Korea tidak ragu-ragu membayar upah perawat hewan peliharaan per jam. Asalkan Kamu harus menyayangi hewan dan tentu saja harus sabar mengurusnya.

  • Akuntan

Bagi Kamu yang gemar hitung menghitug atau memiliki basic di bidang akuntansi, maka Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai akuntan di negeri Ginseng.

Bidang keuangan dan akuntansi ternyata memiliki peringkat ketiga untuk penghasilan terbesar di negara Korea.

Pasalnya, rata-rata gaji akuntan di Korea bisa mencapai sekitar 7.500.000 KRW, dan jika dikonversikan bisa sampai Rp. 90 jutaan.

  • Guru

Negara Indonesia bisa dikatakan sudah terkenal di Korea. Kurikulum yang ada di sekolah-sekolah negara Korea pun telah mewajibkan muridnya untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Untuk mengajarkannya, dibutuhkan pula native speaker yang berasal dari  Indonesia agar proses pembelajaran berlangsung dengan efekfit.

Nah, bagi Kamu yang gemar mengajar dan memang menempuh pendidikan di bidang bahasa Indonesia, tidak ada salahnya Kamu melamar pekerjaan sebagai guru Bahasa Indonesia di Korea.

  • Pariwisata dan Perhotelan

Bidang pariwisata di negara Korea memang sedang berkempang pesat, oleh karenanya diperlukan banyak jasa yang ahli di bidang perhotelan, tour guide, atau pastry.

Kamu juga harus tahu bahwa, tour quide lokal yang ada di Kora kebanyakan mahir berbahasa Indonesia juga lho!

Jalur Pencari Tenaga Kerja ke Korea dari Indonesia

Kamu juga harus tahu, ada 2 tipe jalur penerimaan kerja yang dibutuhkan negara Korea dari warga negara asing khususnya Indonesia, diantaranya :

  • Jalur TKI

Jalur ini khusus melalui agen TKI. Jadi sebelum mendatangi negeri Korea, calon TKI wajib memiliki edukasi seputar bahasa Korea, Budaya Korea, dan lain sebagainya.

Kerja menjadi TKI itu memang sangat bersaing dilihat dari segi penghasilan. Namun Kamu juga harus hati-hati dengan agen penyalur TKI.

  • Jalur Pelajar

Jalur kedua sangan direkomendasikan, sebab transisi dari bangku kuliah ke tempat kerja tidak terlalu banyak hambatan, yang berbeda dengan jalur TKI.

Belum lagi Pemerintah dan universitas di negara Korea selalu mebuka beasiswa bagi pelajar yang ada di seluruh dunia setiap tahunnya. Adapun yang paling populer bernama Korean Government Scholarship Program atau KGSP.

Selain itu, sesudah Kamu lulus dari perguruan negeri di Korea, biasanya Pemerintah Korea akan memberikan previlege spesial bagi Kamu lulusan perguruan tinggi di Korea untuk mendapatkan pekerjaan lewat visa D-10 atau job seeking visa.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang kiat cara kerja di Korea, persyaratan dan hal-hal lainnya yang harus Kamu pertimbangkan sebelum melamar pekerjaan di Korea. Semoga bermanfaat!