Home » Cara Kerja » Cara Kerja Dropshipper Shopee

Cara Kerja Dropshipper Shopee

Bagaimana cara kerja dropshipper Shopee? Ya, dropshipper merupakan salah satu sistem jual beli secara online yang dianggap sangat menguntungkan mengingat para pelakunya tak perlu pusing-pusing lagi menetok barang.

Nah, untuk menjalankan bisnis dropship ini, banyak orang yang memanfaatkan situs marketplace, seperti Shopee.

Cara Kerja Dropshipper Shopee

Cara Kerja Dropshipper Shopee

Cara Kerja Dropshipper Shopee | Img: Freepik.com

Cara kerja dropshipper Shopee sebenarnya sama saja dengan cara kerja dropship pada umumnya. Jika Kamu penasaran, ini dia tata cara menerapkan sistem dropship di Shopee, diantaranya sebagai  berikut :

1. Tentukan Produk/Barang yang Akan Dijual di Shopee

Jika Kamu ingin menjadi dropshipper di Shopee, hal pertama yang harus Kamu lakukan ialah menentukan produk apa yang akan dijual.

Cara mudah dalam menentukan produk/barang yang akan dijual di Shopee melalui cara dropship ialah dengan meriset produk itu sendiri terlebih dahulu. Adapun tujuannya supaya para pelaku usaha dropship tidak gagal menjalankan bisnis ini.

Tujuan riset produk lainnya ialah untuk mempermudah menentukan para peminat produk atau barang yang Kamu jual secara dropship.

Selain itu, dengan melakukan riset produk dapat menentukan harga penjualan produk tersebut kembali supaya tetap terjangkai untuk para pembeli.

Maka dari itu, tentukan produk yang ingin dijual terlebih dahulu jika Kamu ingin mencoba menjadi dropshipper di Shopee.

2. Menjual Produk Original

Jika Kamu tertarik menjual produk dengan cara dropship, alangkah baiknya jual produk asli atau original dan jangan pernah menjual produk abal-abal.

Sebab dengan menjual barang asli, biasanya calon pembeli akan lebih yakin dan puas sesudah membeli produk tersebut. Hal ini tetap tak menjadi masalah walaupun harga produk asli/ori lebih mahal dibandingkan barang tiruan.

Dalam mengecek keaslian produk, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Produk tiruan biasanya memiliki kualitas lebih buruk dari aslinya walaupun jika dilihat secara fisik, tampilannya hampir sama seperti produk ori.

Produk tiruan biasanya lebih gampang ditemukan, jadi saat menjual sebaiknya tambahkan ketangan jika produk yang dijual ialah produk asli.

3. Menjual Produk yang Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

Di zaman ini orang-orang kian banyak memerlukan barang-barang tertentu yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Biasanya barang-barang tersebut banyak dijual, secara online ataupun offline. Maka dari itu, cara kerja dropshipper Shopee berikutnya ialah dengan menjual barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Produk ini biasa disebut sebagai high conversion.

Produk high conversion tersebut juga dapat diartikan sebagai barang yang memiliki perputaran yang cepat. Seperti halnya produk keperluan rumah tangga dan produk kecantikan.

Kedua contoh produk tersebut ialah contoh barang dengan perputaran yang cepat, jadi dapat dijadikan inspirasi bagi para pelaku usaha untuk berjualan secara dropship.

4. Menjual Barang Dagangan Dengan Cara Menarik

Agar barang atau produk yang Kamu jual semakin disukai orang, sehingga menarik konsumen untuk membelinya, sebaiknya jual produk dengan cara yang menarik.

Cara ini bisa membuat orang langsung membeli produk tanpa pikir panjang karena produk tersebut dipromosikan dengan cara menarik.

Adapun trik mudahnya ialah dengan membuat kata-kata penawaran yang mampu menarik pembeli.

Selain menggunakan kalimat penawaran menarik, para pelaku usaha dropship juga perlu menyertakan gambar barang/produk yang dijual.

Sebab dengan gambar barang dagangan yang diberikan ketika penawaran berlangsung, bisa membuat orang semakin percaya jika produk yang Kamu tawarkan ada.

Oleh karena itu, tawarkan produk dengan cara yang menarik agar proses penjualan secara dropship berhasil.

5. Membuat Akun di Shopee

Menjadi seorang dropshipper dapat dilakukan di situs atau aplikasi marketplace apa saja, namun kita coba ambil contohnya dengan mencoba menjadi dropshipper di Shopee.

Untuk menjadi seorang dropshipper di aplikasi Shopee, tentu saja Kamu harus buat akunnya terlebih dahulu. Jika Kamu sudah pernah membuat atau sudah mempunyai akun Shopee tentu bisa melewati poin ini.

Namun bagi Kamu yang belum membuat akun, bisa langsung download aplikasi Shopee terlebih dahulu di App Store maupun di Play Store.

Kamu juga bisa mendaftar akun di marketplaceini dengan memakai akun Facebook ataupun akun Google. Para pelaku usaha bebas memilih menggunakan akun yang mana saja untuk digunakan saat mendaftar akun di aplikasi Shopee.

6. Isikan Alamat Sesuai Alamat Supplier

Bagi Kamu pelaku usaha dropshipper, pastikan isi alamatmu di Shopee sesuai alamat supplier. Poin ini penting dilakukan oleh para pelaku usaha dropshipper.

Jika Kamu memasukkan alamatmu yang asli, maka tarif ongkos kirimnya akan berbeda jauh. Oleh karena itu, sebaiknya isikan alamat di Shopee dengan alamat produsen atau supplier.

7. Aktifkan Layanan Ongkir Gratis

Ongkir gratis merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee, dengan begitu banyak pelau usaha yang menggunakan marketplace yang satu ini.

Kamu yang menjalankan usaha dropshipper di Shopee harus mengaktifkan layanan gratis ongkir sebab bisa membantu peningkatan proses penjualan.

Selain itu, hal tersebut sudah jelas membuat para pelanggan tak terbebani oleh ongkos kirim yang ditarif dari produk atau barang yang mereka beli.

Adapun untuk mengaktifkan layanan gratis ongkir ini, caranya sangat mudah. Kamu cukup mengirimkan foto berikut KTP.

Selain itu, pastikan pula foto dan informasi yang tertera di KTP tampak jelas. Adapun hal ini dilakukan supaya pihak Shopee dapat membaca informasi data yang tertera di KTP-mu.

8. Masukkan Data Bank

Cara kerja dropshipper Shopee berikutnya juga jangan sampai Kamu lupakan. Tanpa cara yang satu ini, Kamu tentu tidak akan bisa menarik uang dari hasil dropship.

Maka dari itu, para pelaku usaha wajib mengisikan akun rekening bank lengkap untuk proses pencairan dana.

Dropship merupakan aktivitas mendistribusikan produk tanpa melakukan stok produk yang dijual terlebih dahulu. Sistem berjualan seperti ini memang mudah dilakukan, apalagi di zaman sekarang kita banyak sekali menemukan toko-toko online.

Itulah cara kerja dropshipper Shopee yang bisa Kamu coba langkah-langkahnya saat tertarik menjalankan bisnis dropship di Shopee.

Keunggulan Dropshipper Shopee

Apa Saja Keuntungan Menjadi Dropshipper Shopee?

Menjadi dropshipper di Shopee bisa dikatakan sangat menjanjikan dan menguntungkan, sebab Kamu tidak membutuhkan modal besar untuk membeli dan menyetok barang. Ini dia beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika menjadi dropshipper di Shopee :

  1. Tidak membutuhkan modal besar
  2. Tak perlu pusing memikirkan produk untuk distok
  3. Produk yang Kamu beli lebih murah kemudian dapat dijual lagi dengan harga yang lebih mahal
  4. Pemasarannya lebih cepat dan mudah
  5. Mendapat keuntungan besar
  6. Tak perlu repot melakukan packing paket produk yang akan dikirimkan ke pembeli karena sudah dilakukan oleh supplier

Nah, itulah beberapa tahapan cara kerja dropshipper Shopee dan keuntungannya yang bisa Kamu dapatkan dengan menjadi dropshipper di Shopee. Bagaimana, tertarik menjadi dropshipper di Shopee? Langsung saja ikuti langkah-langkah di atas ya!