Home » Otomotif » Cara Pasang Alarm Mobil

Cara Pasang Alarm Mobil

Apakah kamu saat ini sedang mencari cara pasang alarm mobil yang mudah dan tidak repot? Tidak hanya pertumbuhan manusia dan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, tapi kini pertumbuhan industri otomotif juga cukup pesat.

Apalagi di Indonesia ini, dimana seluruh jalannya selalu berlalu lalang mobil dan juga motor. Kendaraan seperti moto dan mobil merupakan aset berharga bati pemiliknya.

Harganya pun tidak murah, tak heran mengapa banyak sekali kasus-kasus tentang pencur1an mobil ataupun motor. Oleh karena itu kamu harus menjaga aset berhargamu tersebut dari tangan para pencur1. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pelindung untuk kendaraanmu, seperti alarm.

Untuk memasang alaram juga ada caranya, jadi kamu harus mengetahui bagaimana cara pasang alarm mobil. Dengan memasang alarm pada mobil ini, merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi mobilmu. Itu sebabnya mengapa banyak orang yang memilih cara ini untuk melindungi mobil mereka.

Dijaman dulu mungkin alarm dirancang dengan cukup sederhana. Sehingga cara untuk memasang alarm mobil jaman dahulu harus ekstra hati-hati. Berbeda dengan jaman sekarang dimana teknologi sudah semakin canggih.

Sehingga alarm mobil juga semakin canggih. Sehingga cara pasang alarm mobil dijaman sekarang lebih simple, tapi tentu saja harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Untuk mendapatkan alarm mobil juga kini tidak perlu susah-susah. Kamu bisa mendapatkannya di bengkel-bengkel mobil bahkan kamu bisa membelinya lewat online shop.

Agar tidak terjadi korsleting saat memasang alarm, sebaiknya kamu harus paham betul bagaimaja cara pasang alarm di mobil.

Mungkin memang lebih baik dikerjakan oleh pekerja bengkel yang memang sudah ahlinya. Namun jika kamu ingin memasangnya sendiri, juga bisa kok.

Cara Pasang Alarm Mobil

Cara Pasang Alarm Mobil

Pasang Alarm Mobil | IMG: Freepik.com

Oleh karena itu, dibawah ini akan diberikan beberapa cara pasang alarm mobil yang baik dan benar. Untuk pemasangan alarm mobil, ada 3 tahapan utama, yaitu:

1. Pemilihan Central Lock dan Alarm

Langkah pemasangan alarm mobil yang pertama yaitu kamu harus mengetahui dulu cara kerja alarm mobil itu sendiri. Pastikan juga apakah alarm mobil yang kamu pilih sudah sesuai dengan mobilmu.

Juga perhatikan penempatannya, sesuaikan dengan tipe mobilmu. Seperti instalasi kelistrikan dan juga sumber tenaga yang digunakan oleh alarm mobil.

Jika sudah kamu pastikan, kamu pilih central lock dan alarm mobil yang dirasa pas dengan tipe mobilmu.

Biasanya didalam satu paket central lock dan alarm terdapat 4 buah pistol penggerak, 4 buah kawat penarik dan pendorong, satu set kabel 4 pintu serta 1 central lock module dengan 8 konektor.

2. Pemasangan Central Lock dan Alarm

Cara pasang alarm mobil yang selanjutnya yaitu dengan pemasangan. Pertama-tama kamu harus mengebor pintu sisi dalam untuk tempat meletakkan lock actutatornya.

Umumnya komponen pada lock actutator memiliki 5 buah kabel yaitu berwarna hitam, putih, coklat, hijau, dan juga biru. 3 kabel dengan warna hitam, putih, dan coklat diletakkan pada pintu dimana setir berada.

Sedangkan 2 kabel lainnya yang berwarna hijau dan biru diletakkan pada pintu lainnya. Setelah itu kamu pasang kabel bawaan dari centrak lock dan sesuaikan dengan modul lock actutatornya.

Lebih baik kamu letakkan modul central lock dibawah dashboars supaya lebih terlindungi. Kemudian sambunglah kabel power pada modul central lock ke aki.

Jika kamu memasang dengan benar, maka lock actutator yang ada di pintu lain akan mengikuti, baik itu saat tuas pengunci digerakkan naik atau turun.

Jika sudah terpasang dengan benar dan tidak ada masalah, kamu tinggal rapikan kabel sesuai pada tempatnya.

3. Sambunglah Central Lock dan Remote Alarm Mobil

Untuk cara pasang alarm mobil yang terakhir yaitu menyambungkan central lock ke remote alarm mobil.

Saat menyambungkan, usahakan sambungkan dengan seksama supaya nantinya remote bisa bekerja dengan baik. Sambung kabel merah pada bagian aki mobil untuk kutub positif.

Lalu untuk kabel hitam besar bisa kamu hubungkan pada bagian bodi mobil atau kutub negatif. Untuk kabel coklat bisa kamu sambungkan ke bagian lampu sein kanan dan kiri.

Sedangkan untuk kabel pink, bisa kamu hubungkan ke speaker atau sirine bawaan, tapi jika kamu ingin memasangnya pada klakson maka perlu kamu tambahkan relay.

Itulah beberapa cara pasang alarm mobil, pastikan kamu lakukan dengan cara yang baik dan benar. Ada banyak fungsi dengan kamu memasang alarm mobil ini, misalnya untuk mencegah adanya pencurian.

Sebagai sistem keamanan, untuk menandakan permintaan pertolongan, sebagai pemberi peringatan, bisa juga dijadikan alat bantu saat kamu mencari mobil di parkiran, dan juga bisa digunakak untuk mengecek kunci mobil.

Jadi bisa dibilang dengan kamu memasang alarm pada mobilmu, itu merupakan keputusan yang sangat tepat.

Apalagi kasus pencurian kendaraan di Indonesia ini semakin lama semakin meningkat.

Dengan membahas cara pasang alarm mobil diatas, semoga bisa menjadi referensi untukmu saat hendak memasang alarm pada mobil.