Home » Cara Kerja » Cara Kerja FB Ads

Cara Kerja FB Ads

Bagaimana cara kerja FB Ads? Jika Kamu mempunyai akun Facebook, maka kini Kamu tak hanya bisa bertukar informasi dan melakukan pertemanan saja. Platform media sosial tersebut kini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa membangun online shop yang Kamu miliki hanya memakai akun FB Kamu.

Selain itu, Kamu juga bisa berjualan serta mempromosikan produkmu sekaligus. Facebook Ads juga menyediakan jangkauan promosi yang lebih luas untuk dimanfaatkan. Dengan menggunakan FB Ads ini, maka Kamu dapat mengatur waktu tayangan promosi iklan produkmu. Sebelum Kamu mengaktifkan layanan Facebook Ads, simak panduan mengenai Facebook Ads dan cara kerja FB Ads di bawah ini terlbih dahulu.

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads atau facebook advertising merupakan sebuah platform advertising yang disediakan oleh Facebook. Adapun tugas dari FB Ads ini ialah menyebarkan konten promosi iklan bisnis lewat timeline para pengguna Facebook.

Biasanya penempatan iklan tersebut ada di dalam sidebar atau beranda. Seiring berkembangnya facebook sekarang ini, tak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong membuat akun FB dan FB Ads agar mereka bisa menjangkau banyak customer dimanapun mereka berada.

Kamu bisa menggunakan Facebook Ads atau Facebok Advertising sebagai alternatif channel jualanmu. Selain itu, cara kerja FB Ads sendiri sebenarnya cukup mudah sebab ada banyak panduan yang bisa Kamu coba dan tersedia secara online ataupun di komunitas khusus yang membaas Facebook Advertising ini.

Cara Kerja FB Ads

Cara Kerja FB Ads

Cara Kerja FB Ads | Img: Pouncedigital.com.au

Bagaimana Cara Kerja FB Ads?

Jika Kamu ingin beriklan melalui Facebook Ads, maka Kamu harus mempunyai fanpage-nya lebih dulu. Misalnya saja, fanpage untuk hobi, komunitas, bisnis, dan lain sebagainya. Setelah memiliki fanpage, kemudian Kamu bisa langsung beriklan di platform ini.

Untuk akun FB pribadi, Kamu tak dapat mengiklankan produk yang diposting. Jadi, walaupun Kamu hanya menjalankan bisnis kecil-kecilan, maka usahakan tetap memiliki fanpage FB supaya nantinya Kamu dapat mengiklankannya.

Sebenarnya iklan fanpage tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda dari tiap pemasang iklan. Contohnya, ada yang sebagai brand awareness saja, ada juga orang yang membuat fanpage agar orang turut memberikan like di fanpage tersebut, dan ada juga yang mau agar terjadi transaksi lewat iklan tersebut.

Ini mungkin yang disebut sebagai tujuan dari campaign, dimana selanjutnya Kamu diberikan pilihan tentang target audiens, seperti gender, letak geografis, bahasa, hal yang digemari, status pendidikan, status pernikahan dan lainnya.

Di samping dapat mengatur jenis target audiens dan campaign, Kamu juga dapat mengatur jadwal kapan iklan tersebut ingin dimunculkan. Berapa anggaran yang ditetapkan atau berapa hari yang ditentukan untuk masa campaign tersebut.

Sistem Pembayaran Facebook Ads

Pada aturan FB Ads sendiri, untuk convertion mempunyai beberapa aturan, biaya iklan biasanya bisa per bulan dan bisa pula per tahun.

Selain itu, sama seperti pada Google Adwords, sistem pembayaran FB Ads juga terdiri atas beberapa, diantaranya CPM (Cost per 1000 mille) yang mana Kamu membayar iklan setiap 100 kali impresi iklan ditayangkan dan sistem CPC atau Cost per Click, yang mana Kamu harus membayar ketika iklan diklik target audiens.

Sistem pembayarannya pun sangat mudah, Kamu bisa memakai beberapa pilihan sistem pembayaran, entah itu lewat kartu debit atau kartu kredit dengan proses mudah dan cepat.

Apa Saja Jenis-Jenis dari Iklan Facebook Ads?

Ada banyak jenis atua model-model iklan yang dapat Kamu gunakan di FB Ads ini. Kamu juga bisa mengkondisikan desain-desain sesuai kebutuhan iklanmu.

Setiap bisnis tentu memiliki model dan desain iklan tersendiri untuk membuat calon customer tertarik melihat dan mengunjungi iklan yang Kamu buat. Ini dia jenis-jenis iklan Facebook Ads, diantaranya :

  • Facebook Video Ads

Selain gambar, Kamu juga dapat menggunakan konten yang berbasis video pada iklanmu. Kamu hanya perlu mengupload konten tersebut untuk dapat ditampilkan di iklan FB Ads.

  • Facebook Carousel Ads

Konten carousel adalah sekumpulan gambar-gambar tertentu yang membentuk metode swipe atau geser ke kiri dan kanan sehingga menjadikan iklan FB Ads-mu lebih menarik lewat konten berbeda.

  • Facebook Image As

Kamu bisa menggunakan layanan dari iklan FB Ads dengan menggunakan gambar berbentuk persegi panjang dan persegi sebagai elemen yang dapat Kamu manfaatkan dalam periklanan di FB Ads-mu. Prosesnya memang sangat mudah, Kamu hanya perlu melakukan upload gambar yang ingin dijadikan iklan.

  • Facebook Offer Ads

Jenis ini sangat tepat bagi Kamu yang menggunakan FB Ads dengan fungsi convertion, yang mana terdapat fitur khusus lewat adanya Facebook Offer Ads.

  • Facebook Lead Ads

Dalam materi iklan yang satu ini, Kamu dapat menggunakan Facebook Leads Ads yang digunakan untuk jenis iklan tertentu yang mengumpulkan informasi/data pengguna. Contohnya, Kamu ingin para pengguna mendaftar akunnya terlebih dahulu sebelum mereka memesan produk yang dijual.

  • Facebook Canvas Ads

Adalah sejenis materi iklan yang sama seperti landing page di website. Kamu dapat menggunakan Facebook Canvas Ads ini untuk membuat iklan FB Ads-mu lebih menarik dikunjungi banyak orang.

  • Facebook Collection Ads

Sebenarnya FB Collection Ads ini sama seperti Facebook Carosel, dengan tampilan yang terdiri atas beberapa gambar pada satu iklan sehingga menjadikan penggunanya lebih variatif untuk melihat iklan yang Kamu promosikan.

  • Facebook Page Like Ads

Konten iklan yang satu ini sangat penting bagi kamu yang ingin meningkatkan like atau follower Facebookmu, akan tetapi faktanya iklan ini umumnya lebih mahal daripada model iklan FB ads yang lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Facebook Ads?

Berikut beberapa langkah yang perlu Kamu lakukan jika ingin mempromosikan iklan di Facebook Ads. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu urutan dan struktur membuat FB Ads sendiri mulai dari proses pembuatan campaign, lalu ads set, hingga konten iklannya.

Selanjutnya Kamu bisa ikuti langkah-langkah membuat FB Ads untuk keperluan bisnismu, berikut ini :

  1. Untuk pasang iklan di FB Ads, sebaiknya pastikan Kamu sudah masuk/login di Facebook, lalu buka tautan ini : https://www.facebook.com/ads/manager.
  2. Setelah itu, klik tombol bertuliskan “Buat Iklan”. Kamu bisa menentukan tujuan beriklan, jadi pilih tujuan beriklan/marketing. 
  3. Bagi Kamu yang akan meningkatkan jumlah customer yang berbelanja produk di website-mu. untuk penjualan katalog dengan menampilkan iklan tentang produk katalogmu dan lainnya, Kamu bisa pilih menu “Tujuan Marketing”.
  4. Kemudian tentukan nama dari set iklan  bisnismu.
  5. Lalu, upload konten iklan sebagai tahap akhir. Di sini, terdapat beberapa hal yang harus Kamu konfigurasi, misalnya dengan mengupload video atau gambar iklan yang Kamu ingin promosikan.

Nah, selanjutnya Kamu bisa memasukkan konten-konten yang lainnya, seperti mengupload status di platform FB. Di bagian ini, Kamu dapat memasukkan caption, judul, beserta deskripsi yang sesuai dengan iklan yang Kamu buat. Ingat untuk memasukkan pula call to action serta link target pada iklanmu.

Itulah penjelasan tentang cara kerja FB Ads, dan cara membuat FB ads dengan mudah yang bisa Kamu coba untuk mempromosikan produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Semoga bermanfaat!