Penyebab Gas Mobil Kosong

Apa saja yang menjadi penyebab gas mobil kosong? Sebagai seorang pemilik kendaraan, tentu Kamu harus mengenali benar-benar kondisi mobil tersebut. Apalagi kalau sering digunakan, baik untuk jarak jauh maupun dekat. Kamu juga sebisa mungkin dituntut untuk lebih peka, jika terjadi sesuatu yang aneh pada mobil.

Penurunan performa adalah hal wajar dialami oleh semua kendaraan, termasuk mobil. Banyak jenis penurunan performa mobil yang membuat tidak nyaman untuk digunakan berkendara.

Pernah mengalami kondisi di mana ketika diinjak pedalnya, mobil tidak ada respon? Atau mungkin belum sampai tidak memberikan respon, seperti mobil tersendat saat digas. Hal ini bukan sesuatu yang jarang ditemukan oleh pemilik mobil. Situasi tersebut sangat umum dialami oleh mobil injeksi maupun bukan injeksi.

Apabila hal itu terjadi, tidak hanya mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara, tetapi juga keselamatan di jalan. Apa yang penyebab gas mobil mengalami kekosongan ya?

Kondisi gas mobil yang kosong sangat membahayakan, terutama jika terjadi di jalur cepat dan jalan tanjakan curam. Agak menakutkan, untuk di jalur cepat, kemungkinan bisa ditabrak mobil lain yang memiliki kecepatan tinggi.

Apabila sudah merasakan tanda-tanda adanya gas mobil kosong, akan lebih baik langsung mengarahkan untuk menepi. Oleh karenanya, agar tidak terjadi hal demikian, Kamu perlu mengetahui penyebab gas mobil kosong.

Penyebab Gas Mobil Mengalami Kekosongan

Penyebab Gas Mobil Kosong
Penyebab Gas Mobil Kosong

Sebelum hal buruk terjadi, Kamu harus menyadari gejala-gejala sebelum gas kosong. Kira-kira, apa penyebab gas mobil kosong? Berikut beberapa hal yang mengakibatkan gas mobil menjadi kosong dan sangat penting untuk Kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan, yaitu:

1. Filter Udara Kotor

Mobil membutuhkan asupan udara yang bersih agar bisa berjalan dengan baik. Filter udara yang kurang bersih menjadi penyebab gas mobil kosong.

Oksigen dalam udara berfungsi untuk mendukung proses pembakaran pada mobil. Nah, asupan udara ini tentu saja harus melewati filter terlebih dahulu untuk dilakukan penyaringan.

Dengan adanya filter, udara yang masuk ke mobil disaring, sehingga terbebas dari kotoran dan debu. Pada saat filter udara kurang bersih, bahkan terlalu kotor, maka udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran menjadi kurang optimal. Dengan begitu, tidak heran jika gas mobil menjadi kosong.

Cobalah untuk mengecek kondisi atas kebersihan filter udara pada mobil secara berkala dan rutin. Langsung ambil tindakan pembersihan, jika ditemukan filter udara yang kurang bersih.

Apabila sudah rusak, belilah filter udara yang baru dan pasangkan ke mobil. Hal-hal sederhana seperti itu dapat menjadi upaya pencegahan terjadinya gas mobil kosong.

2. Kondisi Busi yang Kurang Bersih

Selain filter udara, kondisi busi pada mobil juga perlu diperhatikan. Busi yang kurang bersih bisa menjadi penyebab gas mobil kosong. Busi menjadi bagian yang sangat penting dalam kegiatan pembakaran di mesin, bersama dengan coil.

Tentu saja, busi mobil yang kotor akan berpengaruh secara langsung terhadap performa dan kenyamanan berkendara.

Busi kotor biasanya diakibatkan atas timbulnya kerak pada bagian ujung. Kerak-kerak itulah yang menghalangi sistem pembakaran di mesin. Bukan hanya terkait gas kosong, timbulnya kerak busi dapat mempengaruhi komponen lainnya pada proses pembakaran.

Dengan begitu, kinerja yang dihasilkan mobil menjadi kurang optimal. Jika terus terjadi, masalah tersebut akan berujung fatal.

Maka dari itu, periksalah kebersihan busi secara rutin. Tidak hanya busi dan filter udara, tetapi juga komponen-komponen lainnya yang sangat berhubungan dengan sistem pembakaran.

Ketoledoran kebersihan komponen pada mesin, dapat mengakibatkan kegiatan berkendara Kamu menjadi tidak nyaman. Jika perlu, bawalah ke bengkel dan lakukan service secara berkala.

3. Mobil Mengalami Overheat

Selain komponen pada sistem pembakaran yang kurang bersih, mobil overheat adalah penyebab gas mobil kosong lainnya.

Masalah overheat pada mobil ini umumnya diakibatkan oleh radiator yang rusak. Rusaknya radiator akan menimbulkan gangguan pada sistem pendinginan mobil.

Saat mesin bekerja dan terjadi pembakaran di dalamnya, maka kondisi mobil akan memuai dan memanas. Ketika memuai, logam-logam pada bagian sistem pembakaran akan saling bergesekan. Contoh gesekan yang terjadi yaitu pada silinder maupun piston.

Gesekan antar komponen mesin tersebut membuat kinerja mobil menjadi lebih berat. Tenaga yang dibutuhkan oleh mesin dalam bekerja juga menjadi lebih besar. Tenaga yang cepat habis itulah yang mengakibatkan gas mengalami kekosongan.

Bagaimana untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil? Untuk mengakali agar tidak overheat, prinsip utamanya tetap menjaga suhu mobil tetap stabil.

Sebelum menggunakan mobil untuk perjalanan jarak jauh, cek kondisi air radiator dan kipasnya. Sangat disarankan untuk menggunakan coolant saat pengisian air radiator.

Oh iya, Kamu bisa melihat suhu mobil pada indikator di dashboard setiap menemukan keanehan atau terjadi suatu masalah di jalan.

Kalau di tengah perjalanan suhu mobil sudah mulai menyentuh angka di atas normal, maka arahkanlah untuk menepi terlebih dahulu.

Selanjutnya, tunggulah dengan sabar hingga suhunya kembali normal. Apabila sudah dingin, hidupkan mesin kembali dan berkendaralah dengan hati-hati.

Terus lakukan langkah tersebut, hingga Kamu menemukan bengkel terdekat untuk mengatasi masalah overheat mobil tersebut.

4. Electric Injector Mengalami Masalah

Yang terakhir, electric injector yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab gas mobil kosong lho! Pada dasarnya, electric injector ini berfungsi untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke dalam mesin mobil.

Cara kerja dari electric injector mirip seperti katup yang dapat membuka dan menutup pada momen yang pas. Katup tersebut biasa disebut dengan solenoid cut off, akan membuka tutup aliran bensin mulai dari tangki hingga pompa injeksi.

Bayangkanlah katup jantung, jika electric injector rusak, dapat dipastikan bahwa aliran bahan bakar menjadi tidak sempurna.

Dengan begitu, pasokannya menjadi berkurang. Apabila katup macet, maka tidak akan ada bensin yang dikirimkan ke sistem pembakaran.

Dalam kondisi tersebut, ketika pedal gas diinjak, Kamu akan merasakan tidak adanya tenaga pada mobil. Kondisi itu biasa dikenal dengan gas mobil ngempos.

Hanya orang bengkel profesional yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Biasanya montir akan mengganti selenoid yang baru.

Tentu saja, caranya akan cukup rumit. Kerusakan pada selenoid memang agak susah untuk dirasakan dan tidak memiliki pertanda yang jelas.

Agak sulit dalam mengambil tindakan pencegahan, tak terkecuali mengganti filter bahan bakar setiap 10.000 km dan membersihkan injeksi dari kotoran.

Sudah jelas belum penyebab gas mobil kosong? Di atas sudah dijelaskan juga cara pencegahan yang harus Kamu lakukan sebelum gas mengalami kekosongan.

Akan lebih baik Kamu menyadarinya sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan rutin secara berkala. Takut ke bengkel di tengah pandemi?

Kamu bisa melakukan pemeriksaan ringan untuk busi dan filter udara, juga kondisi radiator sebelum menggunakannya.

Yang penting, lebih pekalah terhadap kondisi mobil. Jika terjadi sesuatu yang aneh segera cek dan bawa ke bengkel ya!