Cara Pasang Kaca Film Mobil

  • Whatsapp

Pernahkah kamu mengetahui bagaimana cara pasang kaca film mobil sendiri yang paling mudah? Seperti yang pernah kita lihat, kadang kaca mobil di Indonesia ada yang transparan ada juga yang gelap.

Sebenarnya itu tergantung pemiliknya, apakah lebih suka dengan kaca transparan ataupun kaca gelap. Namun kaca gelap sempat populer dimana-mana.

Read More

Alasannya karena untuk mengindari sinar matahari, untuk meningkatkan privasi, atau hanya untuk membuat mobil menjadi lebih keren.

Ada banyak cara pasang kaca film mobil. Tapi mungkin saja panduan memasang kaca film mobil akan sedikit sulit bagi pemula.

Tapi tidak ada salahnya kamu memasang kaca film pada mobilmu untuk memberikan penampilan yang berbeda pada mobilmu. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara pasang kaca film mobil yang baik dan benar.

Dengan kamu mengetahui cara pasang kaca film mobil sendiri, akan sangat menguntungkan bagi kamu pemilik mobil.

Karena biasanya jika kamu pasang mobil di bengkel dengan ahlinya, biayanya akan lebih mahal, sehingga kamu akan lebih hemat. Meskipun begitu kamu juga harus bisa memilih kaca film yang benar-benar berkualitas.

Jika kamu sampai memilih kaca film dengan kualitas yang rendah, biasanya akan cepat rusak sehingga tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Ada beberapa merk kaca film mobil yang ada di pasaran. Harganya juga berbeda-berbeda, tergantung merk dan jenis kaca film mobil yang digunakan.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, untuk memasang kaca film mungkin akan sedikit susah untuk para pemula. Tapi jika kamu sudah terbiasa memasangnya, akan terasa lebih mudah. Berikut ini ada beberapa cara pasang kaca film mobil yang baik dan benar, simak baik-baik dibawah ini.

Terkait:  Cara Pasang GPS Mobil

Daftar Isi

Cara Pasang Kaca Film Mobil

Cara Pasang Kaca Film Mobil
Cara Pasang Kaca Film Mobil

Sebelum kamu memulai untuk memasang kaca film pada mobil, sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu berbagai bahan dan juga alat-alat yang akan digunakan. Jika alat-alatnya tidak kita siapkan sebelumnya, maka nanti proses pemasangan kaca filmnya akan terganggu.

Alat-alat yang bisa kamu siapkan untuk memasang kaca film mobil yaitu seperti kaca film itu sendiri, pisau tajam atau cutter atau silet, cairan sabun, penyeka plastik, dan juga penyeka 3in1. Jika alat-alat tersebut sudah kamu siapkan, sekarang tinggal pemasangannya saja. Berikut ini cara memasang kaca film mobil sendiri.

  1. Bersihkan kaca jendela mobilmu

Langkah yang pertama yaitu, tentu saja kamu harus membersihkan dulu kaca mobilmu. Bersihkan secara menyeluruh, pada bagian luar dan dalam jendela. Gunakanlah cairan pembersih kaca dan karet penyeka. Bersihkanlah sampai benar-benar bersih, kalau perlu dua atau tiga kali.

Karena jika kaca jendela tidak benar-benar bersih, nantinya akan muncul gelembung-gelembung saat kaca film sudah ditempel. Bersihkan juga sekat pemegang kaca jendela. Jika ada kertas atau tempelan yang menempel, bersihkanlah dengan menggunakan pisau silet. Kamu bisa melakukan hal yang sama pada kaca film.

  1. Ukur dan potong kaca film

Bentangkan film dibagian dalam kaca, pastikan sisi tanpa lem menghadap keatas. Rapikanlah potongannya supaya sesuai dengan ukuran kaca, rapikanlah dengan pisau silet. Usahakan kamu lakukan dengan teliti dan hati-hati. Ingat, saat pengukuran sisakan satu inci tambahan pada setiap sisinya. Hal itu dilakukan supaya nanti saat menempel kaca film, permukaan kaca mobil bisa tertutup secara keseluruhan.

  1. Rapikan potongan film

Letakkan film pada posisi bagian bawah menjadi lebih panjang kira-kira sekitar 1/4 inci dibawah sekatnya. Pakailah pisau silet atau cutter untuk merapikan sisi vertikalnya terlebih dahulu. Laku turunkanlah jendela mobil sekitar 2 inci atau sekitar 5 cm setelah itu rapikanlah film sampai bentuknya sudah sesuai dengan bagian atas kaca jendela.

Terkait:  Biaya Cat Velg Motor

Saat kamu menggunakan pisau silet atau cutter untuk merapikannya, pastikan kamu menggunakannya dengan lembut agar tidak sampai merusak kaca. Untuk ketepatan kerapiannya mungkin saja memerlukan beberapa kali percobaan supaya mendapatkan hasil yang diharapkan

  1. Semprot cairan untuk pemasangan

Langkah yang selanjutnya adalah menyemprot cairan khusus pada bagian dalam kaca. Pastikan kamu menyemprot cairan tersebut agak banyak. Jika sudah kamu semprot, selanjutnya kamu kupas lapisan plastik pada film yang melindungi lapisan perekatnya. Lalu semprot lapisan perekat tersebut dengan cairan khusus tadi.

  1. Pasang film pada kaca

Langkah yang terakhir yaitu memasangkan film pada kaca. Usahakan posisikan film dengan lebih hati-hati pada kaca, dengan lapisan perekatnya menempel pada kaca mobil. Mulailah perlahan dari bagian bawah lalu keatas. Kaca harus diturunkan sedikit. Pakailah karet penyeka untuk menempelkan film pada kaca, mulailah dari tengah lalu ke samping.

Saat dirasa film sudah menempel pada kaca, berilah tekanan yang lebih untuk meminimalkan munculnya gelembung udara. Kemudian naikan jendela lalu lanjutkan pemasangan film pada bagian bawah. Kemudian selipkan film pada bagian bawah sekat kaca. Doronglah semua air dan juga sabun ke tepi, kemudian bersihkan menggunakan penyeka yang telah dibungkua dengan kertas tisu.

Itulah beberapa cara pasang kaca film mobil yang bisa kamu contoh. Mungkin terlihat sedikit rumit, tapi lama-lama kamu juga akan terbiasa. Hitung-hitung untuk menghemat pengeluaran dari pada kamu harus memasang kaca film mobil dengan bantuan ahlinya.

Related posts