Home » Otomotif » Cara Pasang GPS Mobil

Cara Pasang GPS Mobil

Selain alarm, banyak juga pengendara mobil yang menggunakan GPS pada mobil mereka. GPS atau singkatan dari Global Positioning System merupakan salah satu penunjang yang cukup baik untuk disematkan pada mobilmu. GPS ini bermanfaat untuk dapat dijadikan sebagai penunjuk jalan supaya kamu bisa sampai ke tempat tujuan saat kamu tidak tahu jalannya.

Oleh karena itu cobalah untuk memasang GPS di mobilmu. Namun untuk para pemula, tentu kamu juga harus tahu cara pasang GPS mobil. GPS ini bekerja dengan menggunakan satelit, dengan satelit tersebut dapat mendeteksi jalannya mobil, lokasi keberadaanmu, dan juga tempat tujuanmu. Semakin berkembangnya jaman, tentu GPS kini juga semakin berkembang.

GPS sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu GPS navigasi dan juga GPS tracker. Untuk GPS navigadi berfungsi untuk membantumu untuk mencari rute perjalanan. Sedangkan untuk GPS tracker berfungsi untuk melacak posisi mobil dan biasanya dipasang pada tempat-tempat tersembunyi pada mobil.

Untuk kalian yang sering sekali bepergian menggunakan mobil, sangat dianjurkan untuk memasang GPS pada mobilmu. Apalagi sekarang ini keadaan jalan semakin semrawut, belum lagi kalau kena macet. Dengan GPS kamu bisa mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan dengan cepat.

Cara Pasang GPS Mobil

Cara Pasang GPS Mobil

Cara Pasang GPS Mobil | Img by: https://images.vivintcdn.com

Untuk kalian yang ingin pasang GPS sendiri tapi tidak tahu cara pasang GPS mobil. Berikut ini ada beberapa langkah cara pasang GPS mobil. Yuk simak baik-baik dibawah ini.

1. Ambil kabel GPS

Cara pasang GPS mobil yang pertama kali kamu lakukan adalah mengambil kabel GPS. Biasanya GPS memiliki dua kabel, yaitu kabel plus dan kabel minus. Untuk kabel plus, ditandai dengan warna merah. Selain itu, kabel ini biasanya disebut dengan kabel power langsung. Lalu untuk kabel minusnya, ditandai dengan warna hitam. Kabel minus ini juga biasa disebut dengan kabel ground.

2. Sambung kabel plus GPS

Jika kamu sudah paham betul dengan kabel-kabel yang ada di GPS, selanjutnya kamu lakukan cara pasang GPS mobil yang kedua. Cara yang kedua ini dengan memasangkan kabel plus ke sekering GPS. Tahapan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya konsleting arus pendek pada GPS dan juga mobil. Jika tahapan ini tidak dilakukan, dan muncul adanya konsleting maka GPS dan juga mobilmu tidak akan berfungsi dengan baik.

3. Pasang GPS dibagian mobil

Untuk cara pasang GPS mobil yang terakhir yaitu dengan memasang semua komponen yang ada di GPS ke bagian mobil yang hendak kamu pasang. Jika kamu memasang GPS navigasi, kamu bisa memasangnya dimana saja. Sedangkan jika kamu memasang GPS tracker, kamu bisa memasangnya di tempat tersembunyi pada mobilmu.

Namun, untuk memasang GPS dan kamu bingung ingin memasangnya disebalah mana. Ada beberapa referensi yang mungkin bisa kamu jadikan masukan saat memasang GPS di mobil. Mungkin tidak semua bagian mobil cocok untuk dipasang GPS, mungkin hanya beberapa bagian saja. Salah satu bagian mobil yang biasanya dapat dipasangi GPS yaitu pada dashboard mobil.

Mengapa memilih dashboard mobil, karena GPS akan terjamin kemanannya dan juga sinyal GPS akan terpancar dengan kuat. Tapi jika kamu tidak ingin memasang GPS pada dashboardmu, kamu tetao bisa memasangnya dibagian lain, asalkan bisa memancarkan sinyal GPS yang cukup kuat dan tidak mudah diketahui maling.

Tadi sudah dijelaskan cara pasang GPS mobil, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan. Karena tidak semua GPS yang terpasang bisa berjalan dengan baik, entah itu karena kesalahanmu atau memang kesalahan dari GPS nya. Beberapa permasalahannya seperti GPS yang tidak kunjung mati bahkan saat aki mobilnya terlepas.

Untuk mengatasinya kamu perlu mengganti baterai GPS dengan baterai cadangan. Dengan menggunakan baterai ini GPS masih akan tetap menyala meskipun tanpa bantuan aki mobil, selain itu GPS juga akan mampu menyala kurang lebih selama 5 jam. Masalah yang kedua yaitu GPS tidak mampu melacak secara akurat.

Saat menggunakan GPS tapi petunjuk yang ditampilkan tidak akurat, tentu akan membuatmu jengkel, apalagi jika kamu sedang terburu-buru. Tapi, jika hal tersebut terjadi padamu, cobalah untuk tetap tenang. Ada banyak cara untuk dapat mengatasi masalah ini. Misalnya kamu bisa melihat kondisi mobilmu saat itu.

Selain itu kamu juga perlu memeriksa sinyal dan juga jumlah satelit yanga ada di GPS. Jika memang keduanya tidak ada masalah apa-apa. Untuk cara lainnya kamu bisa langsung menghubungi pihak penyedia GPS. Itulah beberapa cara pasang GPS mobil yang bisa kamu jadikan referensi saat hendak memasang GPS dimobil.

Ada juga beberapa tips dan juga solusi permasalahan yang biasanya ada di GPS mu. Dengan kamu memasang GPS pada mobilmu, itu merupakan keputusan yang sangat tepat, apalagi kini GPS juga bisa disambungkan ke ponselmu, selamat mencoba.