Cara Kerja Filter Air

Sebelum memutuskan untuk membuat atau membeli filter air, sebaiknya Kamu ketahui dulu bagaimana cara kerja filter air.

Filter air sendiri ialah sebuah alat pengolahan air yang berfungsi untuk menghilangkan dan menyaring kontaminasi yang terdapat ada air, semisal air yang berwarna kuning, berbau, mengandung mangan, kapur, besi, dan lain sebagainya, dengan memakai media, entah itu secara biologi, fisika, dan kimia. Filter air bisa dipakai secara luas untuk air minum, irigasi, kolam renang, dan akuarium.

Kita tentu mengenal banyak sekali teknologi filter sebagai alat penjernih air di pasaran. Akan tetapi, hanya sedikit saja yang bisa memberikan air yang hasilnya berkualitas bagus.

Alat penyaring air sumur bor biasanya memakai sistem multi media untuk dijadikan daya serapnya. Selain itu, sistem penyaring air tradisional umumnya hanya mengandalkan sistem pengendapan air sumur.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, maka peyaring air untuk kebutuhan industri dan rumah tangga semakin mudah serta mempunyai daya serap tinggi.

Selain itu, perkembangan zaman juga ikut membuat kondisi dalam air tanah menjadi semakin bermasalah. Oleh karena itu, filter atau penyaring air menjadi cara paling tepat untuk menjernihkan air.

Manfaat Filter Air

Jika air keran di rumahmu berbau dan kotor, ada banyak alternatif cara yang dapat Kamu lakukan agar air keran di rumah menjadi layak untuk dikonsumsi. Adapun salah satunya ialah kamu dapat memanfaatkan alat filter air yang sederhana.

Dengan adanya filter air ini, maka air keran dari air tanah atau PDAM tidak akan terkontaminasi oleh zat berbahaya.

Sehingga, permasalahan berupaa air berminyak, kotor, bau, berkapur, kuning dan masalah yang lainnya dapat teratasi dengan mudah.

Alhasil air pun menjadi lebih jernih dan sehat, serta terhindar dari air tercemar yang berpotensi dapat mempengaruhi kesehatan.

Terkait:  Cara Kerja Forex

Lalu, apa saja manfaat cara kerja filter air? Berikut ulasannya!

  • Konsumsi Air Minum Menjadi Lebih Sehat

Tanpa menggunakan filter air, Kamu tentu berpikir jika air hanya perlu dimasak supaya layak diminum.

Meskipun kuman bisa hilang, namun zat berbahaya yang terkandung pada air tersebut masih banyak bahkan bisa saja bertambah akibat proses penguapan.

Namun dengan adanya filter air ini, Kamu dapat menghilangkan kontaminan yang terdapat pada air.

Oleh karenanya bisa meminimalisir resiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kram perut, diare, mual, sampai gangguan ginjal.

  • Membuat Alat Dapur Terbebas dari Karat dan Kotor

Filter air juga ternyata dapat berpengaruh terhadap peralatan dapur. Sebab pasalnya wajan yang berkarat dan berwarna cokelat bisa diakibatkan oleh endapan yang tidak sehat pada air lalu menempel di peralatan dapur itu sendiri.

Namun dengan menggunakan filter air, maka perlengkapan dapur yang dibersihkan menggunakan air keran bisa lebih bebas karat, lebih bersih, serta bebas endapan. Alhasil peralatan dapurmu pun bisa lebih awet dan tahan lama.

  • Aman Dari Penyakit Kulit

Mandi adalah aktivitas rutin yang kerap dilakukan setiap hari. Kamu bisa bayangkan bila air di rumahmu kotor, sehingga membuat aktivitas mandi yang Kamu lakukan justru memicu gatal-gatal dan alergi.

Hal ini tentu bisa dihindari jika Kamu memasang alat filter air. Selain itu, jangan lupa pula untuk merawat serta membersihkan filter air supaya air mandimu tetap terjamin bersih.

  • Ikan yang Kamu Pelihara Tetap Sehat

Ikan hias yang Kamu pelihara tentu saja harus diberikan air dalam keadaan jernih dan bersih supaya selalu sehat.

Alat filter air yang digunakan pada akuarium atau kolam ikan tentu saja harus dipastikan dapat bekerja dengan baik.

Terkait:  Cara Kerja Chiller

Dengan memakai filter air ini, maka air bisa terhindar dari paparan zat yang berbahaya bagi ikan itu sendiri.

  • Membuat Tanamanu Sehat

Jika Kamu menginginkan tanaman yang Kamu sayangi tumbuh sehat dan mekar, maka Kamu harus menyiramnya dengan air yang bersih.

Salah satu kontaminan yang sering terkandung dalam air dan bisa membahayakan tanaman ialah Klorin. Dimana klorin ini bisa membuat tanaman lebih cepat mati dan rusak.

Namun pastikan Kamu memasang alat filter air ketika menyiram tanamanmu dengan air.

Cara Kerja Filter Air

Cara Kerja Filter Air
Cara Kerja Filter Air

Sebenarnya ada beberapa cara kerja filter air tergantung dari jenis filter yang Kamu gunakan. Cara menjernihkan atau membersihkan air keruh disebut alami sebab memanfaatkan bahan-bahan yang alami tanpa mengganggu kesehatan ataupun kecantikan tubuh.

Proses penjernihan air tersebut cukup sederhana yakni memakai karbon aktif, kerikil, pasir serta serabut penyaring.

Untuk skala kecil, Kamu bisa memakai botol plastik bekas, sedangkan dalam skala yang besar Kamu bisa memakai wadah yang berukuran lebih besar, baik seperti bak penampungan ataupun drum untuk penyaringan air yang keruh menjadi tidak berbau dan jernih.

1. Cara Kerja Filter Air Keruh Dengan Memakai Botol

Alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan filter air kotor memakai botol, ialah sebagai berikut : pasir dan kerikil, kain bekas, karbon aktif atau karang, kasa/kapas, dan botol plastik bekas, dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Sedangkan cara pembuatan filter air kotor memakai botol bekas ialah sebagai berikut :

  • Persiapkan botol plastik bersih, lalu potong menjadi dua bagian memakai perbandingan 1 : 3 di bagian bawah botol, sedangkan 2 : 3 di bagian atas botol.
  • Kemudian masukkan kapas ke dalam mulut botol, lalu pastikan ukurannya tidak longgar. Supaya tak mudah jatuh, Kamu bisa menutup mulut botol menggunakan tutupnya yang sudah diberikan lubang jalannya air.
  • Kemudian masukkan ke dalam botol tersebut karbon aktif, kemudian pasir, diikuti oleh kerikil. Pastikan Kamu mencuci bersih pasir serta batu kerikil terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Lalu tutup lubang pada botol menggunakan kain bekas berfungsi untuk penyaringan partikel padatan di dalam air.
Terkait:  Cara eSign PDF

Nah, filter penyaring air memakai botol pun sudah siap digunakan. Kamu tinggal menyaring air yang kotor, sehingga Kamu bisa mendapatkan air yang jernih.

2. Cara Kerja Filter Air Memakai Bak Penyimpanan/Drum

Jika volume air yang Kamu jernihkan lebih banyak jumlahnya, cara filtrasi atau menyaring air yang kotor memakai botol akan kurang efektif. Maka dari itu, Kamu bisa mengakalinya dengan memakai bak peyaringan atau drum.

Adapun prinsip pembuatan penjernih air memakai bak penampungan/drum ini prinsipnya sama seperti pembuatan filter air memakai botol, perbedaannya ialah dari bahan yang dipakainya saja. Sebagai pengganti bahan kapas, Kamu bisa memakai ijuk.

Cara membuat filter air dari bahan ijuk ini seenarnya sudah lama dipakai oleh masyarakat.

Jika persoalan air kotor di hunianmu sangat parah, Kamu bisa memakai tambahan zeolit untuk menyaring air yang keruh menjadi lebih jernih dan bersih.

Nah, itulah cara kerja filter air dan cara pembuatan filter air di rumah agar air yang kotor dan keruh menjadi tidak berbau dan jernih. Semoga bermanfaat!

Cek Rekomendasi Lainnya:

Cara Mengisi DANA dengan Pulsa
Cara Hitung BMI
Cara Mengisi Media Filter Air
Cara Investasi Emas di Pegadaian
Cara Menonaktifkan Salah Satu Paket Indosat

Rate this post

Related posts